Bolehkah Ibu Hamil Minum Larutan Cap Kaki Tiga Untuk Panas Dalam?

  • Whatsapp

Bolehkah Ibu Hamil Minum Larutan Cap Kaki Tiga Untuk Panas Dalam? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, kami coba mencari informasi dari berbagi sumber yang tentunya bisa dipertanggung jawabkan. Silahkan simak sharing solusiibuhamil.com kali ini sampai selesai ya! 🙂

Bolehkah Ibu Hamil Minum Larutan Penyegar?

Saat sedang hamil, apapun yang di konsumsi oleh ibu hamil akan dapat memengaruhi kondisi janin baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian, Seorang ibu hamil perlu lebih selektif dalam memilih jenis makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.

Menurut salah satu dokter bernama Dr. Yuniar Cahyania Intani, Pada umumnya larutan penyegar yang dijual di pasaran masih relatif aman dikonsumsi untuk ibu hamil selama dikonsumsi tidak berlebihan. 

Baca Juga : 7 Merek Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Di Apotik

Namun dibandingkan dengan mengkonsumsi larutan penyegar yang masih mengandung bahan kimia, alangkah baiknya apabila Anda mengalami keluhan radang tenggorokan atau panas dalam dengan bahan alami seperti meminum air lemon yang ditambah dengan madu atau memperbanyak minum air putih dengan ditambah istirahat yang cukup biasanya keluhan Anda akan membaik.

Larutan penyegar yang banyak dijual dalam kemasan kaleng maupun botol sebenarnya tidak berbahaya jika diminum ibu hamil, selama dalam dosis yang tidak berlebihan. Selain itu, pastikan juga Ibu Hamil membeli yang mereknya terjamin, aman dan legal.

Dalam artian, larutan penyegar yang Bunda konsumsi bukan yang dijual sembarangan atau tidak memiliki izin legal.

Jadi, Bunda boleh saja mengonsumsi minuman larutan penyegar saat hamil, tapi tidak boleh berlebihan dan harus tetap sesuai dosis yang dianjurkan, ya.

Hindari menjadikan larutan penyegar sebagai satu-satunya pengobatan, terutama jika Bunda sedang dehidrasi atau sedang mengalami panas dalam serta radang tenggorokan.

Menjadikan larutan penyegar sebagai pengobatan utama, sehingga kemudian meminumnya terus-menerus, justru akan memicu datangnya masalah baru. Terutama berkaitan dengan risiko naiknya gula darah dikarenakan kandungan pemanis dalam larutan penyegar.

Bahaya Minum Larutan Untuk Sakit Tenggorokan Pada Ibu Hamil

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari dr. Danny, Pada saat hamil maka wajar jika seseorang mengalami suatu radang pada tenggorokan. Radang pada tenggorokan atau yang biasa disebut dengan faringitis dapat menyebabkan gejala seperti:

  • Nyeri menelan
  • Batuk
  • Demam
  • dll

Konsumsi minuman penyegar seperti lasegar biasanya tidak menyebabkan suatu bahaya bagi kehamilan. Tetapi sebaiknya jika keluhan radang tenggorokan masih terus terjadi, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat diperiksa secara langsung, dan nanti dokter akan meresepkan obat yang memang aman untuk kehamilan. Disarankan selama masa kehamilan agar tidak mengkonsumsi sembarang obat.

Baca Juga :Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Yang Aman Untuk Lambung

Aturan minum larutan penyegar untuk ibu hamil

Berikut ini adalah beberapa Aturan Minum yang harus bunda ketahui disaat ingin minum larutan penyegar!

Dalam kemasan kaleng larutan penyegar , rata-rata tercantum bahwa dosis minum untuk pengobatan panas dalam orang dewasa adalah 3 kali sehari ½ sampai 1 kaleng.

Sementara untuk pencegahan panas dalam, dosis yang tercantum adalah 1 kali sehari 1 kaleng.

Ini berarti, Bunda sebaiknya tidak meminum larutan penyegar lebih dari dosis yang telah dianjurkan tersebut.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Kelapa Muda?

Akan jauh lebih baik jika Bunda minum kurang dari dosis tersebut, namun dibarengi dengan melakukan pengobatan lainnya jika sedang mengalami panas dalam. Misalnya dengan mengonsumsi obat yang memang sudah diresepkan oleh dokter kandungan.

Baiklah, demikian yang bisa kita share terkait Boleh atau Tidaknya Ibu Hamil Minum Larutan Untuk Panas Dalam. Semoga informasi ini bermanfaat untuk bunda semuanya ya. Aamiin

Apabila bunda memiliki pertanyaan, silahkan bisa langsung bertanya pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini ya! Terima kasih

Sumber : Alodoker, Popmama

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *