+17 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Trimester 1

  • Whatsapp
Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Trimester 1

SOLUSIIBUHAMIL.COM – Ada cukup banyak Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Trimester 1 yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Salah satu manfaat buah naga untuk Trimester pertama yaitu bisa membantu meningkatkan kekuatan janin.

Apa yg membuat buah naga dapat meningkatkan kekuatan janin? Buah naga mengandung asam folat dalam proporsi besar yang meningkatkan kekuatan janin, dan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya keguguran.

Hal ini penting, karena pada trimester pertama ini Peluang keguguran cukup tinggi. Kenapa demikian? karena diwatu tersebut sebuah janin masih belum sepenuhnya kuat.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Trimester 1

Berikut ini adalah manfaat lain dari buah naga untuk ibu hamil trimester pertama :

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat buah naga untuk ibu hamil dapat memberikan keajaiban bagi kulit kita yang tidak dapat dilakukan oleh produk perawatan kulit saat Bunda sedang hamil.
Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang melimpah yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Makan buah naga dapat membantu mengurangi jerawat, merawat kulit kering, mengurangi garis halus dan kerutan, serta menghilangkan flek hitam.

Baca juga : Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Sifat antioksidan buah naga dapat membantu membuang kotoran dari kulit kitadan membersihkan pori-pori, memungkinkan kulit untuk bernafas dan bersinar.
Bagian terbaiknya, vitamin dan mineral dalam buah naga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, sehingga penampilan menjadi lebih awet muda.

2. Meredakan Masalah Sembelit

Manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya, karena kandungan seratnya yang tinggi, bekerja untuk mencegah sembelit dengan menyerap kelembapan di usus dan meningkatkan sebagian besar tinja, serta melembutkannya.
Ini juga membantu mencegah wasir, yang merupakan masalah yang sangat umum dihadapi oleh wanita hamil.

3. Membantu Perkembangan Tulang Si Kecil

Kalsium bukan satu-satunya mineral yang dibutuhkan janin untuk mengembangkan struktur tulangnya.
Fosfor juga memainkan peran penting di dalamnya, dan keduanya ada dalam buah naga dalam jumlah yang wajar. Mereka juga bekerja untuk menjaga kesehatan gigi.
Jadi, jika Bunda tidak toleran terhadap laktosa dan tidak dapat mengonsumsi produk susu, rasakan manfaat buah naga untuk ibu hamil yang akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium tambahan dalam tubuh kita.

4. Melindungi dari Infeksi

Terinfeksi oleh mikroba yang berbeda menimbulkan risiko bagi janin karena bakteri-bakteri ini bisa menembus dan menemukan jalan agar sampai ke bayi melalui plasenta.
Manfaat buah naga untuk ibu hamil di antaranya melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka yang mencegah infeksi, serta menyediakan tubuh antijamur dan antibakteri untuk mengatasi mikroba yang sudah ada.

5. Mencegah Cacat Saat Lahir

Manfaat buah naga untuk ibu hamil dapat menjaga perkembangan saraf anak. Kelompok vitamin B-kompleks, dikombinasikan dengan folat, akan memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem saraf serta tabung saraf anak, untuk memastikan Si Kecil bebas dari gangguan.

6. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Zat besi dalam buah naga membantu sel darah meningkatkan kapasitas membawa oksigen dengan meningkatkan kadar hemoglobin. Hal ini, akibatnya, juga mengurangi kemungkinan anemia pada kebanyakan wanita.
Meningkatkan kadar hemoglobin menjadi manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya.

7. Memberikan Energi untuk Ibu Hamil

Selain kaya akan lemak, manfaat buah naga untuk ibu hamil juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi di dalamnya.
Nah, karbohidrat inilah yang menjadi sumber energi yang mudah didapat dan bisa langsung ditransfer ke janin.

8. Mencegah Risiko Anemia

Dikutip dari Belitung Nursing Journal, manfaat buah naga untuk ibu hamil jika dijadikan jus yakni memberikan hasil signifikan pada kadar hemoglobin dan kadar eritrosit pada ibu hamil.
Hal ini berarti, buah naga mampu mencegah dan dapat membantu untuk mengobati anemia pada ibu hamil.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah naga selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, dikarenakan buah naga memiliki fitokimia, yaitu antioksidan yang kuat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam memerangi infeksi.

