Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

0
4

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan – Kamu tau buah tin? Buah yang nama buahnya dipakai di dalam al-qur’an yaitu jus 30 At-tin. Buah tin dalam bahasa latin yaitu Ficus carica merupakan sejenis buah yang berasal dari Asia Barat yang begitu populer di dunia Islam. Hal ini disebabkan oleh buah tin dikatakan oleh Allah SWT, dalam firmanNYA di Alquran pada surat Tin yaitu surat ke 95.

Buah ini yaitu salah satu tanaman buah yang disukai Rasululah SAW. Dikisahkan oleh Abu Zar r.a. bahwansannya pernah Rasulullah menemukan satu buah tin lalu Nabi Muhammad SAW mengajak para sahabatnya untuk makan kemudian Rasulullah pun ikut makan seraya berkata “Kalau aku perkataan tentang buah yang dijatuhkan dari syurga, untuk itu aku katakan ini karena buah syurga tak berbiji. Oleh karena itu, makanlah sebaiknya buah ini. Sesungguhnya buah tersebut mengatasi penyakit buasir dan menjaga kesehatan tubuh.”

Dari sekian banyak nutrisi-nutrisi tersebut salah duanya adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, dan potassium. Kadar nutrisi buah tin adalah protein dengan jumlah 4.3 mg, serat 5.6 mg, energi 274 kkal, kalsium 126 mg, karbohidrat yaitu 63.4 mg, vitamin C sekitar 1 mg. Karena buah tin diperkaya dengan bermacam-macam nutrisi di dalamnya, sehingga tin begitu bermanfaat bagi kesehatan. Berikut kami jelaskan manfaat tin untuk tubuh yang perlu anda ketahui.

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Kandungan protein buah tin yang tinggi, dapat membunuh bakteri yang mengganggu kesehatan tubuh. Sehingga tubuh selalu nampak segar dan bugar, khasiat mengkonsumsi buah tin adalah dapat mengurangi kadar kolesterol tubuh. Jadi sangat tepat dikonsumsi bagi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi, bagi siapa saja yang sedang melakukan program penurunan berat badan (diet) buah tin tepat untuk menurunkan berat badan anda dan melancarkan diet sehat anda. Jadi tak usah ragu untuk mengkonsumsinya secara rutin.

Menambah selera makan. Tak ada salahnya untuk kamu yang mengalami nafsu makan yang tak teratur. Konsumsilah buah tin sebagai penambah selera makan, merangsang perkembangan hemoglobin dalam aliran darah, sehingga sangat tepat digunakan bagi pengidam anemia, mengkonsumsi buah tin secara rutin sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengkonsumsi tin bisa juga diare atau konstipasi, kandungan kalsium yang cukup tinggi pada tin sangat tepat dikonsumsi untuk dewasa atau anak untuk mempertahankan perkembangan tulang, sendi dan gigi terhadap anak karena banyak menyimpan kadar kalsium, manfaat berikutnya mengkonsumsi tin dapat mengatasi sel kanker yang berkembang dalam tubuh manusia, mengkonsumsi buah tin juga dapat membantu bernapas normal bagi penderita sesak napas atau sesak napas.

  • Anti Bakteri, virus dan jamur

Buah tin mampu membunuh bakteri pengganggu kesehatan. Kandungan buahnya dapat membunuh mikroorganisme yang bisa menyebabkan virus dan jamur.

  • Diet

Cocok untuk orang-orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Menambahkan manfaat apel dan buah tin, dapat menjadi cemilan enak saat diet.

  • Pembentukan sel darah merah

Memicu pembetukan sel darah merah (hemoglobin) sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita anemia. Selain itu, peningkatan darah merah juga mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan.

  • Sistem Pencernaan

Tidak hanya manfaat buah pepaya yang mampu memperlancar pencernaan, namun buah tin juga dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar

  • Resiko penyakit jantung

Kandungan omega 3 dan kalium, mencegah terjadinya jantung koroner. Zat kalium ini juga banyak terdapat pada manfaat pisang dan manfaat mangga.

  • Kalsium

Kandungan kalsiumnya sama seperti manfaat susu yang akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah tin bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.

  • Asam Urat

Memperkuat tulang dan sendi sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita asam urat.

  • Asma

Membantu pernapasan bagi penderita asma

  • Tekanan darah

Menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga menghindari resiko darah tinggi.

  • Kanker Prostat

Dapat mengurangi resiko kanker prostat karena mengandung coumarin.

  • Pengganti Susu

Buah tin mengandung kalsium yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pengganti susu bagi penderita alergi produk susu. Hal ini sama seperti manfaat susu kedelai yang dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi.

  • Membantu tidur

Buah tin dapat membuat tidur lebih nyenyak dan menghindarkan insomnia karena kandungan trytophan. Seperti yang terdapat pada manfaat coklat.

  • Kolesterol

Dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah karena mengandung pektin. Zat ini dapat menurunkan lemak yang terkandung dalam karena mengandung trigliserida.

  • Penangkal Tumor

Mengandung benzaldehid serta fenol yang berkhasiat sebagai zat penangkal tumor.

  • Gula darah

Serat yang terdapat dalam buah tin berguna untuk memperlambat penyerapan gula atau glukosa pada usus kecil. Buah tin juga mampu mengontrol kandungan gula darah karena mengandung fruktosa.

  • Mengobati luka

Caranya cukup mudah, masak buah tin kering hingga mandidih, lalu dicampur dengan susu. Setelah masak, dinginkan ramuan bauh tin ini, kemudian balut bagian luka dengan mengoleskan ramuan ini.

  • Merawat kulit wajah

Buah tin dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Rutin mengkonsumsi buah tin ini, cukup dihaluskan dan dijadikan masker untuk perawatan kulit wajah.

  • Pengganti gula

Rasa manis asli dari buahnya, sering digunakan sebagai sumber bahan makanan yang kerap digunakan untuk menggantikan gula.

  • Obat usus dan lambung

Pengobatan usus dan lambung ini dibuat dengan, 6 buah tin yang dipotong-potong. Kemudian campurkan manfaat minyak zaitun dan potongan jeruk nipis. Setelah tercampur rata, diamkan selama semalam. Setelah itu ramuan ini siap untuk diminum.

  • Menjaga kesuburan

Buah tin mampu meningkatkan sperma dan kesuburan bagi seseorang karena mengandung anti oksidan yang sangat tinggi. Anti oksidan tersebut lah yang berperan melindungi asam lemak sperma dan menghindarkan dari kerusakan.

Nah, itu dia beberapa mafaat buah tin untuk kesehatan, ssemoga bermanfaat, Terimakasih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here