Vitamin Ibu Hamil Trimester 3

0
27
vitamin ibu hamil trimester 3
vitamin ibu hamil trimester 3

Vitamin Ibu Hamil Trimester 3. – Pada usia kehamilan trimester ke 3 ibu hamil sering kesulitan bernafas dan bergerak, dikarenakan pada masa itu kandungan sudah membesar. Berkaitan dengan hal itu ibu hamil tidak perlu kuatir karena itu hal yang biasa pada usia kehamilan trimester ketiga atau menjelang persalinan.

Yang harus diperhatikan ibu hamil pada usia trimester ke tiga tersebut adalah asupan nutrisi agar pada masa melahirkan ibu hamil dalam keadaan sehat dan bugar. Ibu hamil harus selalu menjaga gaya hidup, asupan makanan, bahkan vitamin sebagai penunjang.

Nah, kali ini vitamin ibu hamil trimester 3 seperti apa sih yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil menjelang melahirkan. Berikut ini dia pemaparan kami:

Vitamin Ibu Hamil Trimester 3.

Artikel terkait:

Vitamin C Untuk Ibu Hamil. 

Vitamin Yang Dibutuhkan Ibu Hamil.

1. Asam lemak omega-3 dan kolin

Perkembangan janin masih berlanjut selama trimester ketiga, termasuk perkembangan otak dan sistem sarafnya. Sehingga, ibu hamil perlu untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dan kolin untuk mendukung perkembangan ini. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega 3 dan kolin  ini dari ikan berlemak (seperti salmon, tuna, dan sarden) dan telur yang diperkaya omega-3.

2. Kalsium

Perkembangan tulang bayi juga terjadi dengan sangat cepat pada trimester ketiga ini. Oleh karena itu, ibu masih perlu untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya sebesar 1200 mg per hari. Selain itu, bayi juga mulai menyimpan kalsium sebagai cadangan di dalam tubuhnya. Ibu hamil bisa mendapatkan asupan kalsium dari susu dan produk susu, sayuran hijau, ikan bertulang (seperti ikan teri dan sarden), dan kacang kedelai.

3. Zat besi

Semakin dekat dengan waktu kelahiran, kebutuhan zat besi ibu hamil semakin meningkat. Hal ini karena semakin banyak volume darah yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Kekurangan zat besi saat kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan BBLR. Untuk itu, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan zat besinya yang tinggi ini. Kebutuhan zat besi ibu hamil pada trimester ketiga ini adalah sebesar 39 mg.

Anda bisa memenuhi kebutuhan zat besi ini dari konsumsi sayuran hijau (seperti bayam, brokoli, dan daun kale), daging merah, kuning telur, dan kacang-kacangan. Kombinasikan dengan makanan yang mengandung vitamin C saat memakan makanan tersebut. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu dan bayi. Anda mungkin juga butuh mengonsumsi suplemen zat besi untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi Anda yang tinggi ini.

4. Seng

Pada trimester ketiga, kebutuhan seng Anda sedikit meningkat dibanding trimester sebelumnya, yaitu sebesar 20 mg. Kebutuhan zat seng yang terpenuhi dengan baik selama kehamilan dapat mencegah bayi dari kelahiran prematur. Anda bisa memenuhi kebutuhan zat seng ini dari daging merah, sayuran hijau (seperti bayam dan brokoli), dan kacang-kacangan.

5. Vitamin A

Kebutuhan vitamin A juga sedikit meningkat pada trimester ketiga kehamilan daripada trimester sebelumnya. Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan vitamin A sebesar 850 mikrogram pada saat ini. Anda bisa mendapatkan vitamin A dari berbagai buah-buahan dan sayuran (seperti wortel, tomat, ubi jalar, dan bayam), juga susu dan telur.

Ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketiga.

  1. Sauna dan mandi uap.
  2. Bercinta.
  3. Angkat beban berat.
  4. Olahraga.
  5. Makanan berat.
  6. High heels.
  7. Olahraga petualangan.
  8. Naik pesawat.
  9. Olahraga berat.
  10. Pekerjaan rumah tangga yang berat.

Semoga bermanfaat, terimakasih..

Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here