10. Mencegah Pre-eklamsia

Hipertensi pada wanita hamil meningkatkan risiko preeklamsia dalam jumlah yang cukup besar.
Manfaat buah naga untuk ibu hamil membantu menjaga tingkat tekanan darah dan gula darah yang stabil, sehingga meminimalkan komplikasi yang terkait dengan kehamilan.

11. Kaya akan Antioksidan

Manfaat buah naga untuk ibu hamil dianggap baik karena kaya akan vitamin C. Jenis vitamin satu ini juga dikenal dengan nama asam askorbat.
Konsumsi asam askorbat dalam bentuk apapun baik itu berupa buah dan sayur mentah maupun dalam bentuk jus dianggap baik saat anda hamil karena mengandung banyak sekali sifat antioksidan yang kuat.
Antioksidan membantu tubuh kita selama kehamilan dengan membantu sel untuk melawan radikal bebas, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, membantu mengatur sintesis kolagen dalam tubuh dan juga membantu mencegah masalah yang terkait dengan persendian dan gusi.

12. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu alasan terbesar mengapa buah naga populer di kalangan orang adalah karena membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular pada manusia.
Artinya manfaat buah naga untuk ibu hamil kemungkinan besar dapat mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.
Biji buah ini menyediakan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang diperlukan tubuh, yang penting untuk kesehatan jantung. Itu menjaga arteri tetap bersih, memungkinkan darah mengalir ke dan dari jantung dengan benar.

13. Kaya Akan Lemak Baik

Mengutip dari Firstcry Parenting, kehadiran lemak baik dalam tubuh ibu hamil adalah faktor penting, karena tidak hanya menyediakan energi untuk menjaga berbagai proses metabolisme yang terus berjalan, tetapi juga bekerja dalam mempromosikan pembentukan otak pada janin.
Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga mengandung proporsi lemak yang baik, yang sebagian besar tidak jenuh tunggal. Ini membuatnya menjadi tambahan terbaik untuk makanan ibu hamil.

14. Membantu Mencegah dan Mengatasi Diabetes Tipe 2

Menurut Defeat Diabetes Foundation, biji buah naga dapat membantu mengatur kadar glukosa darah sehingga berpotensi untuk mencegah dan membantu mengelola diabetes tipe 2.
Tetapi tidak ada bukti ilmiah yang mendukung teori ini. Jadi kita tidak bisa secara pasti mengatakan bahwa buah naga baik atau berbahaya untuk diabetes gestasional.
Jika Bunda ragu, bicarakan dengan dokter untuk mengetahui apakah bisa mengonsumsi buah ini atau tidak.
Jika setuju, maka Bunda dapat memasukkan buah ini dalam jumlah sedang ke dalam makanan kita, dengan cara yang berbeda, untuk merasakan manfaat buah naga untuk ibu hamil.

15. Mencegah Kanker pada Ibu

Merupakan hal yang mengagetkan jika kita mengembangkan segala bentuk kanker selama masa kehamilan.
Buah naga mengandung beta-karoten, vitamin C, dan likopen, yang bekerja bersama-sama untuk mengatasi radikal bebas dan juga memperbaiki kerusakan internal.
Zat anti-karsinogenik yang ada dalam buah naga mencegah pertumbuhan tumor yang belum ditemukan, ini juga merupakan manfaat buah naga untuk ibu hamil.

16. Mengurangi Risiko Keguguran

Peluang keguguran paling tinggi pada trimester pertama karena janin belum sepenuhnya cukup kuat.
Buah naga mengandung asam folat dalam proporsi besar yang meningkatkan kekuatan janin, dan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya keguguran. Ini menjadi manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya.

17. Melindungi Kita dari Radikal Bebas

Sebuah penelitian dalam jurnal JOJ Nursing & Health Care, menunjukkan bahwa efek antioksidan dari buah naga merah dapat mencegah kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh paparan asap rokok pada bayi.
Wanita hamil yang terpapar asap rokok bisa berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Ini menjadi manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya.

Demikian sharing kita kali ini mengenai Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Trimester 1. Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Aamiin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *