Masalah Ibu Hamil

11+ Masalah Yang Harus Bunda Hadapi Setelah Melahirkan

masalah setelah melahirkanmasalah setelah melahirkan

Masalah Setelah Melahirkan – Hello sahabat Solusi Ibu Hamil semuanya, Permasalah memanglah akan terus datang bergantian, dengan berbagai permasalahan tersebut kita haruslah peka terhadap permasalahan yang sedang kita alami dengan bijak dan pastinya dengan penanganan yang pas.

masalah setelah melahirkanmasalah setelah melahirkan

Nah, sahabat solusiibuhamil.com semua bertemu lagi dengan kami yang selalu berbagi pembahas tentang permasalahan ibu hamil, anak balita dengan berbagai permasalahannya. Terlebih dahulu kami akan menyapa sahabat solusiibuhamil.com semua apa kabarnya nih? Mudah-mudahn sehat walapfiat, amin dan yang pastinya tetap dalam lindungan Tuhan Y.M.E.

( BACA9+ Ciri-ciri Menjelang Melahirkan Yang Harus Kita Ketahui )

Kali ini kami akan menshering tentang masalah setelah melahirkan pada wanita, mungkin permasalahan ini akan dialami oleh wanita yang telah melahirkan, berikut ini masalah setelah melahirkan:

Masalah Setelah Melahirkan

  • postpartum blues

Hampir 75 persen wanita mengalami apa yang dikenal dengan sebutan postpartum blues, yakni semacam perubahan suasana hati, depresi, kelesuan, lekas marah, frustrasi, insomnia, menangis, dan gejala tertentu lainnya. Hal ini sebenarnya adalah sebuah kewajaran, yang mana disebabkan oleh hormon dan fluktuasi.

  • Kekeringan pada vagina

Kekeringan pada vagina juga dapat terjadi pada wanita setelah melahirkan. Fluktuasi hormonal dan menyusui juga bisa menjadi alasan di balik kondisi keringnya vagina.

  • Bentuk Perut

Selanjutnya adalah bentuk perut. Nah, ini juga merupakan salah satu masalah yang paling dibenci oleh hampir semua wanita. Yang mana rata-rata butuh waktu lama untuk mengembalikan perut ke bentuk semula pasca melahirkan.

  • Hemoroid

Hemoroid atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di rektum. Hal ini juga umum terjadi setelah melahirkan, terutama pada ibu yang melahirkan normal. Bila Anda mengalami hemoroid, Anda mungkin akan mengalami nyeri dan gatal pada anus, dan perdarahan saat buang air besar.

( BACA : Apakah Multivitamin Stimuno Bagus Untuk Balita? )

Untuk meringankan gejala tersebut, sebaiknya Anda makan banyak serat dan minum banyak air. Hal ini dapat memudahkan Anda saat buang air besar. Selain itu, Anda juga bisa berendam air hangat untuk meringankan nyeri dan gatal di anus.

  • Payudara membesar

Payudara akan membesar dan sering merasakan sakit atau nyeri. Hanya saja ini kebanyakan dialami oleh ibu-ibu baru. Puting menjadi sangat sensitif dan terkadang butuh waktu lama untuk membiasakan diri menyusui sang bayi.

  • Stretch mark

Ini mungkin menjadi masalah yang paling menjengkelkan bagi sebagian besar ibu setelah melahirkan. Stretch mark biasa terjadi pada payudara, paha, pinggul, dan perut ibu setelah melahirkan. Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon ketika sudah tidak hamil lagi dan peregangan kulit saat hamil. Namun jangan khawatir, tanda di kulit Anda ini bisa berkurang dengan pemberian krim, lotion, atau minyak tertentu, tapi mungkin dalam waktu yang agak lama.

  • Rambut rontok

Pada beberapa wanita yang baru saja melahirkan akan mengalami hal ini, yaitu rambut rontok. Hal ini dipicu oleh tingkat esterogen.

  • Sistem pencernaan (sembelit)

Jangan salah, sistem pencernaan juga akan terpengaruh pasca melahirkan. Sembelit bisa terjadi karena sistem pencernaan dapat melambat selama fase itu. obat-obatan yang dikonsumsi pasca melahirkan juga terkadang mempengaruhi pencernaan.

  • Rasa sakit pada perut dan tulang rusuk

Beberapa wanita juga mungkin mengalami rasa sakit di bagian pribadi mereka, perut, dan bahkan tulang rusuk. Ketika rahim secara bertahap kembali ke ukuran normal, hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, Bahkan pulih dari operasi caesar bisa lebih menyakitkan.

  • Pendarah

Pendarahan juga dapat terjadi bersama dengan gumpalan. Ini bisa berlangsung selama beberapa minggu dan mungkin secara bertahap berhenti sendiri. Mirip dengan pendarahan saat menstruasi, namun ini bukan menstruasi.

Perdarahan merupakan salah satu masalah setelah melahirkan yang sangat umum terjadi. Namun, ini biasanya hanya terjadi sampai beberapa minggu setelah melahirkan. Awalnya, perdarahan berwarna merah terang dengan sedikit gumpalan darah, kemudian warnanya akan berubah menjadi lebih cerah sampai cokelat kemerahan, dan lama-kelamaan akan hilang. Pada minggu ketiga sampai keenam, perdarahan tersebut mungkin akan berhenti.

  •  Inkontinensia urin

Masalah setelah melahirkan lain yang umum terjadi adalah inkontinensia urin. Inkontinensia urin umumnya terjadi pada ibu yang melahirkan normal. Hal ini membuat Anda tidak bisa mengontrol buang air kecil saat tertawa, batuk, bersin, dan gerakan mendadak lainnya yang “mengocok” perut.

( BACA : Cara Mempercepat Pemulihan Pasca Melahirkan Normal )

Inkontinensia urin bisa terjadi karena otot dasar panggul yang menopang kandung kemih menjadi lemah. Namun jangan khawatir , otot akan normal kembali dalam beberapa waktu. Anda juga bisa melakukan latihan dasar panggul, seperti latihan kegel, untuk membantu memperkuat otot dasar panggul kembali.

Nah, itu dia beberapa masalah setelah melahirkan pada wanita yang pastinya akan dialami oleh semua wanita yang telah melahirkan atau pasca melahirkan, semoga bermanfaat. Terimakasih…

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Please disable your adblock for read our content.
Refresh