Cara Mempercepat Pemulihan Pasca Melahirkan Normal

0

Cara Pemulihan Pasca Melahirkan Normal – Hello sahabat Solusi Ibu Hamil semuanya, Setelah melahirkan, tentunya semua wanita ingin segera kembali pada tubuh idealnya dimana sebelum waktu hamil, namun wanita yang telah melahirkan haruslah bersabar dengan proses yang sedang dialaminya dimana pasca melahirkan kondisi tubuh akan sedikit berbeda dengan kata lain akan sedikit berisi.

cara pemulihan pasca melahirkan normal

Yang menjadi permasalahnnya adalah kebanyakan wanita tidak ingin kondisi badan yang berisinya itu berkelanjutan. Dengan demikian banyak sekali cara-cara yang bisa dilakukan oleh wanita yang baru belahirkan agar kondisi badannya bisa kembali pada waktu sebelum melahirkan, berikut ini cara pemulihan pasca melahirkan normal.

( BACAMultivitamin Stimuno Untuk Balita )

Cara Pemulihan Pasca Melahirkan Normal

Bukan hanya saja bentuk tubuh yang harus dipulihkan pasca melahirkan banyak sekali hal-hal yang perlu dipulihkan pasca melahirkan agar kondisi badan bisa beraktivitas dengan biasanya dan sewajarnya seperti sebelum hamil dan melahirkan, baik dari sisi kesehatan, kekuatan, dan lain sebagainya. Berikut ini cara pemulihan pasca melahirkan normal yang tentunya bukan hanya saja bentuk tubuh yang menjadi hal utama kebanyak wanita pasca melahirkan:

  • Makan teratur

Mengurus bayi baru lahir tentu akan menyita waktu anda. Maka dari itu, jadwal makan pun seringkali jadi berantakan. Jika diabaikan, kondisi ini bisa memengaruhi kesehatan dan proses pemulihan tubuh anda karena minimnya sumber nutrisi. Energi yang cukup dari makanan merupakan salah satu hal yang Mama butuhkan untuk cepat pulih. Selain itu, asupan nutrisi yang cukup juga membantu dalam produksi air susu ibu (ASI).

Jika anda tak sempat memasak sendiri, anda bisa memanfaatkan jasa catering harian atau mungkin meminta bantuan orang lain untuk memasak. Siapkan camilan yang mudah dikonsumsi secara langsung agar perut anda tak kosong di jeda waktu makan, misalnya berupa buah, kacang atau roti. Yang tak kalah penting, jaga juga kebutuhan cairan anda dengan cukup minum air putih, ya.

  • Jangan terlalu lelah

Jika tubuh anda terasa lelah untuk menerima kunjungan dari teman atau keluarga, maka sampaikan secara halus. Melahirkan, menyusui dan mengurus bayi adalah masa yang melelahkan. Jadi anda harus bisa menjaga energi dan cukup istirahat. Mintalah teman atau keluarga berkunjung beberapa hari setelah anda keluar dari rumah sakit.
  • Senam kegel

Senam kegel bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk proses pemulihan tubuh, terutama di area panggul dan vagina tapi hati-hati ya. Jika terasa masih sulit dan nyeri, maka jangan paksakan diri anda untuk melakukannya. Kehamilan dan persalinan bisa mengubah otot dasar panggul anda, akibatnya tekanan panggul pun jadi terasa tidak nyaman. Nah, senam kegel pun bisa menjadi solusinya. Apabila Mama sudah bisa melakukan senam kegel selama beberapa hari dan sudah yakin mampu melakukan gerakan-gerakan yang lebih banyak, anda bisa memilih jenis olahraga lainnya, misalnya dengan berjalan kaki.
  • Minum multivitamin jika diberikan

Apabila dokter meresepkan multivitamin untuk andakonsumsi secara teratur, maka taatilah anjuran tersebut. Banyak perempuan berpikir bahwa setelah hamil maka tubuh tak memerlukan cukup vitamin dan mineral lagi. Padahal komponen ini justru masih dibutuhkan oleh anda saat menyusui, juga saat masih dalam tahap pemulihan. Menurut Ross, saat menyusui bahkan tubuh anda membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral dibandingkan saat hamil. Beberapa jenis vitamin yang penting untuk ibu menyusui di antaranya vitamin D dan asam lemak omega 3.

