8 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Mudah dan Tua

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil – Halo sahabat Solusi Ibu Hamil semuanya , seberapa serengkah anda mengkonsumsi buah naga? Buah naga (Inggris: Pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus.

Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Baca Juga :

Di Indonesia buah naga ini gampang sekali ditemukan di pedagang-pedagang pinggir jalan, pasar, penjual buah, ataupun di supermarket. Buah naga berwarna merah dan kuning dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan ataupun minuman, yang sering kita jumpai biasana buah jus buah naga.

Dengan hal demikian apakah buah naga baik untuk ibu hamil? Dan apa manfaat buah naga untuk ibu hamil? Berikut ini pembahasan kami mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil:

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsi buah naga :

  • Sumber vitamin C

Mengonsumsi vitamin C selama masa kehamilan sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Vitamin C dibutuhkan oleh janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, serta membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah. Vitamin ini juga membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, Anda harus tetap bijak dalam mengonsumsi vitamin C. Kelebihan vitamin C selama kehamilan bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur.

  • Sumber karbohidrat

Wanita hamil disarankan mengonsumsi 9 hingga 11 porsi makanan yang mengandung karbohidrat per hari. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi Anda dan membantu pertumbuhan janin. Anda bisa mendapatkan sumber karbohidrat alami pada buah naga. Daging buah naga mengandung sekitar 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per takaran saji. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, Anda dapat mencoba makanan sumber karbohidrat tambahan dari nasi, roti gandum, sereal, dan sayuran.

  • Antioksidan

Mengonsumsi antioksidan saat hamil bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan membantu perkembangan otak janin. Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan yaitu, betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Selain buah naga, Anda bisa mendapatkan antioksidan dari sayuran dan buah lain, seperti apel, pir, anggur, brokoli, asparagus, dan tomat.

  • Sumber serat

Wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 25 sampai 35 gram serat per hari. Seratbermanfaat untuk mencegah terjadinya sembelit dan membantu tubuh mengeluarkan racun. Buah naga mengandung 3 gram serat per 100 gram. Untuk mencukupi tambahan serat, Anda dapat mengonsumsi makanan lain, seperti sereal dan roti dari gandum utuh.

  • Kandungan zat besi

Penting untuk ibu hamil memenuhi kebutuhan zat besi. Zat besi memiliki peranan penting untuk pertumbuhan janin. Selain itu, konsumsi zat besi yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia pada ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 27 mg zat besi per hari. Anda bisa mencukupi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi buah naga, buah ini menyuplai 10,6 persen kebutuhan zat besi harian. Kekurangan zat besi selama hamil dapat menyebabkan bayi terlahir prematur dan berat badan bayi rendah.

  • Sumber nutrisi lain

Buah naga juga mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk membantu tubuh menghasilkan energi. Riboflavin dibutuhkan janin untuk membantu pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi. Ibu hamil biasanya membutuhkan 1,4 mg riboflavin per hari. Selain riboflavin, buah naga juga mengandung tiamin yang dibutuhkan oleh janin. Tiamin diperlukan janin untuk membantu perkembangan otak. Kandungan nutrisi dalam buah naga membantu ibu hamil melalui masa kehamilan dengan sehat dan kuat.

  • Mengobati sembelit dan kontipasi

Konstipasi adalah keluhan umum yang paling diharapkan oleh para ibu. Serat tinggi dalam buah naga membantu melawan sembelit. Nutrisi dalam buah bertindak sebagai agen pembersihan untuk melawan banyak gangguan pencernaan lainnya.

Dalam seporsi buah naga mengandung serat yang cukup, ada sekitar 0,3 hingga 0,9 gram serat. Setidaknya 28 gram serat per hari direkomendasikan oleh asupan referensi makanan saat kamu hamil.

  • Meningkatkan hemoglobin

Kandungan zat besi dan vitamin C membantu meningkatkan jumlah hemoglobin pada ibu hamil. Jadi, buah naga membantu mengurangi risiko anemia dan setiap efek buruk yang disebabkan oleh kadar hemoglobin yang rendah.

Nah itu dia beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil, semoga bermanfaat. Terimakasih…

Related posts