Mengapa Daya Tahan Tubuh Lemah Saat Hamil?

0
53
Mengapa Daya Tahan Tubuh Lemah Saat Hamil

Mengapa Daya Tahan Tubuh Lemah Saat Hamil? – Ada masa diman ibu hamil akan merasakan kelelahan, kecapean degan kata lain yang sering anda dengan istilah 5L lemah, letih, lesu, lunglai, lusuh. Bagi ibu hamil hal tersebut sangatlah wajar dirasan, karena hal tersebut selalu berkaitan dengan ibu hamil.

Yang menjadi pertanyaanya adalah mengapa daya tahan tubuh lemah saat hamil? Banyak faktor terjadunya hal tersebut, berikut ini sedikit jawaban dari kami mengenai lemahnya daya tahan tubuh saat hamil.

Mengapa Daya Tahan Tubuh Lemah Saat Hamil?

  • Kebutuhan Nutrisi yang Tidak Terpenuhi

Selama di dalam kandungan, janin akan mengambil nutrisi yang ia butuhkan langsung dari tubuh ibu hamil. Ini sebabnya, selama masa kehamilan, ibu hamil perlu lebih memerhatikan asupan nutrisi untuk ibu hamil. Sebab, bila jumlah yang dibutuhkan tidak terpenuhi, ibu hamil dan calon buah hati akan sama-sama kekurangan nutrisi.

Pada janin, kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan tumbuh kembangnya menjadi kurang optimal. Sementara, pada ibu hami hal ini dapat menyebabkan gejala lemas, letih, lesu, dan lunglai, hingga berdampak pada menurunnya imunitas tubuh, lho. Oleh sebab itu, mulailah lebih memerhatikan asupan gizi harian ya, Mum.

  • Cuaca berubah secara  ekstrim

Perubahan cuaca yang berpengaruh terhadap daya tahan tubuh ketika ibu hamil. Cuaca yang tak menentu dan sering berubah dari panas ke dingin atau sebaliknya membuat tubuh harus beradaptasi dengan cepat. Proses adaptasi yang harus dilakukan dengan cepat ini menguras energi di tubuh anda, sehingga daya tahan tubuh pun jadi menurun.

  • Tingkat Stres yang Tinggi

Tahukah anda? Sejak berkembangnya ilmu psikoneuroimunologi, para ahli menyimpulkan, ada kaitan yang kuat antara sistem kekebalan tubuh dan kondisi psikologi seseorang.

Menurut Profesor Christopher Coe dari Universitas Wisconsin, Amerika Serikat, beragam penelitian telah mengungkap fakta bahwa hormon kortisol yang diproduksi saat stres dapat melemahkan sistem imun manusia. Dalam kuliahnya yang berjudul “All Roads Lead To Psychoneuroimmunology”, Profesor Coe menjelaskan, setidaknya ada dua penyakit yang bisa dipicu oleh stres, yaitu asma dan fibromyalgia.

Sebagai bentuk gangguan pernapasan yang melibatkan sel-sel radang, asma tentu membahayakan kondisi Mum dan janin dalam kandungan, karena dapat membuat kadar oksigen di tubuh berkurang. Sementara, fibromyalgia merupakan penyakit yang menimbulkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan di tubuh. Berhubung asma dan fibromyalgia sama-sama mengganggu, sebisa mungkin hindari stres dan khawatir berlebihan selama hamil, ya, Mum.

Tak hanya berdampak buruk pada kekebalan tubuh ibu hamil, stres yang anda rasakan sewaktu hamil juga menurunkan respon sistem imun tubuh si Kecil saat ia diberi vaksin di usia enam bulan nanti. Fakta ini dipublikasikan di Jurnal Brain, Behavior and Immunity, Mum.

  • Aktivitas Sel T yang Berkurang

Dominic Marchiano, seorang asisten profesor obstetri dan ginekologi Universitas Kedokteran Pennsylvania, Amerika Serikat, menyebutkan, di dalam tubuh terdapat sel T yang berfungsi sebagai agen pengontrol infeksi virus. Selama kehamilan, aktivitas sel ini di tubuh Mum umumnya akan mengalami penurunan. Inilah yang mengakibatkan imunitas menjadi lemah, sehingga Mum lebih mudah jatuh sakit karena infeksi virus.

  • Berlebihan Saat Beraktivitas

Jika biasanya tubuh ibu hamil berenergi dan cukup fit untuk melakukan berbagai aktivitas, maka anda akan lebih mudah letih saat hamil. Oleh karena itu, jika aktivitas fisik yang dilakukan terlalu banyak kemungkinan besar akan kelelahan dan hal ini dapat berdampak negatif pada daya tahan tubuh. Jadi, berusahalah membatasi aktivitas fisik agar tidak melebihi batas wajar.

Nah, yang menjadi pertanyaan lagi adalah apakah akan berpengaruh terhadap sang janin yang dikandungnya? Jawabanya adalah sedikit banyak akan berpengaruh karena apabila hal tersebut dialami oleh ibu hamil nafsu makan akan sedikit berkurang dan asupan nutrisi kepada sang janin jadi tidak teroptimalkan, karena asupan nutrisi pada sang janin harus konsisten tidak boleh kelebihan apalagi kekurangan. Jadi untuk para ibu hamil harus kiat menjaga kondisi badan sistem imunitasnya sendiri dengan cara yang bijak, semua hal yang dilakukan oleh ibu hamil janganlah berlebihan apalagi melakukan aktivitas yang terlalu berat untuk dilakukan oleh ibu hamil.

Nah, itu dia beberapa penyebab daya tahan tubuh ibu hamil menurun, pastilah semua ibu hamil akan mengalami hal tersebut walau tidak dialami seluruhnya pasti akan dialami salah satunya, tetaplah menjga kesehatan anda agar janin yang dikandung teroptimalkan nutrisinya. Terimakasih….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here