Vitamin Untuk Ibu Hamil Muda.

0
42
vitamin untuk ibu hamil muda
vitamin untuk ibu hamil muda

Vitamin Untuk Ibu Hamil Muda. – Pada masa awal kehamilan, ibu hamil harus menjaga kondisi tubuhnya jangan terlalu kecapean atau melakukan fisik yang berat-berat karena pada masa itu dihawatirkan janin belum kuat. Untuk selalu menunjang fisiknya. Ibu hamil harus menjaga pola hidup yang sehat, dan asupan makanan yang sehat pula bila perlu minum vitamin untuk menunjangnya.

Vitamin Untuk Ibu Hamil Muda.

Artikel terkait:

Minuman Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil.

5 Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 Paling Baik dan Recommended

Dengan demikian vitamin untuk ibu hamil muda adalah sebagai berikut:

  • Asam Folat

Kandungan asam folat ini sangat dibutuhkan untuk mencegah munculnya neural tube defect (NTD), yakni sejenis kelainan yang terjadi pada sistem syaraf si janin. Jenis kelainan ini umumnya akan berkembang di hari ke-28 setelah proses pembuahan terjadi dan pada masa itu, masih banyak diantaranya kaum wanita yang tidak menyadari kalau dirinya tengah hamil.

  • Kalsium dan vitamin D

Kedua nutrisi ini dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Kalsium juga membantu melancarkan peredaran darah, serta kerja sistem otot dan saraf. Anda bisa memeroleh kalsium dari susu dan produknya, seperti keju dan yogurt. Sayuran tertentu juga mengandung kalsium, seperti brokoli dan kale. Kalsium juga bisa didapatkan dari ikan yang dimakan bersama tulangnya, seperti ikan teri, sarden, dan salmon. Vitamin D juga bisa Anda dapatkan dari salmon dan ikan berlemak lainnya.

  • Zat besi

Selama kehamilan, Anda membutuhkan lebih banyak zat besi karena produksi darah Anda meningkat. Zat besi ini digunakan untuk membuat hemoglobin (yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh Anda dan janin). Kekurangan cadangan atau asupan zat besi selama kehamilan dapat membuat ibu hamil berisiko mengalami anemia zat besi.

  • Protein

Fungsi utama protein adalah sebagai zat pembangun tubuh, di mana dibutuhkan untuk membentuk sel-sel baru dan juga untuk memperbaiki sel-sel. Sehingga, protein sangat diperlukan pada trimester pertama kehamilan, di mana banyak terjadi perkembangan sel, jaringan, dan organ pada janin.

  • Kalsium dan vitamin D

Kedua nutrisi ini dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Kalsium juga membantu melancarkan peredaran darah, serta kerja sistem otot dan saraf.

  • Suplemen Kehamilan Terbaik.

Anda memang dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan alami yang memiliki kandungan yang baik guna memenuhi asupan nutrisi dan mineral Anda untuk menjaga kesehatan tubuh serta membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Namun tidak ada salahnya jika Anda juga mengkonsumsi suplemen, dengan catatan atas dasar resep atau saran dokter.

Berikut ini beberapa suplemen yang sebaiknya Anda konsumsi yang memang mengandung vitamin juga mineral di bawah ini:

  1. 400 unit vitamin D
  2. 250 miligram kalsium
  3. 400-800 mikrogram asam folat
  4. 30 miligram zat besi
  5. 2 miligram tembaga
  6. 2 miligram vitamin B6
  7. 15 miligram zinc
  8. 50 miligram vitamin C

Semoga bermanfaat, terimakasih..

Baca juga:

Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu Yang Dibutuhkan Para Ibu Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Anggur?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here