Makanan

Makanan Sehat Ibu Hamil 4 Bulan

makanan sehat ibu hamil 4 bulan
makanan sehat ibu hamil 4 bulan

Makanan Sehat Ibu Hamil 4 Bulan – Setiap ibu hamil pasti selalu menginginkan makanan yang sehat untuk asupan bayi yang sedang dikandungnya. Karena tidak menginginkan kurangnya gizi atau nutrisi untuk si bayi dan juga menjadikan siibunya sendiri senantiasa segar bugar dan vit.

Bukan hanya makanan yang berkuantitas, melainkan makanan yang berkualitas untuk menghasilkan asupan gizi dan nutrisi yang optimal. Oleh karena, itu mari kita simak makanan yang sehat intuk ibu hamil 4 bulan itu seperti apa sih?

Asupan yang diperlukan ibu hamil 4 bulan sangantal penting, karena pada masa itu bayi dalam kandungan sedang dalam masa pertumbuhan. Asupan yang diperlukan meliputi magnesium, vitamin B6, vitmin B12, omega 3, vitamin D dan kalsium.

Makanan Sehat Ibu Hamil 4 Bulan

Baca juga:

5 Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 Paling Baik dan Recommended

Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu Yang Dibutuhkan Para Ibu Hamil

Sebenarnya dalam makanan yang kita makan setiap hari, asupan yang disebutkan tadi sudah terdapat pada makanan yang kita makan. Tinggal kita mengikuti aturan 4 sehat 5 sempurna.

  • Magnesium

Sama seperti kalsium, zat ini penting untuk pertumbuhan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa asupan magnesium pada trimester pertama berpengaruh pada panjang, berat, dan lingkar kepala bayi setelah lahir.

Selain itu, magnesium juga penting untuk pembentukan otot-otot, termasuk otot rahim. Magnesium banyak terdapat pada sayuran hijau, kacang, kacang kedelai, melon, dan gandum.

  • Vitamin B6

Sebagian ibu hamil sudah tidak mengalami morning sickness setelah bulan ke-3. Namun bila masih mengalaminya, vitamin B6 dapat mengurangi rasa tidak nyaman ini. Vitamin B6 banyak terdapat pada pisang, beras merah, daging, ayam, ikan, alpukat, kacang, jagung, dan gandum.

  • Vitamin B12

Vitamin ini penting untuk syaraf. Walaupun jumlah yang dibutuhkan tidak banyak, kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia dan kerusakan syaraf. Makanlah daging dan kacang kedelai untuk mendapatkan vitamin B12.

  • Omega 3

Zat ini penting untuk pertumbuhan otak dan mata. Omega 3 banyak terdapat pada ikan salmon, sarden, makarel, tahu, kacang kedelai, telur, sayuran hijau, susu, keju, dan wijen.

Artikel terkait:

Resep Makanan Ibu Hamil 4 Bulan

  • Vitamin D dan Kalsium

Kedua zat ini dibutuhkan sejak awal kehamilan, dan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium karena penting untuk pertumbuhan tulang. Ikan dan susu misalnya yang mengandung kedua zat ini.

Vitamin D juga bisa didapatkan dengan berjemur di matahari pagi selama setengah jam sehari. Jangan berjemur secara berlebihan, untuk mengurangi resiko kanker kulit.

  • Suplemen Asam Folat dan Sayuran Berdaun Hijau

Pada awal bulan ke 4 kehamilan Anda sangat penting mengkonsumsi makanan yang bisa membantu perkembangan sel-sel otak seperti asam folat. Beberapa hasil studi bahkan menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi asam folat sebelum dan sesudah kehamilan akan mengurangi potensi terlahir bayi autis.

Nah itulah beberapa makanan yang diperlukan oleh ibu hamil 4 bulan, semoga bermanfaat. Terimakasihh…

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Please disable your adblock for read our content.
Refresh