9+ Manfaat Susu Kedelai Untuk Anak Balita

0
31
Manfaat Susu Kedelai Untuk Anak Balita

Solusiibuhamil.com  Manfaat Susu Kedelai Untuk Anak Balita ? Banyak sekali jenis susu yang bisa kita berikan pada balita agar asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak balita bisa terpenuhi, dengan demikian tidak akan bingung bagi anda para orang tua untuk menyuplai nutrisi yang terkandung dalam susu itu sendiri. Seperti yang sudah kita ketahui bersama memanglah banyak kandungan nutrisi yang terkandung dalam susu.

Banyak anak ternyata mengalami alergi protein susu sapi, yang terkandung dalam susu formula. Salah satu solusi untuk kondisi alergi ini adalah dengan menggantinya dengan susu kedelai, atau susu formula yang mengandung tepung kedelai.

Baca : Stimuno Untuk Balita Usia 1 Tahun

Mengenai dengan pembahasan kali ini bukan hanya susu sapi atau formula saja yang bisa anda berikan kepada anak balita anda, kali ini akan kami bahas mengenai manfaat susu kedelai untuk anak balita, yang pastinya akan membantu anda dalam menanagani kebutuhan nutrisi untuk anak balita anda agar sehat. Berikut ini beberapa manfaat susu kedelai untuk anak balita:

Manfaat Susu Kedelai Untuk Anak Balita

Susu kedelai adalah semacam minuman yang dibuat dari kedelai, dan disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu ini juga dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia. Susu kedelai lazim sebagai hidangan sarapan pagi bersama dengan penganan lainnya seperti youtiao. Susu kacang memiliki komposisi yang mirip dengan susu: 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat.

1 | Mengatasi intoleransi laktosa

Namun, sebaiknya susu kedelai diberikan setelah anak berusia diatas satu tahun. Porsinya pun cukup 1-2 gelas atau setara dengan 250-500 ml perhari, karena porsi tersebut mampu menyuplai 30% kebutuhan protein perhari balita.

2 | Mengurangi kadar lemak jahat

Berbeda dengan susu sapi yang tinggi dengan lemak jenuh dan kolesterol, susu kedelai justru mengandung lemak tak jenuh. Jika anak mengonsumsi susu kedelai secara rutin dapat mengurangi kadar LDL (lemak jahat) dan menaikan HDL (lemak baik) dalam darah secara signifikan.

3 | Serat yang baik

Susu kedelai menjadi serat yang baik untuk anak yang mengalami kesulitan makan sayur dan buah-buahan. Kandungan serat tersebut juga baik untuk kesehatan saluran cerna dan dapat mengurani lemak serta kolesterol yang diserap oleh tubuh.

4 | Baik untuk pertumbuhan

Kandungan asam amino pada susu kedelai dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

 5 | Baik untuk saluran pencernaan

Susu kedelai mengandung serat yang penting untuk kesehatan saluran pencernaan, termasuk mengurangi kandungan lemak dan kolesterol  yang diserap oleh tubuh. Selain itu, susu kedelai juga dapat menjadii sumber serat yang baik untuk anak yang sulit makan sayur dan buah-buahan.

6 | Antioksidan

Susu kedelai mengandung senyawa isoflavon yang bermanfaat meningkatkan kesehatan dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari, atau sinar ultraviolet.

7 | Mengurangi risiko diare

8 | Baik untuk pertumbuhan anak

Susu kedelai (formula isolat protein kedelai) mengandung asam amino lengkap yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

9 | Sebagai pengganti susu sapi

Dengan demikian  susu kedelai tidak perlu di ragukan lagi kandungannya untuk anak balita anda, dari berbagai manfaat diatas mudah-mudahan bisa membantu anda para orang tua dalam memenuhui kebutuhan susu untuk anak balita anda, memanglah sudah kita ketahui bersama bahwa anak akan membutuhkan asupan nutrisi dengan kadar yang lebih agar pertumbuhannya bisa maksimal dengan demikian apabila kebutuhannya teroptimalkan maka anak anda akan sehat. Demikianlah pembahasan kami mengenai manfaat susu kedelai untuk anak balita, semoga bermanfaat. Terimakasih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here