4 Makanan Untuk Balita Yang Susah BAB (Buang Air Besar)

0
5
4 Makanan Untuk Balita Yang Susah BAB

Makanan Untuk Balita Yang Susah BAB – Selamat berjumpa kembali dengan kami solusiibuhamil.com, yang pastinya akan membahas mengenai permasalah-permasalahan yang sering dialami oleh ibu hamil dan permasalahan-permasalahan pada anak balita khususnya.

Oh iya sahabat solusiibuhamil.com apa kabarnya? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat ya dan tetap dalam lindungan Tuhan Y.M.E amiinnn…..

Banyak sekali permasalah yang muncul pada anak balita, dikarenakan anak balita masih rentan sekali terkena virus yang mengganggu sistem imunnya itu sendiri. Banyak sekali artikel-artikel yang telah kami buat mengenai permasalah-permasalah pada anak balita dan mudah-mudahan bisa menbantu dalam permasalahan yang sedang dihadapi.

Mengenai dengan susahnya BAB pada anak anda pasti akan menimbulkan pertanyaan para orang tua tentang makanan untuk balita yang susah BAB, nah dengan pertanyaan tersebut mari simak pemaparan kami mengenai makanan untuk balita yang susah BAB. Berikut ini pemaparanya:

Makanan Untuk Balita Yang Susah BAB

Seperti dikutip dari Familydoctor.org, Selasa (25/5/2010) seorang anak dikatakan memiliki masalah susah BAB jika memiliki satu atau lebih dari gejala berikut, yaitu:

  1. Anak melakukan BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu.
  2. Feses yang dikeluarkan si kecil sangat keras, kering dan besarnya tidak seperti biasa.
  3. Anak harus mengejan dengan keras saat BAB, karena kotorannya sulit untuk dikeluarkan.
  4. Beberapa anak biasanya diikuti dengan sakit perut dan menjadi lebih rewel.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu anak mengatasi kesulitan buang air besar:

  • berbahan oat

Oatmeal adalah salah satu pilihan ideal bagi anak untuk memeroleh asupan serat dan membantu mencegah terjadi konstipasi. Anda dapat menyajikannya dengan beragam cara dan rasa. Tawarkan  buah hati Anda untuk menambahkan potongan buah segar atau pun buah kering untuk menambahkan rasa lebih enak. Menurut pakar kesehatan dari MayoClinic, secangkir bubur oat instant mengandung 4 g serat. Jika Anak Anda tidak menyukai oatmeal, cobalah membuat bran muffins dari oat, dan mungkin dapat menambahkan raisin untuk ekstra serat. Sebuah bran muffin terbuat dari oat berukuran sedang mengandung 5,2 serat.

  • Sup sayuran

Menyajikan sup adalah cara yang baik untuk menambahkan serat ke dalam menu diet anak.  Sup yang terbuat dari sayuran dapat menyediakan serat yang dibutuhkan anak dan membantu mengatasi konstipasi. Dr. Vincent Iannelli dari Keepkidshealthy.com menyatakan, bukan hanya sup yang menyedian asupan serat bagi anak, namun cairan juga dapat membantu meredakan konstipasi. Bila anak Anda tidak memeroleh cairan yang cukup, buangan/tinja akan menjadi lebih keras dan sulit untuk dibuang. Anda dapat menyajikan sup dengan variasi crackers gandum untuk menambah lebih banyak serat.

  • Kacang

Anda dapat menyajikan menu makanan untuk anak dengan menggunakan bahan kacang hitam atau kacang merah. Secangkir kacang hitam yang telah dimasak mengandung sekitar 15 gram serat.  Cara lainnya adalah dapat mengganti nasi putih dengan brown rice atau beras coklat. yang menurut Mayoclinic mengandung 3,5 gram serat dalam setiap satu cangkir penyajian.

  • Popcorn

Popcorn adalah makanan favorit anak dan merupakan sumber serat yang baik. Menurut para ahli dari MayoClinic, popcorn yang dibuat dengan alat bertekanan udara (air popped-popcorn) merupakan pilihan yang sehat untuk anak-anak. Dalam 3 cangkir air popped-popcorn, mengandung serat sebanyak 3,5 gram.  Supaya lebih sehat, disarankan untuk menghindari jenis popcorn yang dicampur mentega atau pilihlah popcorn dengan kandungan rendah lemak.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi:

  1. Mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung serat, baik dalam bentuk potongan atau dibuat jus, seperti apel, pir, brokoli atau bayam.
  2. Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis atau lobak.
  3. Mengonsumsi tomat dan jagung.
  4. Mengonsumsi roti dari gandum atau terigu.
  5. Mengonsumsi sereal atau cracker, terutama yang mengandung sayuran.

Nah, itu beberapa makanan untuk balita yang susah BAB yang bisa dikonsumsi agar anak anda cepat melawati dalam masa susah BABnya. Agar cepat mendapatkan hasi atau cepat teratasi masalh susah BABnya hidarilah untuk sementara waktu makanan-makan berikut ini:

Makanan yang sebaiknya dihindari:

  1. Menghindari susu sapi, karenanya banyak anak yang mengalami susah BAB saat berpindah dari ASI ke susu sapi.
  2. Menghindari makanan atau minuman yang berbahan dasar susu, seperti yoghurt, keju atau es krim.
  3. Menghindari konsumsi buah pisang.
  4. Menghindari konsumsi wortel.
  5. Menghndari makanan yang mengandung lemak dan kadar gula tinggi.

Pengunjung Juga Mencari:

  • menu makanan anak 1 tahun yang sulit buang air besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here