Makan Sehat Untuk Ibu Hamil 4 Bulan Yang Berkualitas

0

Makan Sehat Untuk Ibu Hamil 4 Bulan – Setiap ibu menginginkan bayi yang dikandungnya terlahir optimal. Kebiasaan makan sang ibu sangatlah berpengaruh dalam hal ini. Maksimal atau tidaknya nutrisi yang diperoleh tergantung pada  ibu yang mengatur pola makannya.

Nah dalam hal ini lagi-lagi yang berbicara bukan masalah kuantitas makanan yang dikonsumsi sang ibu, tetapi kualitas dari makanan itu sendiri. Dikarenakan seorang ibu hamil gampang sekali lapar. Nah bagaimna cara mengsiasati hal tersebut?

Sebaiknya sang ibu memperhatian makanan yang dikonsumsinya, lebih baik ibu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi dan vitaman untuk tetap menjaga kualitas kehamilannya tersebut.

Makan Sehat  Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Rambutan?

Lalu bagaimana ibu menjaga pola makan untuk menghasilkan asupan yang seimbang:

Pada 3-4 bulan pertama kehamilan, ibu hamil dianjurkan makan 4 kali sehari dan menjaga keseimbangan kalori sebagai berikut:

  • 30% kalori harian harus dikonsumsi saat sarapan pagi;
  • 15% kalori saat makan siang;
  • 35% kalori makan malam;

Artikel terkait:

Makanan Sehat Ibu Hamil 4 Bulan

Aturan makan sehat (berperinsif) seperti halnya berikut ini:

  • Ibu hamil harus sering makan tapi dalam porsi kecil.

 Makanlah hanya jika Anda benar-benar merasa lapar dan bukan karena Anda marah atau tidak melakukan hal lain. Pastikan nilai gizi dari makanan Anda, tetap ingat ya bu ibu yang dimakan harus yang berkualitas dan disarankan makanan yang direbus, kukus.

  • Hitung kalori.

Anda harus mengkonsumsi setidaknya 2000 kalori setiap hari selama trimester pertama, 2500 – selama trimester kedua, dan 3000 – selama trimester ketiga.

  • Hindari produk asap, bumbu pedas, dan makanan panggang.

 Hidarilah yang akan banyak menyebabkan kehamilan anda menjadi agak sedikit rewel dengan meninggalkan makanan tersbut. Boleh tetapi perhatikan kadarnya jang terlalu banyak dan jangan terlalu sering. Seperti sate, steak, ikan bakar dll.

Artikel terkait:

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Sate Padang? bolehh apa tidak?

  • Harus membatasi konsumsi garam.

Untuk mencegah edema.

  • Kunyah makanan Anda dengan saksama.

Meng optimalkan dalam mengunyah dan ini akan memperbaiki pencernaan, jadi bayi Anda akan mendapatkan lebih banyak nutrisi.

  • Hindari makan makanan cepat saji (fast food).

Jangan terlalu keseringan megkonsumsi makanan cepat saji (fast food), apalagi bagi para ibu hamil  akan mengganggu pertumbuhan bayi dalam janin tersebut banyak mengandung MSG. Itupun diperbolehkan apabila ibu hamil mengalami kelaparan dan tidak tersedia makanan sehat lainnya. Tapi jangan selu dijadikan alasan yah!!.. Seperti burger, hotdog, mie instan.

  • Hindari kopi atau soda perbanyak air mineral dan jus segar.

kopi mengandung kafein yang tidak baik bagi janin yang dikandung.

  • Jauhi asap rokok.

Bagi para ibu hamil jauilah asap rokok bagi suaminya yang suka merokok. Apalagi sang ibu yang suka merokok berhentilah merokok saat hamil. Lebih baik untuk perempuan berhenti merokok untu selamanya, setidaknya dikurangi.

Semoga bermanfaat. terimakasih..

Pengunjung Juga Mencari:

  • makan ketika hamil 4 bulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here