Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Yang Aman Untuk Lambung

vitamin untuk daya tahan tubuh yang aman untuk lambung

Saat ini ada cukup banyak Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Yang Aman Untuk Lambung. Namun, tidak semuanya direkomendasikan oleh Dokter.

Apa itu vitamin C?

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C sendiri, sehingga Anda harus memeroleh vitamin C dari luar tubuh, seperti dari makanan, minuman, maupun suplemen. Anda butuh vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Yang Aman Untuk Lambung

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Fungsi antioksidannya juga sangat baik untuk menangkal efek radikal bebas.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma dr Helmin Agustina Silalahi menjelaskan tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C dan tidak dapat menyimpan vitamin C, sehingga harus didapatkan dari asupan makanan atau suplemen setiap hari.

Meski begitu, vitamin C juga memiliki sifat asam yang tentu saja bisa memicu rasa perih jika dikonsumsi dalam perut kosong. Risiko ini akan semakin menyiksa terutama bagi penderita penyakit lambung seperti maag. Apalagi jika mengonsumsi vitamin C dibarengi dengan konsumsi makanan yang memicu asam lambung seperti makanan pedas atau yang bersifat asam.

“Karena sama-sama bersifat asam dan asupan asam akan meningkatkan keasaman lambung, ditakutkan akan memperburuk gangguan lambung yang sedang terjadi,” ujar dr Helmin kepada detikHealth, baru-baru ini.

Vitamin C juga bisa dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker dan penyakit jantung. Akan tetapi, vitamin C juga memiliki sifat asam yang tentu saja bisa memicu rasa perih jika dikonsumsi dalam perut kosong. Risiko ini bahkan semakin tinggi pada penderita penyakit lambung seperti maag.

Konsumsi vitamin C dalam rentang dosis normal harian (berdasarkan kebutuhan harian tubuh) tidak akan menyebabkan gangguan lambung. Hanya konsumsi vitamin C lebih tinggi dan dalam jumlah berlebihan yang akan menyebabkan gangguan lambung.  

Baca Juga : Jenis Multivitamin Anak Yang Bagus dan Recomended

Perlu anda ketahui bahwa penggunaan Omperazole, yaitu obat penurun asam lambung golongan Proton Pump Inhibitor (PPI) juga menurunkan penyerapan asam askorbat dalam tubuh, sehingga konsumsi vitamin C dan omeprazole secara bersamaan ini juga memberikan efek pengurangan asam askorbat pada tubuh, sehingga dapat mengurangi gangguan asam lambung.

Apakah vitamin C membuat asam lambung naik?

Bagi orang yang tidak punya masalah dengan asam lambung, konsumsi vitamin C dalam jumlah besar mungkin tidak akan menyebabkan masalah apapun. Tubuh sudah mempunyai sistem sendiri yang mengatur keseimbangan asam.

Namun, berbeda bagi orang yang mempunyai lambung sensitif atau mempunyai masalah asam lambung, Biasanya makanan yang mengandung vitamin C dengan asam tinggi, seperti jeruk dan tomat, sering dikaitkan dengan asam lambung naik.

Baca Juga : Vitamin Untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Hal ini juga sejalan dengan yang direkomendasikan oleh American College of Gastroenterology bahwa orang dengan refluks asam sebaiknya menghindari makanan tertentu yang memperburuk gejalanya.

Berapa Banyak Vitamin C yang dibutuhkan tubuh?

Dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam suplemen, sebenarnya tubuh hanya memerlukan vitamin C dalam jumlah sedikit. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, wanita dewasa hanya memerlukan vitamin C sebesar 75 mg dan pria dewasa memerlukan vitamin C sebesar 90 mg. Bandingkan dengan kandungan vitamin C dalam suplemen yang biasanya lebih dari 1000 mg.

Padahal, kelebihan asupan vitamin C tersebut nantinya akan dibuang oleh tubuh. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang akan dikeluarkan oleh tubuh jika berlebihan dan tidak bisa disimpan dalam tubuh. Sehingga, Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin C ini setiap hari. Bagi Anda yang mempunyai masalah lambung, Anda bisa memperoleh vitamin C dari makanan yang mengandung asam rendah.

Baca Juga : Vitamin Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Baiklah, demikian sharing artikel kita tentang Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Yang Aman Untuk Lambung. Semoga informasi ini bermanfaat untuk semuanya ya. Terima kasih 🙂

Sumber : hellosehat.com, kalcare.com, alodokter.com

Related posts