Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu Yang Dibutuhkan Para Ibu Hamil

minuman ibu hamil pengganti susu
Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu

Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu Yang Dibutuhkan Para Ibu Hamil – Halo sobat ibu hamil semua mudah mudah sehat semua, pada artikel sebelumnya kita telah membahas tetang makanan ibu hamil yang berkualitas agar anak cerdas.

Kali ini kita akan membahas tengtang Minuman Ibu Hamil Penggati Susu. silahkan simak baik-baik artikel ini sampai selesai, karena ini mungkin bisa membantu anda sekalian menemukan solusi minuman pengganti susu tanpa mengurangi gizi yang terkandung dalam susu itu sendiri.

Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu

Saat hamil, calon ibu membutuhkan banyak makanan yang mengandung banyak vitamin dan juga zat-zat yang dapat mendukung perkembangan si janin. Namun, jika calon bunda tidak dapat memenuhinya dalam susu khusus untuk ibu hamil, Anda dapat menggantinya dengan:

1. Susu biasa.
2. Segelas yoghurt.
3.  4-5 gelas susu kedelai, untuk pengganti kalsium.
4.  2/3 gelas air jeruk difortifikasi kalsium.
5.  Suplementasi kalsium dan folat yang diresepkan dokter.

Susu ibu hamil biasanya ditambah asam folat, AHA dan DHA, diperkaya kalsium, zat besi, Vitamin C, B16, B1, dan yodium. Serta dikurangi kadar lemak (low fat atau non-fat) dan kolesterolnya.

baca juga: Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

6 Minuman Enak Ini Bisa Jadi Pengganti Susu, Nikmatnya Sama!

1. Susu Almond

Tak hanya bagus untuk dikonsumsi biasa, susu almond juga recommended menjadi bahan campuran kue maupun masakan lainnya. Seperti namanya, susu ini diproduksi dari bahan baku kacang almond.

Rasanya memang agak berbeda dengan susu biasa. Tapi, kandungan lesitin susu ini akan membuat kita mendapatkan nutrisi yang relatif sama dan vitamin E.

2. Santan

Sebetulnya agak susah untuk membuat minuman yang satu ini jadi alternatif susu. Karena santan punya unsur yang agak berbeda dengan susu.

Meskipun sama-sama berlemak, tapi reaksi kandungan santan untuk tubuh juga berbeda. Bagi yang tidak suka es krim dengan susu lemak sapi, kamu bisa membuat es dari air kelapa.

3. Air Tajin

Minuman pengganti susu kali ini terbuat dari beras. Orang Indonesia biasa menyebutnya sebagai air tajin. Bedanya, kepadatan air tajin lebih rendah daripada susu beras.

Di beberapa daerah, sari beras diperas lebih optimal supaya menghasilkan susu yang lebih pekat daripada air tajin. Dari hasil perasan tersebut, terciptalah susu rendah lemak yang lebih manis daripada susu sapi alami. Sebab, glukosa beras lebih tinggi daripada susu sapi.

4. Susu Mete

Selain almond, kacang-kacangan lain yang bisa dijadikan susu adalah jambu mede. Minuman ini kaya serat, antioksidan, zat besi, dan magnesium.

Uniknya, susu mede dapat dicampurkan ke segala menu. Mulai dari sereal, pudding, sampai kopi (sebagai pengganti creamer). Yang perlu dicatat, kandungan protein susu mede cukup rendah.

5. Susu Kacang Polong

Ini dia salah satu pengganti terbaik susu sapi. Protesin dalam secangkir susu dari olahan kacang polong (pea) sama dengan susu sapi. Kandungan lemak jenuhnya juga rendah. Sedangkan, kalsiumnya sekitar 50 persen lebih banyak daripada susu almond.

6. Susu Kedelai

Terakhir ada susu kedelai. Bisa dibilang kedelai merupakan alternatif terbaik pengganti susu sapi, karena mudah didapatkan. Nutrisi pun tak jauh beda.

Kepadatan lemak dan seratnya mirip dengan susu sapi. Bedanya, susu kedelai bebas kolesterol.

Demikian artikel tentang Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu ini kami buat, semoga bermanfaat untuk anda sekalian. sampai jumpa diartikel kami berikutnya. Terimakasih..

Related posts