Kenapa Ibu Hamil 4 Bulan Tidak Nafsu Makan?

0

Kenapa Ibu Hamil 4 Bulan Tidak Nafsu Makan? – Pertanyaan ini mungkin akan menjadi sebuah misteri bagi para wanita khususnya. Karena sebagian besar waninta yang sudah atau sedang hamil pasti pernah merasakan pase ini, dimana hilangnya nafsu makan.

Padahal janin yang didalam kandungan memerlukan banyak asupan nutrisi salah satunya dari makanan yang dikonsumsi ibu. Untuk menjadikan sang janin tumbuh sehat dan sempurna tanpa kekurangan satu hal apapun.

Artikel terkait:

5 Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 Paling Baik dan Recommended

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Kenapa Ibu Hamil 4 Bulan Tidak Nafsu Makan?

Penyebab Kehilangan Nafsu Makan Selama Kehamilan Mual atau morning sickness, muntah, dan kehilangan nafsu makan selama trimester pertama adalah gejala umum yang menjadi pengalaman kebanyakan ibu hamil. Ini adalah gejala normal awal kehamilan dan tidak ada alasan untuk khawatir. Kadang-kadang gejala melampaui trimester pertama, tetapi mereka biasanya bersifat sementara. Namun, apabila terjadi berkepanjangan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli medis karena akan menyebabkan terjadinya dehidrasi dan kekurangan gizi pada ibu dan janin. Ini dia Alasan kenapa bu hamil 4 bulan tidak nafsu makan:

Mual

Alasan utama anda kehilangan nafsu makan selama awal kehamilan anda adalah mual. Perasaan mual mengurangi keinginan Anda untuk makan. Mual dan muntah sering disebut sebagai “morning sickness”, karena biasanya terjadi di pagi hari, meskipun beberapa ibu hami  terus memiliki perasaan ini sepanjang hari dan malam. Dokter kandungan mengatakan bahwa gejala-gejala yang normal biasanya dimulai pada minggu keenam kehamilan dan akhir pada minggu kedua belas, tetapi untuk beberapa ibu hamil ini bisa berlangsung selama periode kehamilannya. Jika muntah parah dapat menyebabkan dehidrasi, dan jika berkepanjangan dapat menyebabkan kekurangan gizi yang tidak akan baik baik untuk ibu maupun bayi.

Ketegangan

Penyebab kehilangan nafsu makan lainnya adalah disebabkan oleh stres pada setiap tahap kehamilan selain itu kelelahan yang seringkali dialami oleh ibu hamil dapat memicu kehilangan nafsu makan pada usia kehamilan muda. Inilah yang menyebabkan ibu hamil kehilangan nafsu makan karena ketegangan yang dialami selama kehamilan.

Tumbuh Bayi

Beberapa wanita juga mengalami kehilangan nafsu makan selama tahap akhir kehamilan. Saat bayi Anda tumbuh, rahim Anda menekan pada perut, membuat Anda merasa kurang lapar. Anda juga mungkin merasa lebih kenyang, sehingga membuat anda kehilangan nafsu makan. Perasaan kenyang yang seringkali anda rasakan padahal kebutuhan nutrisi untuk bayi dan kesehatan anda belum tercukupi, sehingga tetap mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil sangat diperlukan.

Hormonal

Perubahan Selama kehamilan tubuh menyesuaikan dengan kehadiran janin di dalam rahim untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Progesteron, merupakan hormon wanita yang dapat meningkatkan penebalan dinding rahim, sehingga memerlukan adaptasi untuk mengakomodasi bayi. Namun, salah satu efek samping dari peningkatan progesteron adalah perlambatan bawah dari sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan.

Sembelit

Banyak wanita mengalami konstipasi selama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar progesteron dan dengan asupan zat besi tambahan yang diberikan oleh  dokter kandungan untuk ibu hamil. Ketika Anda sembelit Anda mungkin mengeluarkan tinja keras atau mengalami kesulitan buang air besar. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Sembelit juga dapat melanjutkan ke bagian akhir kehamilan ketika bayi dalam rahim membesar menekan pada perut, membuat sulit buang air besar. Hal ini dapat membuat Anda merasa kenyang, sehingga menghambat nafsu makan Anda.

Baca juga:

Makanan Sehat Ibu Hamil 4 Bulan

Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu Yang Dibutuhkan Para Ibu Hamil

Cara mensiasati dan mengatasi masalah tidak nafsu makan saat hamil.

1. Makan porsi sedikit, tapi sering

Bagi kebanyakan perempuan, melihat satu porsi makan besar lengkap dengan beragam lauk pauk kadang bisa bikin mual dan tidak nafsu makan saat hamil. Oleh karena itu, menurut Aviva Jill Room, penulis buku The Natural Pregnancy Book: Herbs, Nutrition, and Other Holistic Choices, makanlah dalam porsi yang lebih kecil tapi sering

2. Coba menu makanan baru

Mengatasi keluhan tidak nafsu makan saat hamil bisa jadi hanya sesederhana mengganti menu makanan Anda saat ini dengan menu makanan baru yang menggugah selera makan.

3. Hindari makanan yang berbau menyengat

Indera penciuman yang ekstra sensitif mungkin menjadi efek samping yang mengganggu bagi beberapa ibu hamil. Menghirup aroma makanan yang berbau terlalu tajam atau yang sangat berbumbu, semisal kare atau tumisan bawang putih

4. Minumlah air jahe, teh jahe, atau wedang jahe

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga nafsu makan saat hamil demi sang janin adalah mengatasi rasa mual Anda. Bisa dilakukan dengan meminum air jahe, teh jahe, atau wedang jahe.

Semoga Bermanfaat. Terimakasih…

Pengunjung Juga Mencari:

  • ibu mangandung 4 bulan
  • hamil membuatku tidak selera makan dan mual muntah
  • ibu hamil 4 bulan tidak nafsu makan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here