Makanan Untuk Balita Saat Di Posyandu

Makanan Untuk Balita Saat Di Posyandu

Makanan Untuk Balita Saat Di Posyandu – Selamat datang di solusiibuhamil.com, disini kami akan membahas dan mensharing mengenai permasalahan ibu hamil dan anak balita. Halo,, Apa kabar sahabat solusiibuhamil.com? Mudah mudah dalam keadaan sehat selalu yah,,, dan tetap dalam lindungan Tuhan Y.M.E, Amiinn…

Sudah banyak sekali permasalahan yang dialami oleh ibu hamil dan anak balita yang telah kamu sharing dan akan tetap kami lanjutkan mensharing permasalahn-permasalah yang dialami oleh ibu hamil dan anak balita, kali ini kami akan menshering mengenai makanan untuk balita saat di Posyandu, mudah-mudah bisa menjadi manfaat dan referensi untuk anda semua sahabat solusiibuhamil.com. Berikut ii pemaparan kami tentang makanan untuk balita saat di Posyandu:

Makanan Untuk Balita Saat Di Posyandu

Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. A.A. Gde Muninjaya (2002:169) mengatakan : ”Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu)”. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. (Departemen kesehatan, 1987:10).

1. Berikan makanan olahan yang mengandung unsur pemberi nafsu makan

Nafsu makan berkurang memang banyak dialami oleh balita. Hal ini dikaitkan dengan kebiasaan balita yang lebih menyukai bermain dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan. Tentu kebiasaan ini banyak membuat bingung kalangan orang tuanya. Cara mengatasi permasalahan ini dapat dilakukan dengan membuat makanan sehat dengan kandungan unsur pemberi nafsu makan. Menu makanan sehat yang mengandung unsur pemberi nafsu makan ini seperti teh jahe anget, bubur kacang jahe, minuman ronde serta menu makanan lainnya.

Advertisement

2. Buatlah menu makanan dengan rasa yang sedap

Rasa makanan menjadi inti yang penting dalam menumbuhkan nafsu makan balita anda. Kunci sebuah masakan dikatakan enak ini tentunya perlu dilakuakn dengan membuat rasa makanan menjadi sedap. Anda gunakan perpaduan bumbu dapur yang melezatkan, akan tetapi hindari bahan – bahan bumbu dapur yang terbuat dari bahan berbahaya bagi kesehatan balita anda. Bahan dapur yang anda hindari ini khususnya seperti bahan penyedap rasa yang manipulasi bahan tersebut dalam tubuh dapat menyebabkan resiko terjadinya penyakit kanker.

3. Hidupkan menu makanan yang beragam setiap harinya

Untuk membuat tubuh balita anda menjadi sehat, tidak hanya dilakukan dengan memberikan konsumsi makanan yang sehat. Akan tetapi, anda sebaiknya juga memberikan menu – menu makanan yang beragam. Keberagaman menu makanan untuk balita anda akan mampu menambah nafsu makan pada balita anda. Jika balita anda sudah memiliki nafsu makan yang baik maka dapat dipastikan buah hati anda dapat tumbuh sehat dan cerdas.

4. Seimbangkan menu makan balita anda

Kunci dari keseimbangan menu makanan balita ini berada dalam cara pemilihan menu makanan yang tepat. Berbagai kandungan gizi makanan balita anda dibutuhkan dalam porsi yang saling memadai. Sebaiknya nada menghindari pemberian menu makanan yang lebih dominan satu sama lain. Keseimbangan menu makanan ini sebenarnya juga mampu meningkatkan nafsu makan balita anda karena buah hati tidak akan merasa bosan pada menu makanan yang anda berikan.

5. Gunakan konsumsi menu tambahan bagi balita anda

Asupan gizi tubuh balita anda tidak hanya didukung dengan bahan makanan olahan saja, anda dapat menambahkan konsumsi menu tambahan lainnya. Menu tambahan ini dapat anda berikan dakam bentuk sirup penambah nafsu makan, susu penambah nafsu makan serta menu tambahan lainnya.

 Lakukanlah berbagai cara membuat makanan yang sehat bagi buah hati anda diatas. Semoga kesehatan balita anda tetap terjaga hingga tubuhnya beranjak dewasa kelak, tentunya dengan pengonsumsi makanan yang sehat menggunakan cara membuat makanan sehat untuk anak usia 1 – 5 tahun diatas.

Nah, itu dia beberapa menu makanan untuk balita saat di Posyandu, semoga bermanfaat. Terimakasih…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*