Obat Herbal Untuk daya tahan Tubuh Anak

Obat Herbal Untuk daya tahan Tubuh Anak

Obat Herbal Untuk daya tahan Tubuh Anak – Tentulah para ibu khususnya akan khawatir dengan keadaan anaknya apalagi kalu anaknya sudah mengalami tanda-tanda akan sakit. Kekebalan tubuh yang menurun akanlah sangat berpengaruh terhadap kondisi pada anak, karea anak akan mudah sekali terkenna serangan penyakit baik dari lingkungan, makanan, ataupun jajanan yang tidak baik untuk kesehatan.

Anak tidak akan sadar kalau dirinya akan mengalami sakit dengan hal semua itu, jadi yang harus lebih siaga memantau anak adalah para orang tuanya sendiri khususnya para ibu, karena ibu lebih sering berinteraksi dengan anak dibandingkan dengan ayahnya.

Mengenai dengan hal tersebut memang banyak obat yang bersifat kimia dipasaran ataupun di apotek. Namun, dengan sedikit mahal banyak sekali para ibu mengeluhkan mengenai harga tersebut. Walaupun anggapan orang tua kesehatan anak adalah segalanya, bayak orang tua yang hanya pas-pasan dengan keadaan ekonominya. Namun, anda semua khususnya orang tua anak  tidak sadar akan obat herbal yang sering dijumpai disekitar anda semua. Nah, ini dia obat herbal untuk daya tahan tubuh anak:

Obat Herbal Untuk daya tahan Tubuh Anak

  • Ginseng

Ginseng telah populer sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ginseng terbagi menjadi dua jenis yaitu ginseng Asia atau Korea (Panax ginseng) dan ginseng Amerika (Panax quinquefolius). Beberapa penelitian menemukan bukti bahwa ginseng dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuktikan khasiat ginseng pada sistem kekebalan tubuh, dilakukan penelitian pada 36 orang yang menderita kanker perut dan telah menjalani operasi. Peneliti memberikan 5.400 mg ginseng setiap hari selama dua tahun. Hasilnya, para pasien ini mengalami peningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengalami kekambuhan gejala yang lebih rendah dari sebelumnya.

Penelitian lain meneliti efek ekstrak ginseng merah pada sistem kekebalan tubuh orang dengan kanker perut yang telah menjalani kemoterapi pascaoperasi. Setelah tiga bulan, pasien yang diberikan ekstrak ginseng merah mengalami perbaikan kondisi yang menandakan sistem kekebalan tubuhnya mengalami peningkatan dibandingkan dengan pasien yang tidak diberikan ekstrak ginseng merah.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng memiliki kesempatan hidup 35 persen lebih tinggi untuk terhindar dari berbagai penyakit selama lima tahun setelah operasi. Tak hanya itu, orang yang mengonsumsi ginseng juga memiliki ketahanan tubuh 38 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Banyak ahli juga menemukan fakta bahwa ginseng berfungsi sebagai antioksidan dan menyembuhkan peradangan, membantu mengobati flu, gejala menopause, tekanan darah tinggi, kelelahan, hepatitis C, dan berbagai penyakit lainnya.

  • Kunyit

Menurut Tjok, bahan dapur seperti kunyit bermanfaat untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh anak. Bukan hanya itu, jeruk nipis seperti diungkapannya, juga bermanfaat untuk antiseptik dalam tubuh. Terkait hal tersebut, ia memberikan resep untuk meningkatkan stamina anak.

Ramuan untuk meningkatkan stamina anak:

Bahan-bahannya adalah:

  1. – 250 ml air panas
  2. – Jahe 1/2 rimpang jari
  3. – Kunyit 1/2 rimpang jari
  4. – Jeruk nipis 1/2 buah
  5. – Kayu manis 1 batang
  6. – Madu asli 2 sendok teh

Cara pembuatan:
Jahe dan kunyit digeprek dan dimasukkan kedalam poci dan seduh selama 5 menit. Saring kedalam gelas, masukkan batang kayu manis. Masukkan perasan jeruk nipis dan campur dengan madu. Minum selagi hangat kuku. Minum 1-2 kali sehari.

Ramuan herbal untuk masuk angin anak:

Bahan-bahannya adalah:

  1. – Biji Adas 1 sendok makan
  2. – Jahe 1 rimpang jari
  3. – Daun mint  5 daun
  4. – Madu asli 1 sendok teh

Cara pembuatan:
Jahe digeprek dan dimasukkan ke dalam poci dengan bahan-bahan lainnya kecuali madu. Seduh selama 5 menit. Saring dan diamkan hingga hangat-hangat kuku dan campur dengan madu. Minum 2 kali sehari.

  • Bawang putih

Bawang putih tidak hanya digunakan dalam masakan tetapi juga bermanfaat sebagai obat. Bahkan bawang putih mengandung senyawa yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan kuman penyebab penyakit. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut dengan alliin. Saat bawang putih dihancurkan atau dikunyah, senyawa ini berubah menjadi allicin.

Allicin mengandung belerang sehingga memberikan bau dan rasa yang khas. Senyawa ini telah terbukti mampu meningkatkan respon tubuh untuk melawan beberapa jenis penyakit seperti pilek dan flu.

Dikutip dari Healthline, penelitian membuktikan bahwa allicin sangat efektif membunuh mikroorganisme yang menjadi penyebab infeksi seperti TBC, radang paru-paru, sariawan, dan juga herpes. Bahkan, sifat antivirus di dalam bawang putih dapat digunakan untuk mengobati infeksi mata dan obat infeksi telinga alami.

Untuk menjaga daya tahan tubuh sehari-hari, selain makan-makanan bergizi Anda bisa mengonsumsi berbagai suplemen yang mengandung ketiga bahan tersebut. Selain itu, meminum suplemen yang mengandung kombinasi vitamin C, ginseng, dan echinacea juga membantu memaksimalkan sistem imun untuk menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya, vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menguatkan sistem imunitas tubuh.

Itu dia beberapa herbal yang sering kita jumpai bahkan sering digunakan dalam memasak setiap hari, semoga bermanfaat. Dengan catatan obat herbal harus konsisten dalam mengkonsumsinya agar optimal hasilnya. Terimakasih…

Related posts