8+ Solusi Pengganti Susu Untuk Anak Balita

0
27
Solusi Pengganti Susu Untuk Anak Balita

www.solusiibuhamil.com | Solusi Pengganti Susu Untuk Anak Balita –  Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Baca :Rekomendasi Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak Usia 1 Tahun

Solusi Pengganti Susu Untuk Anak Balita

Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka.[1] Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu secara alami mengandung nutrisi penting, seperti bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, pendapat lain menambahkan bahwa susu mengandung mineral dan lemak.[2]Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi.

Baca : 6+ Buah-buahan Yang Terbaik Untuk Anak Balita

Dengan demikian susu sangatlah berperan terhadap peran pertumbuhannya pada anak balita anda, namun yang menjadi permasalahannya adalah banyak sekali faktor anak balita tidak bisa minum susu, baik itu alergi, tida suka, ataupun masalah kesehatan lainya. Maka dari itu kami akan menshering  solusi pengganti susu untuk anak balita, berikut ini pemaparanya:

Solusi Pengganti Susu Untuk Anak Balita

1 | Air Tajin

Kita lebih mengenalnya sebagai tajin. Susu beras merupakan susu alami yang memiliki sifat hipoalergenik dan bebas dari kedelai, gluten, dan kacang. Susu ini mengandung karbohidrat dan rendah protein jika dibandingkan dengan susu sapi. Minuman pengganti susu kali ini terbuat dari beras. Orang Indonesia biasa menyebutnya sebagai air tajin. Bedanya, kepadatan air tajin lebih rendah daripada susu beras.

2 | Susu Mete

Selain almond, kacang-kacangan lain yang bisa dijadikan susu adalah jambu mede. Minuman ini kaya serat, antioksidan, zat besi, dan magnesium. Uniknya, susu mede dapat dicampurkan ke segala menu. Mulai dari sereal, pudding, sampai kopi (sebagai pengganti creamer). Yang perlu dicatat, kandungan protein susu mede cukup rendah.

3 | Susu Kacang Polong

Ini dia salah satu pengganti terbaik susu sapi. Protesin dalam secangkir susu dari olahan kacang polong (pea) sama dengan susu sapi. Kandungan lemak jenuhnya juga rendah. Sedangkan, kalsiumnya sekitar 50 persen lebih banyak daripada susu almond.

4 | Susu Kedelai

Susu kedelai Ini adalah jenis susu pengganti susu sapi yang paling populer. Susu kedelai dibuat dari ekstrak kedelai. Saat ini rasanya juga bervariasi, ada yang cokelat, vanila, ditambah gula, atau tanpa pemanis. Susu kedelai secara alami bebas lemak. Dalam 100 ml susu kedelai tawar hanya terdapat 54 kalori. Susu ini juga mengandung protein kedelai yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Susu kedelai juga sering ditambahkan dengan kalsium, vitamin A dan D, serta riboflavin.

5 | Susu Almond

Tak hanya bagus untuk dikonsumsi biasa, susu almond juga recommended menjadi bahan campuran kue maupun masakan lainnya. Seperti namanya, susu ini diproduksi dari bahan baku kacang almond. Rasanya memang agak berbeda dengan susu biasa. Tapi, kandungan lesitin susu ini akan membuat kita mendapatkan nutrisi yang relatif sama dan vitamin E.

6 | Santan

Sebetulnya agak susah untuk membuat minuman yang satu ini jadi alternatif susu. Karena santan punya unsur yang agak berbeda dengan susu. Meskipun sama-sama berlemak, tapi reaksi kandungan santan untuk tubuh juga berbeda. Bagi yang tidak suka es krim dengan susu lemak sapi, kamu bisa membuat es dari air kelapa.

7 | Yogurt

Yogurt alami tanpa pemanis merupakan yogurt jenis terbaik, tetapi jika tidak tersedia, maka yogurt dengan berbagai macam rasa juga baik. Anda dapat membuat yogurt sendiri dan dapat dicampur dengan buah atau ditambahkan pada sup.

8 | Susu biji rami

Susu ini bisa jadi alternatif bagi orang yang alergi kedelai, gluten, atau kacang-kacangan.

Nah, itu didi beberapa solusi pengganti susu untuk anak balita anda agar asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak anda yang terkandung dalam susu. Meskipun demikian mungkin nutrisi dalam pengganti susu tidak akan sam persis dengan susu biasanya, semoga bermanfaat. Terimakasih…

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here