  • Merawat Diri Sendiri

Pada Minggu Pertama setelah Melahirkan

Mungkin Anda akan merasa sangat lelah pada hari-hari awal setelah melahirkan. Berjalan atau bergerak pun terasa seperti melakukan pekerjaan yang berat. Oleh karena itu, lakukan perawatan pasca melahirkan berikut ini agar Anda cepat pulih.

  1. Saat bayi tidur, usahakan Anda juga ikut tidur.
  2. Mintalah bantuan keluarga untuk melakukan urusan di rumah selama beberapa hari setelah Anda melahirkan.
  3. Mintalah bantuan orang lain yang menyiapkan makanan Anda.
  4. Penuhi kebutuhan cairan dan menambah asupan cairan selama Anda dalam masa menyusui.
  5. Bawalah bayi Anda berjalan-jalan sebentar keluar rumah agar Anda tidak bosan. Biasanya, variasi kegiatan bisa membuat rasa lelah berkurang.
  6. Mintalah petunjuk dokter dalam aktivitas tertentu, seperti cara merawat luka bekas melahirkan, saat akan kembali rutin melakukan hubungan seks, dan ketika Anda akan mulai rutin berolahraga.
  7. Batasi kedatangan saudara, teman, dan keluarga yang akan menjenguk agar Anda dan bayi dapat cukup beristirahat.
  8. Pakailah losion atau krim khusus sesuai anjuran dokter untuk memudarkan stretch mark.
  9. Bila kaki Anda bengkak, posisikan kaki lebih tinggi untuk mengurangi bengkak.
  10. Tidak perlu memaksakan diri untuk segera menurunkan berat badan.
  11. Pakailah bra dengan ukuran yang tepat dan bahan yang nyaman untuk mengurangi sakit di daerah dada.
  12. Rutin periksa ke dokter untuk memantau kesehatan pasca melahirkan.
  13. Konsumsi makan makanan berserat dan cukup minum air putih untuk melancarkan pencernaan dan mempermudah buang air besar.
  14. Komunikasikan pada teman atau keluarga apabila Anda mengalami kesedihan pasca melahirkan (baby blues). Jika rasa sedih masih ada setelah lewat dari dua minggu, Anda dianjurkan berkonsultasi kepada dokter.
  15. Jika terjadi sembelit atau wasir, disarankan untuk segera menghubungi dokter.
  16. Luangkan waktu untuk diri sendiri agar Anda punya tenaga untuk merawat bayi.

 Setelah Enam Minggu Melahirkan

Anda harus tetap memeriksakan diri untuk memastikan Anda tetap sehat dan mulai pulih. Hal-hal ini dapat Anda lakukan pada enam minggu setelah melahirkan:

  1. Periksa bekas jahitan apabila Anda mendapatkan jahitan pada saat melahirkan.
  2. Periksa berat badan untuk mengetahui apakah Anda sudah kembali ke berat badan ideal, sekaligus tetap mengatur pola makan sehat.
  3. Konsultasikan kepada dokter jika Anda memiliki keluhan, seperti perasaan depresi, cemas, sakit saat berhubungan seks, atau sulit buang air kecil.
  4. Pertimbangkan juga untuk mulai memilih dan menggunakan alat kontrasepsi.

Nah, itu dia beberapa cara pemulihan pasca melahirkan normal yang bisa anda lakukan agar kondisi tubuh dan badan anda bisa kembali pulih secara opltimal, semoga bermanfaat. Terimakasih….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here