Vitamin Ibu Hamil Trimester 2

0
85
vitamin ibu hamil trimester 2
vitamin ibu hamil trimester 2

Vitamin Ibu Hamil Trimester 2 – Pada masa kehamilan trimester pertama asupan nutrisi sangatlah penting, begitu juga dengan pada masa kehamilan memasuki trimester ketiga , harus memperhatikan vitamin ibu hamil trimester 2, asupan nutrisi juga harus teratur dengan asupan sesuai kebutuhan tanpa berlebihan.Pada trimester kedua kehamilan, janin dalam kandungan makin banyak menunjukkan perkembangannya. Hampir semua organ dan bagian tubuh bayi sudah terbentuk.

Pada minggu ke-15 kehamilan, tulang bayi sudah mulai terbentuk dan kemudian akan mulai memadat. Pola kepala dan rambut bayi juga sudah mulai terlihat di gambar USG. Tak hanya itu, bahkan, organ, saraf, dan ototnya sudah mulai berfungsi. Pada akhir trimester kedua (yaitu pada usia kehamilan 27 minggu), sistem saraf dan paru-paru bayi mulai matang.

Vitamin Ibu Hamil Trimester 2.

Artikel terkait:

Vitamin Ibu Hamil Trimester 3.

Vitamin C Untuk Ibu Hamil.

Untuk menunjang pertumbuhan janin pada usia trimester kedua, vitamin ibu hamil trimester 2. Asupan yang harus diperhatiakn oleh ibu hamil  trimester 2 adalah sebagai berikut:

  • Protein.

Menurut sebuah situs kesehatan bayi, Protein sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, terutama pada trimester 2 dan 3. Pada masa tersebut, janin sedang berkembang dengan pesat dan tubuh Ibu harus bisa menyediakan nutrisi baik untuk janin. Ibu biasanya diminta unuk menjaga janin mencapai berat tertentu oleh dokter. Nah, Protein ini bisa membantu hal tersebut.

  • Kalsium.

Pada masa kehamilan trimester 2 dan 3, janin mulai membentuk tulang. Menurut peneliti dari University of Chicago, Murray Favus, janin membutuhkan banyak Kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Kebutuhan tersebut diambil dari makanan yang dikonsumsi oleh Ibu ataupun Kalsium yang terdapat di dalam tulang Ibu.

  • Vitamin D.

Menurut Angka Kecukupan Gizi 2013, kebutuhan wanita usia 19-50 tahun untuk Vitamin D per harinya adalah 15 mcg. Perlu diketahui bahwa Vitamin D mendukung daya tahan tubuh, kesehatan sel dan tulang Ibu hamil. Nutrisi ini juga memengaruhi kesehatan janin trimester 2. Vitamin D membantu janin menyerap lebih banyak kalsium untuk tubuhnya. Nutrisi ini biasanya ditemukan dalam kuning telur, ikan salmon, minyak ikan kod, dan susu serta produk olahannya.

  • Folat.

Ya, kebutuhan folat masih perlu Anda penuhi selama trimester kedua. Kebutuhan folat yang harus Anda penuhi selama trimester kedua adalah sebesar 600 mikrogram per hari. Pemenuhan kebutuhan folat ini penting untuk mengurangi risiko bayi cacat lahir, seperti spina bifida. Anda bisa mendapatkan folat dari berbagai makanan, seperti sayuran hijau, jeruk, ayam, ikan kerang, dan kacang-kacangan.

  • Asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 dibutuhkan untuk meningkatkan perkembangan otak dan saraf bayi sejak dalam kandungan. Pemenuhan asam lemak omega-3 yang baik selama kehamilan dapat berdampak pada perkembangan penglihatan, memori, dan pemahaman bahasa di masa selanjutnya. Anda butuh asam lemak omega-3 sebesar 1,4 g selama kehamilan. Kebutuhan asam lemak omega-3 bisa Anda penuhi dari konsumsi ikanberlemak (seperti salmon, tuna, dan sarden), minyak walnut,dan telur yang diperkaya dengan omega-3.

Semoga bermanfaat, terimakasih..

Baca juga:

Vitamin Yang Dibutuhkan Ibu Hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Cempedak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here