Daya Tahan Tubuh Lemah Saat Haid / Menstruasi

0
4
Daya Tahan Tubuh Lemah Saat Haid

Daya Tahan Tubuh Lemah Saat Haid – Haid merupakan pendarahan yang sering disebut dengan mensturasi hal ini  umum dialami oleh wanita dewasa atau wanita yang sudah baligh, bisa terjadi haid pada wanita kadang dimulai dari usia 11 tahun tergantung hormon yang dimiliki oleh wanita tersebut.

Haid atau mensturasi pada wanita biasanya disertai rasa sakit pada perut, dan terkadang akan mengalami lemah karena akan sedikit menguras daya tahan tubuh. Mengapa menjelang dan saat menstruasi perempuan lebih mudah terinfeksi flu? Bahkan juga sering seriawan saat menstruasi. Apakah ini normal?

Daya Tahan Tubuh Lemah Saat Haid

Menurut dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG, memang, ada hubungan antara penurunan daya tahan tubuh dengan menstruasi. Pada hari-hari terakhir menjelang menstruasi terjadi penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh secara bermakna. Menurunnya hormon estrogen ini memengaruhi permukaan kulit.

Pada dasarnya mekanisme ini alami dilakukan tubuh, dengan tujuan  meruntuhkan permukaan kulit dinding rahim. Namun, pada sebagian orang ini juga menyebabkan terjadinya seriawan.

Untuk mencegah seriawan dan menjaga daya tahan tubuh, jagalah pola makan dengan makanan bergizi. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin, yang dapat meningkatkan daya tahan jaringan kulit, seperti vitamin A, C, dan E.

Hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh wanita saat haid?

Menurut dr. Anita Amalia Sari: Pada orang yang daya tahan tubuhnya menurun mudah sekali terkena sariawan, flu dan batuk. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dapat dimulai dari hal yang setiap hari kita lakukan, antara lain:

1. Tidur

Cukupkan dan jagalah pola tidur
Hindari begadang sebisa mungkin, apalagi jika Anda wanita.
Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7- 8 jam setiap harinya.

2. Kurangi pikiran mencekam atau stres

Hidup ini terlalu sebentar untuk Anda sibukkan dengan pikiran-pikiran negatif. Waktu yang Anda habiskan untuk berserius-ria, sebaiknya seimbang dengan waktu relaksasi Anda. Perbanyaklah berkumpul bersama orang-orang yang menyenangkan dan dapat memberikan energi positif pada diri anda sehingga dapat membantumengurangi stres Anda.

3. Suplemen & nutrisi

  • Vitamin D
    Beberapa suplemen juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Vitamin D terbukti dapat meningkatkan imun tubuh seseorang, oleh karenanya mengkonsumsi vitamin D baik yang berupa suplemen atau dari sumbernya langsung seperti ikan salmon dan ikan tuna sangat baik untuk tubuh.
  • Vitamin C
    Selain vitamin D, vitamin C juga terbukti berperan sebagai antioksidan pada tubuh kita. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan jambu biji juga dapat dilakukan.
  • Zinc
    Selain kedua vitamin tersebut, suplemen zink juga dapat membantu menigkatkan daya tahan tubuh. Mineral zink sangat baik untuk menjaga kondisi saluran pencernaan kita, serta sebagian besar sistem perlindungan tubuh kita terdapat di saluran pencernaan. Jika saluran cerna bermasalah, akan memudahkan Anda untuk terserang infeksi.

Adapun menurut dr.Anthony Maleachi

Siklus menstruasi dialami normal oleh wanita yang sudah matang organ reproduksinya dengan siklus normal 28-35 hari sekali. Menstruasi sendiri dipengaruhi oleh hormon estrogen dan hormon progesteron. Normal nya, 14 hari sebelum haid selanjutnya akan terjadi ovulasi/pelepasan sel telur yang matang dari indung telur, pada masa ovulasi ini lah mood wanita mencapai puncak nya (bahagia, merasa tak terkalahkan, semangat) dikarenakan lonjakan hormon Estrogen.

Pada hari menjelang haid selanjutnya, hormon estrogen akan digantikan oleh hormon progesteron, pada saat inilah wanita akan mengalami perubahan mood (perubahan mood mendadak, berjerawat, sensi, sakit, nyeri sendi, rasa lelah mendadak). ini biasa kita kenal dengan sebutan PMS(pre menstruation syndrome)

Jika sel telur tadi dibuahi oleh sperma, maka haid tidak akan terjadi, yang terjadi adalah hormon progesteron akan semakin melonjak karena dibutuhkan untuk menjaga kehamilan tetap kuat.

Jika sel telur tadi tidak dibuahi, maka 14 hari setelah ovulasi akan terjadi peluruhan dinding rahim yang tadinya dipersiapkan untuk janin, sehingga terjadi peristiwa Haid.

Nah, pada masa sebelum haid atau yang kita kenal dengan PMS, kekebalan tubuh wanita memang akan menurun, sehingga dapat dengan mudah terjangkit penyakit, hal tersebut merupakan hal yang normal terjadi, bukan merupakan penyakit. Seiring berjalan nya usia, maka hormon reproduksi tersebut akan lebih stabil, pada beberapa orang sistem kekebalan tubuhnya akan tetap normal

Cara untuk mencegah sakit saat haid :

  • Makan makanan bergizi dan cukup asupan vitamin (terutama vitamin C)
  • Jangan malas bergerak, jika memungkinkan lakukan olahraga yang biasanya dilakukan, dengan olah raga dapat membantu mengeluarkan hormon oksitosin yang dapat membantu anda merasa lebih bahagia, selain itu olah raga memperkuat kekebalan tubuh kita.
  • Lakukan hal yang membuat kita bahagia (melakukan Hobi)
  • Relaksasi seperti yoga dapat membantu
  • Mengkompress hangat bagian perut bawah untuk mengurangi rasa sakit.
  • dapat mengkonsumsi obat pereda rasa sakit jika rasa sakit dirasakan mengganggu.
  • Hubungi dokter jika gejala sakit tidak tertahankan atau ada gejala lain yang sangat mengganggu aktifitas

Nah, itu dia beberapa tanggapan mengenai daya tahan tubuhlemah saat haid, semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here