Kalsium Untuk Ibu Hamil Muda

  • Whatsapp
kalsium untuk ibu hamil muda
kalsium untuk ibu hamil muda

Kalsium Untuk Ibu Hamil Muda – Banyak sekali kebutuhan ibu hamil baik dari asupan makanan yang bergizi sampai dengan penunjang yakni vitamin. Apalagi untuk ibu hamil muda, karena dengan usia kandungan tersebut masih rentan akan dengan keguguran. Banyak sekali jenis vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil, untuk mendapatkan kehamilan yang berkualitas.

Vitamin sangat penting untuk menjaga kondisi ibu hamil itu sendiri, ataupun untuk janin yang sedang dikandungnya. Banyak sekali cara yang dilakukan ibu hamil agar janin yang dikandungnya mendapatkan asupan nutrisi yang optimal, salah satunya dengan mengkonsumsi vitamin. Nah, bagaimana dengan kalsium? Apa manfaat kalsium untuk ibu hamil muda? Berikui ini pemaparan mengenai dengan kalsium untuk ibu hamil  muda:

Kalsium Untuk Ibu Hamil Muda.

Artikel terkait:

Merk Vitamin Untuk Ibu Hamil 7 Bulan.

Vitamin Ibu Hamil Yang Bagus.

Mengapa kalsium sangat penting saat hamil?

Seperti yang Anda ketahui selama ini, kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Kalsium juga diperlukan untuk pertumbuhan hati, saraf, dan otot janin yang sehat. Juga, untuk mendukung perkembangan detak jantung janin yang normal.

Berapa kalsium yang dibutuhkan ibu hamil setiap hari?

Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil bertambah sebanyak 200 mg dari kebutuhan biasanya. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, kebutuhan ibu hamil berbeda-beda tergantung dari usia ibu hamil.

  • Ibu hamil yang berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan kalsium sebanyak 1400 mg per hari.
  • Ibu hamil yang berusia 19-29 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1300 mg per hari.
  • Ibu hamil yang berusia 30-49 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg per hari.

Seperti apa suplemen kalsium yang baik untuk ibu hamil?

Suplemen kalsium tersedia dalam berbagai bentuk, yang paling umum ditemukan adalah kalsium karbonat dan kalsium sitrat yang paling mudah diserap oleh tubuh.  Kalsium karbonat mengandung paling banyak  kalsium, tetapi membutuhkan asam lambung ekstra untuk membantu melarutkan, jadi lebih baik dikonsumsi sambil makan. Sedangkan karena kalsium sitrat tidak memerlukan asam lambung untuk penyerapan, ia dapat dikonsumsi di sela-sela waktu makan dan merupakan pilihan yang baik jika Anda minum obat maag yang mengurangi asam lambung.

Selain itu, cari juga produk tablet yang bebas timah. Beberapa suplemen kalsium (seperti yang mengandung bone meal, dolomit, atau karang) dapat mengandung sedikit timah, yang berbahaya bagi pertumbuhan bayi Anda.

Bagaimana cara memenuhi kebutuhan kalsium tersebut?

Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil bisa dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai makanan sumber kalsium. Salah satu sumber kalsium yang terkenal adalah susu. Susu dan produknya, seperti keju dan yogurt, merupakan sumber kalsium yang paling tinggi. Untuk memenuhi sisa kebutuhannya, Anda masih perlu mengonsumsi makanan sumber kalsium lainnya. Beberapa makanan lain yang mengandung kalsium adalah:

  • Sarden dengan tulangnya
  • Salmon dengan tulangnya
  • Ikan teri
  • Brokoli
  • Kale
  • Bokcoy
  • Roti putih
  • Es krim

Semoga bermanfaat, terimakasih…

Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan bakso?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Anggur?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *