Makanan Ibu Hamil 8 Bulan

0
98
makanan ibu hamil 8 bulan
makanan ibu hamil 8 bulan

Makanan Ibu Hamil 8 Bulan –  Dari banyaknya jenis makanan yang ada di alam semesta ini, pastilah ada makanan yang dipaforitkan setiap orang, begitupula dengan ibu hamil. Dan selalu tidak ingin terlewatkan untuk menyantap makanan tersebut.

Pada usia kehamilan 8 bulan rahim Anda sudah semakin membesar, maka rahim pun akan menekan lambung Anda. Hal ini akan membuat perut Anda terasa tidak nyaman dan dapat membuat Anda mengalami heartburn. Untuk mencegah dan mengatasinya, dianjurkan agar Anda makan dengan porsi kecil dan sering, jangan makan dengan terburu-buru, dan menjaga agar berat badan Anda tidak meningkat terlalu banyak.

Pada trimester ketiga ini, Anda juga masih harus menjaga makanan yang Anda konsumsi. Selain untuk membantu menjaga kesehatan Anda dan bayi Anda, mengkonsumsi makanan yang tepat juga penting untuk mencegah terjadinya peningkatan berat badan yang berlebihan.

Makanan Ibu Hamil 8 Bulan

Artikel terkait:

Makanan Yang Pantang dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Makan Sehat Untuk Ibu Hamil 4 Bulan Yang Berkualitas

Makanan ibu hamil  delapan bulan yang pas dan paling cocok untuk dikonsumsi agar asupan nutrisi tercukupi agar sang janin tumbuh sehat diantaranya:

  • Nasi Merah dan Umbi-umbian

Pada usia kehamilan 8 bulan ibu hamil harus dapat menjaga asupan nutrisi.Salah satunya sumber kalori, ibu hamil harus tetap memperhatikan kalori untuk plasenta dan pertumbuhan janin. Ibu hamil dapat memperoleh asupan kalori dari kentang, singkong, kacang-kacangan, beras dan umbi-umbian. Disarankan ibu hamil mengkonsumsi beras merah karena selain memiliki kandungan serat. Karena biasanya yang dialami oleh ibu hamil menjelang persalinan adalah sembelit.

  • Buah dan sayur yang mengandung vitamin C

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam sayur dan buah dapat membantu untuk memberikan antioksidan dan melindungi kerusakan jaringan. Selain itu vitamin C sangat baik untuk penyerapan zat besi sehingga membantu ibu di kehamilan 8 bulan untuk mempersiapkan persalinan tanpa resiko anemia. Selain Jeruk yang  mengandung vitamin C anda dapat mengonsumsi tomat atau strawberry dan brokoli pada sayuran yang memberikan kandungan vitamin C.

  • Air (mencukupi cairan)

Dehidrasi akan mengakibatkan gangguan kesehatan untuk ibu hamil sehingga yang dapat anda lakukan di bulan ke 8 salah satunya dengan menjaga asupan cairan yang dapat mengatur suhu tubuh dan mengatur proses metabolisme sehingga dapat menjaga kesehatan mempersiapkan menjelang persalinan.

  • Kacang Kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk ibu hamil di bulan ke delapan. Vitamin B1 dan Vitamin B2 akan membantu dalam proses metabolisme sedangkan untuk vitamin B12 dan vitamin B6 akan membantu dalam pembentukan sel darah merah dan DHA. Sedangkan untuk B6 akan membantu dalam proses metabolisme yang berperan dalam sel saraf. Anda dapat melengkapi kebutuhan Vitamin B6 selain dari kacang kedelai yaitu dari ikan, susu atau gandum.
Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Rambutan?

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Tape singkong?

Semoga bermanfaat. Terimakasih…

Pengunjung Juga Mencari:

  • makananuntuk ibu hamil 8 bulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here