Minuman

7+ Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil – Dari sekian banyak kandungan nutrisi yang tergandung dalam susu kedelai mungkin akan banyak juga manfaat bagi kesehatan, baik untuk kesehatan anak balita, ibu hamil dll. Dengan demikian pada kesempatan ini kami tertarik untuk membahas mengenai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, apah bisa membantu dalam memenuhu nutrisi untuk ibuhamil? apakah baik untuk membantu kesehatan ibu hamil?

Baca : Manfaat Susu Kedelai Untuk Anak Balita

Dari sekian banyak pertanyaan yang muncul tersebut, kami tertarik untuk menshering tentang manfaat susu kedelai untuk ibu hamil tersebut, sebelum mengkonsumsi susu kedelai bagi anda para ibu hamil alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu apa itu susu kedelai baru cari tahu manfaatnya. Berikut ini pembahasan kami mengenai apa itu susu kedelai dan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil:

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Sebelum masuk pembahasan alangkah baiknya kami menya anda terlebih dahulu, apa kabarnya nih? mudah-mudahan dalam keadaan sehat, aminn. berjumpa kembali dengan kami solusiibuhamil.com yang pastinya akan membantu mensharing mengenai tentang permasalahn yang akan dialami oleh ibu hamil.

Susu kedelai adalah semacam minuman yang dibuat dari kedelai, dan disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu ini juga dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia. Susu kedelai lazim sebagai hidangan sarapan pagi bersama dengan penganan lainnya seperti youtiao. Susu kacang memiliki komposisi yang mirip dengan susu: 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat.

Kandungan nutrisi penting pada susu kedelai yang dibutuhkan oleh ibu hamil di antaranya adalah:

  1. Asam Folat: membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama sel saraf.
  2. Kalsium: melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekuatan tulang, dan mengatur fungsi otot.
  3. Vitamin: meningkatkan kekebalan dan menjaga kondisi tubuh, membantu fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang, melancarkan proses reproduksi, mencegah keguguran, penyakit jantung kardiovaskuler, meningkatkan produksi air susu.
  4. Mineral: menambah kekuatan struktur tulang, gigi, dan kuku, dan menambah daya tahan tubuh.
  5. Polisakarida: mengendalikan kadar gula darah
  6. Serat: membantu sistem pencernaan tubuh.
  7. Protein: menjaga kesehatan organ dalam tubuh ibu dan janin.
  8. Karbohidrat: sebagai asupan energi tambahan untuk mengatasi kelelahan.
  9. Lemak nabati: memerangi kolestrol jahat.
  10. HDL (High Density Lipoprotein): efektif untuk menghambat proses pengapuran.

1 | Sebagai Sumber Energi

Beban tubuh yang semakin bertambah dan kondisi hormon yang tidak stabil menyebabkan ibu hamil cepat merasa lelah. Untuk melakukan pekerjaan yang biasanya terasa ringan,  ibu hamil harus mengeluarkan tenaga ekstra. Bahkan, ibu hamil bisa merasa cepat lelah jika berdiri atau duduk terlalu lama atau karena kekurangan nutrisi.

Untuk mengatasinya, diperlukan asupan nutrisi yang dapat menggantikan, mempertahankan, dan menambah energi agar ibu hamil tetap bertenaga. Salah satu sumber energi tubuh adalah karbohidrat, yang bisa didapat dengan mengonsumsi susu kedelai karena susu kedelai juga mengandung karbohidrat.

Baca : 7+ Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Selain karbohidrat, susu kedelai juga mengandung vitamin B1 atau thiamin. Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mengubah sumber karbohidrat menjadi energi tubuh. Saat usia kehamilan semakin tua, susu kedelai yang diminum secara rutin bisa membantu ibu merasa lebih segar dan tidak mudah lelah saat beraktivitas.

2 | Membantu Meningkatkan Kecerdasan Janin

Berdasarkan penelitian, susu kedelai ternyata mengandung asam folat yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan otak janin, jadi bisa membantu meningkatkan kecerdasannya. Selain untuk kecerdasan, kandungan asam folat ini juga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel saraf janin, terutama saat masa awal kehamilan (sampai usia kandungan 12 minggu atau 3 bulan).

3 | Membantu Penyerapan Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting dalam pembentukan jaringan tulang, gigi, dan rambut untuk janin. Kebutuhan akan kalsium pada janin tentu saja disuplai dari tubuh ibu. Itulah sebabnya, ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalsium, yaitu sekitar 1.200 mg per hari, jauh di atas kebutuhan tubuh saat tidak hamil.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ibu hamil hendaknya banyak mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu, keju, yogurt, sayuran hijau, kedelai, jeruk, dan ikan sarden. Kalsium dari sumber-sumber makanan tersebut akan dapat diserap baik oleh tubuh dengan bantuan zat fitoestrogen yang terdapat di dalam susu kedelai.

4 |Mencegah Kegemukan

Penambahan berat badan pada ibu hamil adalah hal yang wajar, bahkan harus. Namun, jika penambahan berat badan terjadi di luar batas normal, ibu hamil harus waspada, jangan sampai mengalami obesitas. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengganti susu sapi dengan susu kedelai, karena kadar gula susu kedelai lebih sedikit.

5 | Meningkatkan Imunitas

Perubahan fisik dan psikologi pada ibu hamil bisa membuatnya mudah jatuh sakit. Ibu hamil menjadi sangat rentan terhadap infeksi dan tertular penyakit karena tubuhnya sedang membangun jaringan untuk pertumbuhan janin. Ibu hamil perlu mengonsumsi susu kedelai karena susu kedelai mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas.

6 | Melawan Kolesterol Jahat

Penumpukan kolesterol pada ibu hamil adalah pantangan yang harus dihindari karena akan berdampak pada kesehatan ibu maupun janin. Kolesterol dapat disebabkan oleh lemak yang terkandung dalam susu hewani. Lemak nabati pada susu kedelai cukup efektif untuk membantu melawan kolesterol jahat dan menjaga berat badan, dan sebagai cadangan lemak.

 7 | Mencegah Obesitas Untuk Ibu Hamil

Masalah yang satu ini sering kali terjadi pada ibu hamil. Seiring dengan penambahan jumlah usia kehamilan, berat badan ibu hamil juga akan ikut naik. Sebetulnya ini hal yang wajar, karena berat badan janin juga bertambah. Susu kedelai mengandung kadar gula yang lebih kecil kalau dibandingkan dengan susu sapi maupun susu kambing. Susu kedelai juga bisa membantu mengelola berat badan ibu hamil, jadi tidak terkena bahaya obesitas bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan.

Nah, itu dia beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, semoga bermanfaat untum bunda semuanya ya. Terimakasih…

Pengunjung Juga Mencari:

  • Manfaat susu hamil usia kandungan 7 minggu

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Please disable your adblock for read our content.
Refresh