Penyakit

8+ Jenis Penyakit Berbahaya Pada Bayi Baru Lahir

Jenis Penyakit Berbahaya Pada Bayi Baru Lahir

Jenis Penyakit Pada Bayi Baru Lahir – Halo, sahabat solusiibuhamil.com bertemu kembali dengan kami yang pastinya akan memberikan pembahasan-pembahasan atau menshering permasalahan-permasalan pada seputaran ibu hamil dan anak, maka dari itu jangan sungkan-sungkan untuk tetap mengikuti perkembangan updaten yang kami sheringkan setiap harinya.

Apa kabarnya untuk hari ini? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat dan semangat ya, untuk tetap optimis dalam menjalankan hidup sehat. Dengan banyak permasalahan yang telah kami shering sebelumnya mudah-mudahan menjadi referensi anda dalam menjalankan hidup sehat. oleh karena itu bantu kami untuk tetap mengembangkan pembahasan-pembahasan yang lebih lagi dengan meberikan saran.

Baca Juga : 8+ Solusi Pengganti Susu Untuk Anak Balita

Kali ini kami akan mebahas sekaligus menshering tentang jenis penyakit pada bayi baru lahir, setelah melahirkan tentunya permasalahn belum selesai, setelah sekian lama menunggu masa persalinan selama sembilan bulan mengandung tentunya ibu hamil akan ber anggapan permasalah akan selesai, namun tidaklah demikian maka dari itu kamiakan membahasa permasalah tersebut agar anda para orang tua bisa cepat dalam menangani hal tersebut yaitu mengenai jenis penyakit pada bayi baru lahir, berikut ini pemaparanya:

Jenis Penyakit Pada Bayi Baru Lahir

1. Batuk pilek

Batuk pilek pada bayi baru lahir disebabkan oleh virus. Daya tahan tubuh bayi yang baru lahir masih belum optimal sehingga membuat bayi rentan terkena gangguan virus. Beberapa gejala yang muncul adalah batuk, hidung meler dan demam tinggi.

Untuk mengatasinya, umumnya ibu akan disarankan untuk memberikan ASI yang banyak sebagai daya tahan tubuh bayi. Hindari memberikan antibiotik secara sembarangan pada bayi. Sebaiknya periksakan bayi ke dokter jika demam berlangsung beberapa hari dan kondisinya tidak membaik.

2. Eksim susu

Mungkin banyak bayi yang mengalami kondisi seperti ini dimana sering dikaitkan dengan percikan ASI yang menimpa pada pipi bayi. Hal ini menyebabkan  bayi mengalami penyakit eksim yang pada umumnya terdapat pada pipi bayi. Namun, anggapan tersebut hanyalah mitos dimana penyakit eksim susu dapat disebabkan oleh tiga faktor. Kondisi kulit bayi yang kering, cuaca yang cukup panas kotor dan berdebu serta adanya faktor keturunan dari orang tuanya  yang kemungkinan besar akan menimpa bayinya.

3. Sesak napas

Sesak napas juga merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh bayi baru lahir. Hal ini disebabkan oleh alergi atau infeksi yang menyebabkan radang paru-paru. Sesak napas ditandai dengan napas yang terlihat berat dan berbunyi disertai batuk. Anda bisa mengatasinya dengan penguapan atau meletakkan baskom berisi air panas yang ditetesi pelega pernapasan di dekat posisi tidur anak. Hal ini diperlukan untuk meredakan sesak napas pada anak.

4. Ruam 

Ruam pada bayi dapat terjadi di beberapa bagian tubuh seperti ruam di area popok dan ruam susu di sekitar pipi. Salah satu cara mengatasi ruam popok adalah dengan menjaga kebersihan di area genital. Sedangkan untuk mengatasi ruam susu, Anda bisa mengatasinya dengan memberi pelembap yang sesuai dengan jenis kulit bayi serta memakaikan bayi pakaian yang longgar dan nyaman.

5. Sakit kuning atau jaundice

Sakit kuning atau jaundice biasanya akan membuat kulit dan mata si kecil menjadi kuning. Penyebab penyakit ini adalah meningkatnya zat bilirubin, yaitu pigmen kuning yang dihasilkan oleh proses pemecahan hemoglobin di dalam hati.

6. Bayi sembelit

Sembelit juga merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi pada bayi. Beberapa penyebab bayi sembelit di antaranya adalah adaptasi pada makanan baru. Jika bayi ASI tidak buang air besar selama beberapa hari, belum tentu hal tersebut adalah sembelit. Hal ini bisa juga disebabkan oleh ASI bayi terserap sempurna sehingga bayi bisa tidak buang air besar selama beberapa hari.

7. Penyakit kuning

Jenis penyakit pertama yang sangat umum terjadi dan banyak menyerang bayi ialah penyakit kuning. Penyakit kuning ini akan menyerang bayi yang ditandai dengan warna kulit bayi yang menguning disertai dengan mata. Penyakit ini terjadi karena ada gangguan pada fungsi hati bayi. Kondisi ini disebabkan oleh zat bilubirin atau pigmen kuning yang ada di dalam sel darah merah bayi meningkat sehingga membuat seluruh kulit bayi menguning.

8. Penyakit Apnea

Jenis penyakit ini memang menjadi penyakit yang benar-benar harus Anda waspadai. Jenis penyakit ini termasuk pada jenis penyakit yang sangat rentan menyerang bayi terutama bayi baru lahir. Apnea ini diketahui sebagai suatu jenis penyakit yang membuat bayi tiba-tibatidak bernapas dalam hitungan detik. Jenis penyakit ini tentunya akan membuat para orang tua khawatir.

Nah, itu dia beberapa jenis penyakit bada bayi baru lahir mudah-mudahan bisa membantu anda dam pastinya akan sangan bermanfaat untuk menjadi bahan referensi anda dala mencari informasit. Terimakasih…

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Please disable your adblock for read our content.
Refresh