Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring Ke Kanan, Apakah itu Baik Untuk Janin?

Kenapa ibu hamil dianjurkan untuk tidur miring ke kiri

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring Ke Kanan? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, silahkan anda simak sharing solusiibuhamil.com kali ini sampai selesai ya!

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring Ke Kanan?

Seorang Ibu hamil dianjurkan untuk tidur miring, tapi tidak sembarangan miring. Saat sedang hamil, sebaiknya menghindari tidur menghadap ke samping kanan, atau sambil menindih lengan kanan.

Kenapa Demikian? Dikutip dari Tabloid Nakita, Dailymail.co.uk mengabarkan para peneliti dari University of Auckland, Selandia Baru, mengungkapkan bahwa ibu hamil yang tidur menghadap ke kanan saat hamil tua berisiko mengalami kelahiran mati (keguguran setelah usia 20 minggu).

Kenapa ibu hamil dianjurkan untuk tidur miring ke kiri?

Tidur miring ke kiri akan meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke plasenta dan janin. Ginjal ibu hamil juga akan bekerja lebih efisien, dengan menghilangkan cairan dan “sampah” dari dalam tubuh. Dengan posisi ini, cairan yang menumpuk di kaki dan tangan, yang membuat kaki membengkak akan berkurang. Yang terutama, posisi ini juga akan mengurangi aliran darah ke jantung dan menyebabkan penurunan aliran jantung.

Advertisement
bolehkah ibu hamil tidur miring ke kanan
Bolehkah ibu hamil tidur miring ke kanan?

Posisi yang paling tidak disarankan untuk ibu hamil adalah telentang, khususnya selama trimester akhir. Tidur dengan posisi telentang akan membuat rahim menekan tulang belakang, otot punggung, usus, dan pembuluh darah utama. Akibatnya, punggung jadi sakit, ambeien, dan penurunan peredaran darah, yang membuat Anda tidak nyaman dan menurunkan peredaran darah ke janin. Anda juga bisa jadi pusing, tekanan darah rendah, mengorok, menambah berat badan, dan mengalami sleep apnea (gangguan henti nafas).

Baca Juga :

Untuk memudahkan Anda, sebaiknya biasakan tidur miring ke kiri sejak awal kehamilan. Tidur dengan posisi yang sama sepanjang malam memang tidak akan nyaman, jadi Anda pun perlu mengubah posisi dari sisi kiri ke kanan. Meski begitu, sebaiknya Anda lebih banyak miring ke kiri demi kesehatan Anda dan bayi di dalam kandungan.

Tips Agar Bisa Tidur Miring dengan Nyaman

Berikut ini adalah beberapa tips agar saat tidur dengan posisi miring bisa nyaman untuk ibu hamil:

  • Hindari minuman yang mengandung kafein seperti soda, kopi, dan teh.
  • Hindari makan terlalu banyak beberapa jam sebelum tidur. Lebih baik Anda makan lebih banyak saat sarapan dan makan siang, dan makan lebih sedikit pada malam hari. Penuhi kebutuhan nutrisi dan minum air putih sepanjang hari.
  • Biasakan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari.
  • Hindari latihan terlalu berat menjelang tidur, dan lakukan kegiatan yang merileksasi seperti berendam dalam air hangat selama 15 menit, minum susu hangat dengan tambahan madu.
  • Terbangun karena kram? Tekan-tekan kaki Anda dengan kuat ke dinding. Tambahkan asupan kalsium ke dalam menu makan Anda untuk menghindari kram.
  • Jika Anda kurang tidur pada malam sebelumnya, coba ganti dengan tidur siang selama 30-60 menit.

Posisi Tidur Yang Baik untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa posisi tidur ibu hamil yang baik dan direkomendasikan oleh ahli kesehatan:

  • Gunakan bantal
    Bantal dapat membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman. Bila ibu hamil merasa sesak napas atau napas terasa berat, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Bila ibu hamil merasakan nyeri pada ulu hati, letakkan beberapa bantal untuk mengganjal kepala dan punggung agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi.

    Ibu hamil bisa tidur dalam posisi setengah duduk untuk membantu asam lambung tidak naik. Sementara itu, untuk menyangga tubuh dalam posisi menyamping ke kiri, Anda dapat meletakkan bantal di bagian samping perut dan di antara kedua tungkai atau lutut. Ibu hamil juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman.
  • Menyamping ke kiri
    Sebagian ahli menganjurkan ibu hamil untuk tidur dalam posisi menyamping ke kiri. Hal ini bertujuan memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. Selain itu, berbaring menyamping ke kiri membuat lambung berada pada posisi yang nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan. Posisi tidur seperti ini juga disebut baik untuk mengatasi keluhan mendengkur saat hamil.

    Posisi tidur menyamping ke kiri juga dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, tungkai kaki, dan tangan. Hal itu karena posisi tersebut membantu ginjal bekerja lebih leluasa dalam membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh. Bila ginjal menahan cairan dan zat sisa, ibu hamil bisa mengalami pembengkakan atau edema. Namun, sebagian ahli menyatakan tidak perlu terlalu memusingkan apakah menyamping ke kiri atau ke kanan, selama posisi tersebut membuat ibu hamil merasa nyaman.
  • Hindari posisi telentang
    Setelah memasuki usia kehamilan trimester kedua, terutama setelah bulan kelima, ibu hamil dianjurkan untuk tidak tidur dalam posisi telentang. Tekanan pada pembuluh darah besar, yaitu aorta dan vena cava inferior, bisa meningkat bila ibu hamil tidur dalam posisi telentang. Tekanan ini bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, termasuk ke janin.

Nah, itu dia informasi terkait boleh atau tidaknya seorang ibu hamil todur miring ke kanan, semoga bermanfaat untuk semuanya ya! Terima kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*