7 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesuburan

  • Whatsapp
Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesuburan

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesuburan – Helo sahabat Solusi Ibu Hamil semuanya, Rempah yang satu ini mungkin sedikit asing bagi anda, kunyit putih merupakan tumbuhan yang sama seperti kunyit kuning yang sering kita jumpai dalam bumbu masak, namun bedanya kunyit putih jarang sekali bahkan tidak sama sekali digunakan sebagai bumbu masak, karena sering digunakan khusus hanya untuk obat-obatan herbal dengan berbagai manfaat.

Baca juga :

Kunyit putih atau juga dikenal dengan nama Zedoaria merupakan akar dari tanaman Curcuma zedoaria. Ini juga merupakan salah satu akar tanaman asli dari Indonesia dan sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit.

Kandungan Kunyit Putih

Sekilas, kunyit putih memiliki bentuk yang sama dengan kunyit kuning pada umumnya. Yang membedakan merupakan warna umbinya. Kunyit putih memiliki warna umbi yang putih seperti warna kencur.  Selain perbedaan pada warnanya, perbedaan lainpada kunyit putih dan kunyit kuning yakni pada pemanfaatannya. Manfaat kunyit kuning banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan juga obat. Sedangkan, kunyit putih sangat jarang sekali dimanfaatkan untuk menjadi bumbu masakan akan tetapi kunyit putih juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk obat tradisional. Berbagai kandungan di dalam kunyit putih menjadi alasan bahwa kunyit putih dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional. Beberapa kandungan di dalam kunyit putih diantaranya:

  1. Zat Curcumin
  2. Zat Anti Lipid Peroksida
  3. Ribozom Inacting Protein
  4. Flavonoid
  5. Saponin

Terus, apakah manfaat kunyit putih untuk kesuburan memanglah benar adanya? Berikut ini pembahasan kami mengenai manfaat kunyit putih untuk kesuburan:

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesuburan

  • Mengatasi kandungan lemah

Salah satu penghambat kehamilan bagi wanita adalah masalah kandungan atau rahim yang lemah. Bahkan masalah ini sering menyebabkan wanita harus mengalami keguguran saat hamil. Ada banyak penyebab kandungan lemah seperti karena penyakit PCOS. Penderita yang mengalami kelainan ini akan memiliki kadar testosteron yang sangat tinggi. Kemudian akan menghambat ovulasi dan menstruasi serta sel telur yang tidak matang sempurna. Minuman kunyit putih bisa mengatasi semua masalah ini karena meningkatkan siklus aliran darah pada rahim dan menjaga keseimbangan hormon.

  • Mengurangi resiko kanker reproduksi

Kunyit putih mengandung curcuminoids yang sangat penting untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker pada rahim. Senyawa ini juga bisa mencegah perkembangan sel pada bagian serviks dan organ reproduksi lain. Minum kunyit putih sejak masih remaja akan mencegah semua resiko penyakit ini. Kemudian kunyit putih juga akan membantu wanita memiliki hormon yang seimbang sehingga berpeluang untuk hamil lebih cepat.

  • Menjaga keseimbangan hormon

Wanita selalu mengalami perubahan hormon setiap bulan. Perubahan ini terjadi ketika sudah masuk masa ovulasi dan juga ketika menstruasi. Terkadang perubahan hormon ini tidak terjadi secara teratur atau tidak kembali seperti semula. Ini yang menyebabkan salah satu hormon menjadi lebih tinggi dan membuat sel telur rusak sebelum matang. Minuman kunyit putih sangat penting untuk menjaga agar setiap bulan hormon akan menjadi seimbang secara alami. Dampaknya sangat baik untuk kesuburan dan membuat wanita cepat hamil setelah menikah.

  • Mengatasi kista ovarium

Sakit saat menstruasi yang parah dan selama menstruasi bisa terjadi karena adanya gejala adanya kista di rahim. Ini adalah penyakit yang sangat umum sehingga terkadang juga tidak menyebabkan gejala tertentu. Penyakit ini akan menghambat kehamilan karena bisa merusak sel telur dan terjadi ovulasi palsu. Minuman yang terbuat dari kunyit putih akan membantu membersihkan darah pada rahim. Kemudian akan menghambat terbentuknya sel kista pada rahim. Inilah yang kemudian akan mendorong wanita mendapatkan siklus menstruasi teratur dan ovulasi yang sempurna.

  • Mengatasi endometriosis

Setiap wanita bisa mengalami gangguan seperti endometriosis. Ada banyak penyebab endometriosis yang terjadi secara alami sehingga sulit untuk dicegah. Penyakit ini akan menyebabkan sel endometrium yang melapisi rahim bisa tumbuh di bagian luar rahim. Akibatnya bisa menyebabkan wanita menjadi sulit hamil. Kunyit putih akan membantu agar sel-sel tersebut bisa normal sehingga tidak menyebabkan penumpukan sel dalam rahim. Kemudian juga akan mencegah stres oksidatif dari dalam sehingga sel dalam organ rahim menjadi lebih sehat. Cara ini bisa dicoba sebelum memutuskan untuk melakukan operasi kista endometriosis.

  • Merangsang peredaran darah

Kunyit putih juga sangat baik untuk merangsang peredaran darah pada bagian rahim dan sekitarnya. Ini sangat penting untuk kesuburan karena bisa membantu wanita memiliki kualitas sel telur yang lebih sehat. Kunyit akan meningkatkan kerja rahim sehingga bisa mendapatkan aliran darah yang sesuai. Karena ini sangat baik untuk rahim maka biasanya kunyit putih hanya bisa dikonsumsi oleh wanita usia subur atau wanita dewasa yang tidak sedang hamil. Tetap minum kunyit putih saat sudah hamil bisa meningkatkan kontraksi sehingga ada resiko kelahiran prematur.

  • Melancarkan Aliran Darah Pada Rahim

Aliran darah yang lancar pada daerah kewanitaan dan juga rahim dapat membantu mencegah kemandulan. Dengan aliran darah yang lancar, kesuburan rahim akan terjaga. Menjaga aliran darah pada rahim agar tetap lancar dapat dilakukan dengan memanfaatkan meminum rebusan kunyit putih. Manfaat kunyit untuk rahim juga dapat anda coba lho.

Itu dia beberapa manfaat kunyit putih untuk kesuburan, semoga bisa membantu dan menjadi penambah wawasan bagi anda khususnya. Terimaksih…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *