Masalah Ibu Hamil Trimester Ke 2

0
44
Masalah Ibu Hamil Trimester Ke 2

Masalah Ibu Hamil Trimester Ke 2 – Helo sahabat Solusi Ibu Hamil semuanya, Banyak sekali masalah yang dialami oleh ibu hamil pada masa kehamilannya, masalah-masalah tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi dalam masa kehamilannya, baik dari masalah makan dan aktivitas. Ibu hamil haruslah selalu siap siaga dalam menghadapi masalah-masalah tersebut.

Masalah Ibu Hamil Trimester Ke 2

Berikut ini adalah beberapa masalah ibu hamil trimester ke 2 yang harus anda ketahui :

  • Sakit punggung seperti tertusuk-tusuk

Keluhan kehamilan trimester kedua ini bukanlah hal yang aneh. Alasan di balik munculnya sakit punggung adalah beban tambahan di dalam rahim, yakni janin itu sendiri yang sudah mulai membesar. Beban ini lantas memengaruhi kondisi tulang belakang dan terjadilah sakit punggung.

  •  Kram Kaki

Semakin besar kandungan, maka mama kemungkinan besar akan diserang kram kaki, terutama saat malam hari. Untuk itu, sangat disarankan untuk melakukan peregangan otot-otot, terlebih pada betis guna menghindari ketidaknyamanan ini.

Lakukan peregangan sebelum mama tidur di malam hari atau saat tidur siang. Selain itu, disarankan juga untuk memperbanyak konsumsi air putih dan aktivitas fisik guna melancarkan peredaran darah dan mencegah kaki kram. Namun, jika kram sudah melanda, segera atasi dengan merendam kaki di air hangat atau mengompresnya menggunakan es.

  • Pusing

Pembuluh darah dapat mengalami pelebaran dan menyebabkan turunnya tekanan darah saat usia kandungan mama memasuki trimester kedua. Akibatnya adalah rasa pusing yang kerap melanda. J

masalah ibu hamil trimester 2

ika kondisi ini terjadi, maka sangat disarankan bagi mama agar segera beristirahat dengan membaringkan tubuh ke sisi kiri untuk membantu memulihkan tekanan darah. Selain itu, perbanyaklah minum air putih agar aliran darah lebih lancar.

  • Perubahan pada Kulit

Mama tidak perlu khawatir atau terkejut ketika mendapati noda hitam di kulit. Hal itu wajar terjadi akibat adanya produksi melanin ketika masa kehamilan trimester kedua. Namun, flek atau noda itu bisa memburuk bila terkena sinar matahari.

Jadi, mama disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung atau setidaknya gunakan tabir surya bila harus beraktivitas di luar rumah.

Selain noda hitam, mama juga mungkin akan melihat adanya guratan berwarna merah, merah muda atau ungu, yang biasa disebut stretch marks pada area sekitar payudara, perut, bokong, atau paha. Guratan ini memang bisa memicu rasa gatal. Namun, mama dapat mengatasinya cukup dengan menggunakan pelembab.

  • Hidung tersumbat

Selaput lendir yang berguna untuk melapisi saluran napas dari kotoran dapat membengkak di masa kehamilan. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah perubahan hormon.

Mama bisa melakukan melakukan langkah penanganan alami seperti meneteskan larutan garam ke dalam hidung (saline drop) atau memasang pelembab udara di ruangan untuk mengurangi hidung tersumbat.

Sebenarnya, masalah ini bisa diatasi dengan obat dekongestan. Namun, sebelum mengonsumsi jenis obat itu, pastikan sudah mama konsultasikan dahulu dengan dokter.

  • Payudara semakin membesar

Ciri kehamilan sehat pada trimester kedua adalah Ibu hamil dapat mengalami pembesaran payudara selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari proses hormonal di dalam tubuh Ibu hamil. Semakin membesrnya payudara, sebagai persiapan untuk proses menyusui nantinya ketika janin telah lahir. Hal ini juga termasuk karena persiapan kelenjar payudara untuk memproduksi Air Susu Ibu (ASI) nantinya.

  • Sering BAK

Semakin membesarnya kandungan, tentu membutuhkan ruang di dalam perut Ibu. Hal ini ternyata memberikan dampak pada organ lain misalnya. Semakin membesarnya rahim atau kandungan menyebabkan penekanan ke berbagai arah termasuk kearah kandung kemih. Akibatnya kandung kemih tidak mampu mengembang secara sempurna untuk menampung produksi urin dikarenakan adanya dorongan dari dinding rahim. Hal ini mau tidak mau membuat tubuh harus semakin sering membuang urin dari kandung kemih karena tidak mampu menampung lagi. Sehinga terjadi sering kencing saat hamil.

  •  Berat badan naik

Secara umum seiring bertambahnya usia kehamilan, maka besarnya kandungan akan semakin bertambah karena janin yang dikandung juga semakin bertumbuh. Karena banyaknya kebutuhan nutrisi saat hamil membuat Ibu hamil mengalami peningkatan asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi Ibu hamil trimester kedua tersebut. Maka secara otomatis Ibu hamil akan mengalami pertambahan bobot badan.

  • Gusi berdarah

Gusi berdarah terjadi karena perubahan pola seehari-hari dari Ibu hamil. Penyebab gusi berdarah pada Ibu hamil biasanya tidak begitu memperhatikan lagi kebersihan mulut. Akibatnya mudah terjadi radang dan infeksi sehingga meyebabkan gusi berdarah. Disisi lain, keadaan kekurangan nutrisi pada Ibu hamil umumnya, membuat sel-sel yang rusakmengalami lambat regenerasi ketika terjadi luka.

  • Sulit tidur

Ada banyak faktor menyebabkan Ibu hamil mengalami kesulitan tidur. Beberapa penyebabnya misalnya dikarenakan sering terbangun dari tidur karena rasa sering ingin buang air kecil. Selain itu, besarnya perut dan beban membuat Ibu hamil sulit untuk tidur dalam posisi nyaman dan bebas seperti saat sebelum hamil. Selain itu, keadaan stress yang sering terjadi pada Ibu hamil membuat Ibu sulit mengalami kantuk karena banyak pikiran.

Baca Juga :

Nah, Demikian sharing kami terkait beberapa masalah ibu hamil pada masa trimester 2, mungkin anda sedang mengalami hal tersebut itulah hal yang wajar terjadi pada masa kehamilan tersebut, Semoga bermanfaat. Terimakasih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here