Vitamin C Untuk Ibu Hamil.

0
39
vitamin c untuk ibu hamil
vitamin c untuk ibu hamil

Vitamin C Untuk Ibu Hamil. – Vitamin juga diperlukan oleh semua ibu hamil tanpa terkecuali, demi tumbuh sehat janin yang sedang dikandungnya. Ada beberapa asupan vitamin yang harus diperhatikan oleh ibu hamil salah satunya adalah vitamin C.

Vitamin C sendiri derdapat baik pada sayuran, buah, ataupun suplemen. Dengan demikian ibu hamil tidak perlu lagi kebingungan dalam mencari asupan makan yang mengandung vitamin c. Namun ibu hamil juga harus memperhatikan kadar dosis yang diperlukan oleh ibu hamil mengenai dengan vitamin c tersebut.

Vitamin C Untuk Ibu Hamil.

Artikel terkait:

Vitamin Yang Dibutuhkan Ibu Hamil.

5 Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 Paling Baik dan Recommended

Dosis Vitamin C untuk Ibu Hamil yang Dianggap Aman.

Wanita hamil dianjurkan mengosumsi vitamin prenatal untuk menutupi nutrisi yang kurang dari menu makan harian, termasuk juga vitamin C. Perempuan hamil yang berusia 18 tahun atau lebih muda akan membutuhkan setidaknya 80 miligram vitamin C per hari, sementara vitamin C untuk ibu hamil yang berusia 19 tahun atau lebih tua membutuhkan 85 miligram per hari.

Kelebihan atau overdosis vitamin C bisa menyebabkan perubahan pada gejala-gejala umum kehamilan. Tanda dan gejala yang dapat muncul pada overdosis vitamin C, seperti:

  1. Lebih sering berkemih.
  2. Urine berwarna keruh.
  3. Kehilangan nafsu makan.
  4. Lelah.
  5. Perubahan suasana hati.
  6. Sakit kepala.
  7. Bibir pecah-pecah.
  8. Diare.
  9. Konstipasi.
  10. Mual.
  11. Sakit perut.
  12. Nyeri otot, sendi atau melemahnya otot.
  13. Sensitif terhadap sinar matahari atau cahaya.
  14. Ruam atau gatal.
  15. Iritasi mata.
  16. Detak jantung lebih cepat atau tidak beraturan.

Jika dikonsumsi dalam dosis terlalu tinggi, vitamin C juga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti: batu ginjal, insomnia, terjadi penggumpalan darah, dan kerusakan sel darah merah.

Vitamin C memilki beberapa manfaat apabila dikonsumsi sesuai dosis, seperti:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh Ibu.

Vitamin C dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan pembentukan antibodi dalam tubuh. Sehingga, vitamin C dapat menurunkan risiko infeksi bakteri dan virus. Hal ini penting diperhatikan oleh Ibu, karena umumnya terjadi penurunan daya tahan tubuh saat hamil. Salah satu penyakit infeksi yang sering dialami ibu hamil adalah batuk dan pilek. Terdapat penelitian bahwa vitamin C dapat mengurangi risiko batuk dan pilek hingga 50% pada orang yang melakukan aktivitas berat, seperti atlet lari dan tentara. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa penggunaan suplemen vitamin C secara rutin dapat mengurangi durasi terjadinya influenza sebesar 8%. Penelitian lain juga menyatakan bahwa vitamin C dapat menurunkan asma yang dipicu oleh aktivitas sehari-hari.

  • Memperbaiki sel dan jaringan.

Vitamin C meningkatkan proses pembentukan kolagen pada Ibu dan si Kecil. Sehingga, vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan kulit, tulang, jaringan ikat, dan tulang rawan si Kecil.

  • Menghindari gangguan perkembangan mental.

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang dapat melindungi si Kecil dari gangguan perkembangan mental.

  • Menyerap zat besi (Fe).

Vitamin C berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dari makanan. Zat besi berfungsi untuk meningkatkan hemoglobin dan mencegah terjadinya anemia. Maka dari itu, disarankan untuk mengombinasikan makanan yang mengandung zat besi dengan makanan yang mengandung vitamin C.

  • Mencegah sindrom fetal alkohol.

Dari sebuah penelitian, vitamin C dikatakan dapat mencegah terjadinya kerusakan embrio (janin) yang terpapar oleh alkohol.

Berikut ini sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin c:

  1. Stroberi.
  2. Jeruk.
  3. Nanas.
  4. Brokoli.
  5. Mangga.
  6. Kiwi.
  7. Kembang kol.
  8. Pepaya.
  9. Jambu.
  10. Cabai dan paprika.

Semoga bermanfaat, terimakasih..

Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil Makan Emping?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here