Makanan Untuk Balita Saat Demam

0
45

Makanan Untuk Balita Saat Demam – Makanan adalah hal utama dalam kehidupan manusia, makanan sangat penting untuk tetap mendapatkan tenaga, baik tenaga untuk bekerja ataupun sekedar untuk beraktivitas. Apalagi untuk anak balita sangatlah penting mendapatkan asupan nutrisi untuk masa pertumbuhannya agar optimal.

Namun, apabila anak balita anda mengalami demam akan sangat berpengaruh terhadap kondisi badan dan imunitas anak anda dan mengurangi rasa nafsu makan anak anda. Tetapi anak balita anda harus tetap mendapat asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya, demam dikenal dengan penyakit yang mempengaruhi suhu dalam tubuh yang mengakibatkan kondsi tubuh anak anda akan mengalami kelelahan dan merasa lesu.

Mungkin anda akan mengalami kebingungan dalam memberikan makanan yang pas pada anak balita anda yang mengalami demam, makanan untuk balita saat demam. Makanan apa sih yang pas untuk anak balita apabila sedang mengalami demam agar demamnya tidak berkepanjangan dan bisa menghentikan demam tersebut namun tanpa mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak balita anada.

Makanan Untuk Balita Saat Demam

Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37oC yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga merupakan pertanda bahwa sel antibodi manusia ( sel darah putih ) sedang melawan suatu virus atau bakteri. Anak yang memiliki suhu tinggi karena suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan. Demam yang melebihi 3 hari mungkin merupakan malaria atau penyakit yang disebabkan oleh nyamuk lainnya. Penanganan demam biasanya dengan diberikan obattipire misalnya golongan acetaminopen. Berikut ini makanan untuk balita saat demam:

  • Buah-buahan

Buah terutama yang memiliki tekstur yang mudah dicerna. Di samping itu, buah juga mengandung banyak vitamin yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Pisang, semangka, melon yang memiliki kadar air tinggi serta membantu menormalkan suhu tubuh.

  • Sup ayam

Jenis makanan ini kaya protein. Bila dicampur rempah-rempah, sup ayam dipercaya mengembalikan nafsu makan yang berkurang. Ayam memiliki kandungan asam amino yang disebut cysteine yang membantu mencairkan lendir di paru-paru. Sup ayam juga membantu saluran pernapasan lebih lega, dan mengatasi peradangan pada tenggorokan.

  • Teh

Ternyata, kebiasaan meminum teh sangatlah baik untuk tubuh. Satu gelas teh hangat di sore hari bisa mengurangi risiko terjangkitnya penyakit flu sebesar 70%. Di Negara Jepang, sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang yang terbiasa meminum teh memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi.

  • Jahe

Saat demam, panas tubuh tidak merata, tubuh menggigil. Satu cangkir jahe hangat sangat bermanfaat. Jahe mengandung antihistmin alami yang biasa digunakan untuk obat flu, pilek dan sakit kepala.

  • Bubur ayam

Mengonsumsi bubur ayam ketika demam, sangat membantu mengurangi suhu tubuh yang meningg. Bubur ayam juga sangat lunak dan begitu mudah dicerna sehingga tidak akan memberatkan sistem pencernaan dalam perut.

  • Bawang merah

ilustrasi (net)
Orang Jawa punya kebiasaan anak kecil yang terserang demam dikeroki dengan bawang merah yang telah dikupas dan dicuci bersih. Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin.

Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida. Selain sebagai campuran makanan, di Jawa Tengah, anak yang terkena flu atau demam, sering diusapkan bawang merah parut di punggung dan perutnya untuk memberi rasa hangat.

  • Air kelapa muda

Banyak mengandung mineral, di antaranya adalah kalium. Di saat suhu tubuh meninggi, tubuh akan banyak mengeluarkan keringat, untuk menurunkan kondisi suhu tubuh ketika panas dan untuk menggantikan keringat yang banyak keluar, sebaiknya perbanyaklah minum air kelapa.

  • Kunyit

Memiliki kandungan minyak atsiri, turmeron, curcumin dan zingiberen yang bermanfaat sebagai antioksidan dan antiperadangan.

  • Yogurt

Yogurt yang tinggi probiotik dapat membantu menurunkan demam. Probiotik atau bakteri baik bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan menjaga keseimbangan bakteri di usus. Selain yogurt, contoh makanan lain yang baik dikonsumsi adalah kimchi, tempe, dan acar kubis.

  • Protein Tinggi

Saat demam, tubuh membutuhkan asupan protein sebagai tambahan energi untuk melawan infeksi. Sumber protein seperti ayam, daging, ikan, telur, tahu, dan sebagainya yang baik dikonsumsi saat imun tubuh sedang lemah. Pola makan dan gizi yang tepat akan membantumu cepat pulih.

  • Jeruk

Tubuh tak dapat memproduksi vitamin C dengan sendirinya. Untuk itu, asupannya perlu didapat dari luar. Salah satu sumber terbaik vitamin C adalah jeruk. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, gula yang terkandung di dalamnya juga bisa membantu kita lebih bertenaga. Namun perhatikan kalau kamu punya masalah pencernaan atau lambung yang sensitif, sebaiknya batasi jumlah jeruk yang dikonsumsi.

  • Pisang

Pisang mengandung kalium, salah satu jenis ion yang banyak hilang lewat keringat saat demam. Sehingga konsumsinya sangat baik ketika suhu tubuh sedang tinggi. Selain itu, buah yang mengandung banyak cairan seperti semangka, nanas, kiwi, atau blewah juga dianjurkan saat kamu merasa tak enak badan.

Bagaimana denagn pembahasan kami diatas tentang makan untuk balita saat demam? Mudah-mudahan bisa membantu dalam permasalahan anak balita anda dalam mengalami demam. Terimakasih,,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here