10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Para Ibu Hamil

10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Para Ibu Hamil

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil – Semua orang pasti mengetahui minyak Zaitun, minyak yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan manusia khususnya, baik dalam kesehatan, kecantikan ataupun secara keseluruhan. Minyak satu ini diketahui baik bagi ibu hamil karena aman dan memiliki manfaat besar. Baik dikonsumsi secara oral maupun diaplikasikan langsung pada kulit.

Dalam 100 gram minyak zaitun diketahui terdapat 884 kalori yang terkandung. Selain itu terdapat juga mineral serta vitamin A dan E serta kandungan lemak tak jenuh.

Satu sendok makan minyak zaitun (14g) mengandung informasi gizi berikut menurut USDA:

  1. Kalori 120
  2. Total Lemak 14 g
  3. Lemak jenuh 2.2 g
  4. Lemak tak jenuh ganda 1,8 g

Dengan kandungan gizi diantas apa manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil? berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil:

Manfaat Minyak zaitun Untuk Ibu Hamil

  • Mengurangi stretch mark

Bunda khawatir stretch marks akan membekas? Cobalah aplikasikan minyak zaitun secara konsisten agar stretch marks tersebut bisa tersamarkan. Pastikan Bunda mengoleskannya pada perut, pinggul, dan payudara.

  • Mencegah infeksi

Kandungan vitamin A dalam zaitun akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang infeksi. Bumil bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan rutin konsumsi minyak zaitun.

  • Mencegah penyakit jantung dan kolesterol

Dalam minyak zaitun terdapat asam oleat yang diketahui bisa mencegah penumpukkan plak pada dinding arteri. Pada akhirnya kondisi tersebut bisa mencegah Bunda dari penyakit jantung yang membahayakan.

  • Meringankan puting pecah-pecah

Saat jelang persalinan atau ketika menyusui, Bunda mungkin akan mengalami kulit pecah-pecah di sekitar puting. Mengoleskan minyak zaitun akan membantu meredakannya.

  • Perkembangan otak janin

Mengonsumsi minyak zaitun selama kehamilan pun memiliki manfaat besar bagi perkembangan otak janin, lho, Bun. Kandungannya diketahui bisa meningkatkan fungsi dan perkembangan otak.

  • Perkembangan ginjal dan pankreas janin

Minyak zaitun pun kaya akan vitamin E yang tinggi serta cukup tahan pada proses oksidasi. Vitamin E adalah salah satu komponen yang membantu bayi Anda beradaptasi lebih baik di lingkungan yang dipenuhi oksigen, saat ia lahir.

Konsumsi minyak satu ini pun menjadi disarankan, khususnya bagi ibu dengan riwayat melahirkan bayi prematur. Mengonsumsinya secara rutin diketahui bisa membantu bayinya untuk mengembangkan ginjal dan pankreas yang lebih baik.

  • Perkembangan jantung janin dan berat janin sehat

Kandungan omega-3 dalam minyak zaitun diketahui bisa menunjang kesehatan jantung janin. Selain itu,  mengonsumsi minyak zaitun secara teratur selama kehamilan diketahui berdampak positif terhadap panjang dan berat janin.

  • Mengatasi kram pada kaki

Keluhan kram kaki pada ibu hamil merupakan kondisi yang paling sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh perkembangan janin di dalam kandungan yang memberikan tekanan dan menambah beban pada kaki. Walaupun tergolong hal yang wajar dan normal, akan tetapi kondisi tersebut harus ditangani karena bisa mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasi kram kaki pada waktu hamil. Caranya sangat mudah yaitu dengan memijat pada bagian kaki menggunakan minyak zaitun. Namun pemijatan harus dilakukan pada titik yang benar.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Salah satu kegunaan minyak zaitun untuk ibu hamil yaitu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Seperti yang kita ketahui bahwa sembelit merupakan salah satu keluhan yang paling umum terjadi pada ibu hamil.

Selain dengan mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran, mengkonsumsi minyak zaitun menjadi salah satu solusi untuk mengatasi sembelit. Minyak zaitun memiliki kemampuan dalam mencerna makanan dengan baik di dalam usus.

  • Kaya nutrisi

Minyak zaitun merupakan sumber nutrisi yang berguna untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Kandungan nutrisi pada minyak zaitun diantaranya yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, protein, kalsium, zat besi dan lemak.

Baca Juga :

Manfaat nutrisi tersebut diantaranya yaitu untuk mencegah penyakit kanker, tekanan darah tinggi, anemia, serangan jantung dan penyakit berbahaya lainnya selama kehamilan. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin.

Nah itu dia beberapa manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil, semoga bermanfaat. Terimakasih..

Related posts