Makanan Yang Pantang dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

0
112
makanan yang pantang dikonsumsi untuk ibu hamil
makanan yang pantang dikonsumsi untuk ibu hamil

Makanan Yang Pantang dikonsumsi Untuk Ibu Hamil – Setiap ibu hamil pasti menginginkan buah hati yang ada didalam janinnya selalu dalam keadaan sehat dan tercukupi nutrisinya. Ibu hamil selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya baik itu sayuran, daging, kacang-kacangan atau buah-buahan selalu dalam keadaan higienis.

Ibu hamil pasti didak menginginka kecolongan asupannya yang sembarangan, dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan janin yang sedang dikandungnya. Mereka tidak ingin janinnya kekurangan apapun dalam masa pertumbuhannya.

Maka dari itu kami akan memberikan artikel tentang makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, mari kami paparkan penjelasanya.

Makanan Yang Pantang dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Artikel terkait:

5 Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 Paling Baik dan Recommended

Makanan Sehat Ibu Hamil 4 Bulan

1. Ikan yang mengandung merkuri tinggi

 Ikan yang mengandung merkuri tinggi dapat menyebabkan terganggunya perkembangan otak bayi. Semakin besar ukuran ikan, semakin besar juga merkuri yang dikandungnya. Lembaga makanan dan obat Amerika atau The Food and Drug Administration (FDA) melarang ibu hamil untuk memakan ikan todak, ikan hiu, ikan makerel raja, dan tilefish karena kandungan merkurinya yang sangat tinggi.

2. Seafood mentah atau setengah matang

Seafood mentah atau dimasak setengah matang dapat membahayakan janin karena terkadang terdapat cacing parasit pada makanan laut mentah.

3. Daging merah dan daging putih (unggas) setengah matang

Daging sapi dan unggas (ayam, burung, bebek) yang dimasak setengah matang dapat mengandung parasit toksoplasmosis yang berbahaya bagi janin.

4. Telur mentah atau setengah matang

Masaklah telur sampai matang, sampai kuning dan putih telur berubah menjadi padat. Hal ini dilakukan untuk mencegah keracunan karena bakteri salmonella yang ada dalam telur.

5. Minuman yang tidak dipasteurisasi

Susu menyehatkan jika sudah dipasteurisasi atau sudah melalui tahap pemanasan. Namun, jika belum dipasteurisasi sebaiknya ibu hamil jangan meminum susu tersebut.

6. Hati

Hati, seperti hati ayam atau hati sapi, mengandung banyak vitamin A. Konsumsi vitamin A berlebihan dapat membahayakan janin. Sebaiknya batasi konsumsi hati bagi ibu hamil.

7. Kafein

Kafein dapat melewati plasenta dan mengakibatkan dampak pada detak jantung bayi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi banyak kafein selama hamil berhubungan dengan peningkatan risiko keguguran, berat badan bayi lahir rendah, dan kematian bayi saat lahir, tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut.

8. Alkohol

Ibu yang minum alkohol mempunyai risiko keguguran dan kematian bayi saat lahir lebih tinggi. Terlalu banyak konsumsi alkohol saat hamil dapat mengakibatkan fetal alcohol syndrome yang dapat menyebabkan kelainan bentuk wajah, kelainan jantung, dan kemunduran mental pada anak.

9. Suplemen vitamin dan minyak ikan

Sebaiknya jangan konsumsi suplemen multivitamin dengan dosis tinggi, suplemen minyak hati ikan, atau suplemen lain yang mengandung vitamin A dosis tinggi.

10. Beberapa jenis keju

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil termasuk keju. Beberapa jenis keju yang berwarna soft dan cenderung kebiruan layaknya Riquefort, Brie, Danish Blue, dan Camembert ternyata bisa saja memiliki kandungan bakteri listeria yang berbahaya bagi ibu hamil.

Nah, itu 10 pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, semoga bermanfaat. Terimakasih

Baca juga:

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tutut?

Pengunjung Juga Mencari:

  • hamil 1 bulan apakah boleh mkn bebek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here