Makanan Untuk Balita Usia Satu Tahun

Makanan Untuk Balita Usia Satu Tahun

Makanan Untuk Balita Usia Satu Tahun – Halo sahabta solusiibuhamil.com bertemu kembali dengan pembahasan-pembahasan dari kami yang mudah-mudahan akan memudahkan anda untuk mecari referensi dari berbagai macam permasalahan yang dialami oleh ibu hamil dan anak balita. Permasalah memanglah tidak akan selesai dalam kehidupan, maka dari itu anda haruslah banyak mencari informasi tentang kesehatan khususnya dan berbagai macam permasalah lainya.

Baca Juga : 

Berbicara tentang nutrisi yang harus terpenuhi oleh anak balita hususnya usia satu tahun, harus anda ketahui bahwasanya pada masa usia satu tahun memanglah sedang mengalami pertumbuhan yang mengharuskan asupan nutrisi yang pas agar pertumbuhan anak tidak terganggu. Maka dari itu para anda orang tua haruslah bisa memilah dan memilih makanan apa yang pas yang mengandung nutrisi akan pertumbahan anak balita usia satu tahun.

Makanan apa saja yang pas untuk anak balita usia satu tahun? mungkin itu menjadi pertanyaan setiap orang tua yang memiliki anak balita usia satu tahun, agar kondisi anak balitanya mendapatkan asupan nutrisi yang optimal, berkut ini pemaparan kami tentang makanan untuk balita usia satu tahun:

Advertisement

Makanan Untuk Balita Usia Satu Tahun

Berikut beberapa hal yang sebaiknya Ibu perhatikan:

  1. Berikan makanan kaya karbohidrat sebagai sumber energi 3-4 kali sehari. Si Kecil yang berusia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 45-50 kalori untuk setiap 0,5 kilogram berat badannya. Kebutuhan kalori ini juga tergantung pada tingkat keaktifan si Kecil.
  2. Si Kecil yang berusia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 14,5gr protein setiap hari untuk mendukung pertumbuhannya. Sekitar 6gr dari jumlah tersebut harus merupakan protein yang bermutu tinggi. Beberapa contoh makanan yang kurang lebih mengandung 6gr protein adalah 1 butir telur, 25gr daging tanpa lemak, dan 100gr kacang hijau. Makanan sumber protein hewani dapat diberikan satu kali sehari, sedangkan sumber protein nabati diberikan dua kali sehari.
  3. Buah dan sayuran diberikan 3-4 kali sehari. Cobalah untuk memberikan si Kecil beberapa potongan utuh buah yang lembut, seperti pisang, pepaya, dan melon. Demikian juga beberapa sayuran berserat keras seperti kembang kol dan brokoli rebus.
  4. Susu dan produk olahannya adalah salah satu sumber kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Si Kecil yang berusia di atas 1 tahun perlu mendapatkan 350 miligram kalsium per hari. Di usia 1 tahun, biasanya si Kecil masih menyusu atau mendapat ASI. Jika si Kecil biasa minum susu formula, kebutuhannya adalah 400-500 ml per hari. Pemakaian botol atau dot juga sebaiknya mulai diganti dengan gelas untuk mengurangi kejadian karies (gigi berlubang) dan obesitas.

1. Roti, beras, kentang, pasta

Makanan bertepung, termasuk ketela dan chapatti, adalah sumber energi yang bagus dan harus menjadi bagian utama di setiap hidangan. Gabungkan antara tepung putih dan bulir penuh.

2. Buah dan sayuran

Semuanya mengandung vitamin, mineral, dan serat. Tawarkan buah pada sarapan dan sayuran serta buah pada jam makan utama lainnya. Batita, seperti orang dewasa, harus mengkonsumsi lima atau lebih porsi buah segar, kalengan, atau kering per hari.

3. Daging, ikan, telur, kacang, dan sumber protein non-susu lainnya

Ini juga mencakup makanan seperti kacang, lentil, dhal, dan tahu, yang kesemuanya menyedikan zat besi dan seng. Tambahkan makanan dari kelompok ini pada hidangan dua kali sehari dan sajikan ikan berminyak sekali atau dua kali per minggu.

4. Susu, keju, dan yogurt

Berikan makanan-makanan ini 3 sajian per sehari. Susu tetap penting, namun anak berusia lebih dari setahun memerlukan susu lebih sedikit dibanding bayi. 3 cangkir susu sekitar 80-100 ml sudah cukup. Namun, beri susu lebih sedikit apabila batita Anda memakan yogurt dan keju. Susu botolan sebaiknya dihentikan sejak usia 12 bulan. Mulai dari usia setahun, susu sapi segar utuh dapat diberikan menggantikan susu formula, kecuali Anda lanjut memberikan ASI.

5. Makanan tinggi lemak dan/atau gula

Batita pada umumnya menyukai makanan ini, namun sebaiknya jaga jumlahnya tetap sedikit. Selalu tawarkan puding pada dua hidangan utama, namun jangan sampai makanan ini mengganti makanan bernutrisi dari kelompok makanan lainnya.

Itu dia beberapa asupan makanan yang bisa menjadi referensi anda dalam menangani permasalahan makanan untuk balita usia satu tahu, semoga bermanfaat. Terimakasih…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*