6 Cara Naikan Daya Tahan Tubuh Anak Balita

0
1
cara naikan daya tahan tubuh anak balita

Cara Naikan Daya Tahan Tubuh Anak Balita – Hal ini pastilah sangat rumit teruntuk bagi anda perempuan yang baru menjadi ibu, Nada harus sering-sering berkonsultasi kepada orang yang berpengalaman atau kepada orang yang ahli di bidang ini. Agar anda bisa lebih gampang untuk menjaga agar kondisi anak anda dalam keadaan sehat.

Daya tahan tubuh anak balita memanglah perlu dipelajari, karena daya tahan tubuh anak balita masih sangat rentan dibandingkan dengan orang dewasa. Apabila sudah terjadi menurunya daya tahan tubuh anak balita anda,  janganlah khawatir kami akan paparkan sedikit mengenai cara naikan daya tahan tubuh anak balita. Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan:

Cara Naikan Daya Tahan Tubuh Anak Balita

  • Penuhi kebutuhan nutrisinya

Pada bayi yang baru lahir, ASI merupakan makanan utama sebagai antibodi yang meningkatkan sisitem kekebalan tubuh pada bayi. Ini dilakukan setidaknya sampai dua atau tiga bulan pertama, sesudahnya, Anda bisa memberikan susu kombinasi dengan susu formula.

  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Selain menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak, Anda harus mengawasi juga kebersihan tubuh anak. Misalnya selalu rutin membersihkan tangan dengan tisu basah atau dengan air. Sebab anak seringkali memasukkan tangannya ke mulut. Pastikan juga kebersihan mainan dan jaga kebersihan bintang peliharaan dan kandangnya. Kemudian, bila terjadi luka saat bermain, segera bersihkan dengan air dan diobati.

  • Pantau waktu tidurnya

Studi menunjukkan orang dewasa yang kurang tidur akan mudah sakit karena sistem kekebalan tubuhnya gagal melawan virus, bakteri, atau sel kanker.

Hal ini berlaku juga pada anak-anak. Ketika bayi, waktu yang dibutuhkan untuk tidur adalah 18 jam, kemudian balita membutuhkan 12 sampai 13 jam, dan anak prasekolah membutuhkan sekitar 10 jam sehari untuk tidur. Bila anak tidak sempat tidur siang, maka cobalah untuk tidur lebih awal.

  • Rutin memeriksa kesehatan anak ke dokter

Pergi ke dokter bukan hanya ketika anak sedang sakit, Anda perlu memeriksakan kesehatan tubuh anak secara berkala. Ini dilakukan untuk mengecek kemungkinan terjadinya penyakit yang gejalanya seringkali disepelekan.

Ketika anak sakit, Anda juga tidak boleh memaksakan dokter untuk memberikan antibiotik atau melakukan tes pencitraan (CT Scan atau rontgen). Sebab, penyakit yang sering terjadi pada anak sering disebabkan oleh virus. Bila diberikan antibiotik, bakteri tertentu malah menjadi resisten terhadap obat.

  • Bermain di lingkungan

Seringkali orang tua khawatir pada anak yang bermain kotor-kotoran padahal dengan bermain di lingkungan maka sistem kekebalan tubuh anak akan berkembang sepenuhnya. Meskipun kondisi anak bermain di halaman akan terkena paparan kotor yang membantu dalam melacak jumlah patogen dalam melatih sistem imun akan tetapi di sisi lain akan berpotensi menguntungkan dan mendukung sel tubuh dalam memerangi infeksi.

  • Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan imunitas diantaranya :

  1. Susu kedelai yang mengandung flavonoid yang dapat menambah daya tahan tubuh. Flavonoid sejeni pigmen yang sering terdapat pada tanaman hijau yang dapat meningkatkan sistem imunitas.
  2. Ikan dan Telur mengandung seng yang dapat meningkatkan perkembangan tubuh, memperkuat imunitas dan menambah inteligensi.
  3. Madu merupakan sumber protein penting yang dapat meningkatkan imunitas. Selain itu mampu dapat menjaga stamina tubuh dan baik dikonsumsi setiap hari.
  4. Prebiotik adalah bakteri baik di dalam pencernaan yang banyak terdapat makanan olahan seperti yogurt atau beberapa makanan seperti gandum, pisang, madu dan juga kacang-kacangan.
  5. Vitamin C mampu meningkatkan ketahanan tubuh anak dari infeksi dan juga menyembuhkan luka. Dapat mengkonsumsi suplemen atau kandungan vitamin C yang alami dari buah dan sayur.

Nah, itu dia beberapa hal cara naikan daya tahan tubuh anak balita agar anda lebih mudah untuk menjaga kecerian pada sang anak. semoga sedikit banyak bisa membantu anda yang membutuhkan. karena kesehatan anak lebih penting dari apapun. Ada pribahasa mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, pribahasa tersebut sangatlah pas diterapkan dalam hal ini. jadi jadilah orang tua yang bijak dan pintra dalam urusan kesehatan anak. Karena anak adalah segalanya. Terimakasih,, tetap sehat tetap semangat salam dari kami….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here