Masalah Ibu Hamil

10+ Masalah Ibu Hamil 8 Bulan Yang Harus Kita Ketahui

10 Masalah Ibu Hamil 8 Bulan

Masalah Ibu Hamil 8 Bulan – Halo ibu hamil sahabat solusiibuhamil.com apa kabar? Mudah-mudahan sehat selalu dan semangat dalam menjalankan kehamilan dengan luar biasa. Masalah ibu hamil akan selalu bermunculan dengan silih berganti dengan masa bergantinya pula usia kehamilan.

10 Masalah Ibu Hamil 8 Bulan

Masa kehamil 8 bulan atau usia 31 minggu bisa disebut juga dalam masa kehamilan trimester ke 3, karena trimester ke 3 itu masuk dalam usia kehamilan 7,8 dan 9. Nah, kali ini kami akan memaparkan dalam masa kehamilan 8 bulannya, jadi apa sajakan masalah ibu hamil 8 bulan? Berikut ini pemaparannya:

Masalah Ibu Hamil 8 Bulan

  • Sulit bernafas

Bayi menekan organ internal, termasuk paru-paru yang bekerja lebih keras membawa oksigen yang cukup untuk Anda dan bayi. Bila sebelumnya menaiki tangga tidak membuat Anda kehabisan nafas, ini akan terjadi di bulan ini. Karenanya Anda perlu duduk, rileks, dan tidak terlalu memaksakan diri.

  • Heartburn

Ketika semakin sedikit ruang tersisa di perut, Anda akan merasa lebih sering makan di porsi kecil sebagai cara terbaik untuk mengurangi heartburn. Kemungkinan Anda tidak bisa makan sebanyak biasanya, bahkan untuk makanan yang sangat Anda sukai.

  • ASI bocor

Bila payudara Bunda belum mengeluarkan cairan berwarna kekuningan, biasanya ini akan terjadi saat Bunda hamil 8 bulan. Tubuh Anda mulai memproduksi ASI untuk bayi. Kolostrum akan memenuhi kebutuhan bayi selama beberapa hari pertama setelah lahir, hingga ASI keluar. Jangan khawatir bila ASI keluar lebih awal atau lebih lambat. Ketika ASI mulai keluar, ini bukan indikasi Anda bisa atau tidak mampu menyusui. Ibu hamil yang menjalani kehamilan kedua, ketiga, dan seterusnya kemungkinan memproduksi kolostrum lebih awal.

  • Anda mengalami mommy brain

Bila Anda mengalami kesulitan mengingat benda yang baru saja Anda letakkan, Anda tidak sendirian. Banyak calon ibu mengalami kesulitan untuk fokus, konsentrasi, atau mengingat sepanjang kehamilan dan setelah melahirkan. Ini artinya Anda perlu gunakan “note” pada smartphone atau menulis di kertas.

  • Penambahan berat badan

Banyak ibu hamil mengalami penambahan berat badan di bulan 8. Bila Anda menambah berat badan melebihi dari yang seharusnya, coba hindari timbangan, tarik nafas, dan ingat, ini bukan waktunya merasa cemas tentang penambahan berat badan

  • Adanya kontraksi Braxton Hicks

Ketika akan bersalin maka ibu akan mengalami ciri ciri kontraksi akan melahirkan yang berarti ibu sudah siap untuk melahirkan. Namun ketika usia kandungan baru 8 bulan maka persalinan yang sehat tidak mudah terjadi. Usia kehamilan yang cukup adalah sekitar 9 bulan lewat 10 hari atau sampai 15 hari. Dan salah satu pemicu ketika ibu merasa perut kencang atau nyeri adalah adanya kontraksi Braxton Hicks. Ini adalah kontraksi palsu yang paling sering terjadi. Kontraksi akan datang dengan ritme yang sangat teratur persis seperti ketika akan persalinan.

  • Ibu hamil sembelit

Ketika ibu hamil mengalami sembelit maka akan susah BAB saat hamil. Ini kondisi yang sangat sulit karena bisa membuat perut ibu terasa lebih besar dan nyeri. Ibu juga akan kehilangan nafsu makan dan sangat tidak nyaman. Ketika janin sedang tumbuh maka akan menekan organ usus besar ibu. Kemudian produksi hormon kehamilan yang tinggi juga bisa menyebabkan gerakan usus ibu hamil menjadi sangat lambat. Karena itu ibu hamil memang akan lebih sering terkena sembelit.

  • Gerakan bayi yang kuat

Salah satu ciri ciri janin sehat 1-9 bulan adalah memiliki gerakan yang aktif sesuai dengan usia janin. Saat bayi sudah memasuki usia 8 bulan maka bayi akan mencari posisi untuk mencoba masuk ke panggul ibu. Ini termasuk salah satu gerakan untuk mendukung cara agar cepat melahirkan sehingga ibu bisa melakukan cara agar melahirkan normal tidak sakit. Ini termasuk kondisi yang sangat normal dan ibu tidak perlu panik. Biasanya ibu akan melihat gerakan kaki seperti tendangan atau sundulan kepala.

  • Kontraksi rahim

Selama hamil maka rahim ibu akan berkembang untuk mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan. Saat janin semakin besar maka rahim juga akan berkembang. Kontraksi seperti kram perut saat hamil muda normalkah, memang sering meragukan. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ini juga bisa menjadi tanda tanda akan melahirkan. Selama tingkat kontraksi masih normal maka ibu hanya perlu menjalani kehamilan seperti biasa.

  • Adanya masalah plasenta letak rendah

Kemudian masalah plasenta letak rendah atau abrasi plasenta juga bisa memicu masalah ini selain fetal distress. Plasenta memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan nutrisi pada janin. Tidak hanya nutrisi saja tapi juga oksigen yang akan membuat janin bisa mengembangkan organ dengan sehat. Plasenta yang mulai turun kebawah bisa membuat perut ibu menjadi lebih kencang.  Bayi juga akan kehilangan nutrisi dan oksigen sehingga bisa memicu kematian. Kondisi ini biasanya sangat berbahaya sehingga ibu perlu segera mendapatkan pertolongan di rumah sakit.

Nah, itu dia beberapa masalah ibu hamil 8 bulan, tidak semua akan d alami secara bersamaan namun kemungkinan akan dialami semuanya oleh ibu hamil 8 bulan, semoga bisa menyikapinya dengan tenang bijak dan benar. Semoga bermanfaat, terimakasih…

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Please disable your adblock for read our content.
Refresh