Bolehkah ibu hamil minum kopi good day setiap hari?

Bolehkah ibu hamil minum kopi good day setiap hari

Bolehkah ibu hamil minum kopi good day ? Apabila seorang Ibu hamil ingin minum kopi, sebaiknya memerhatikan jumlahnya setiap hari. Karena Kopi tersebut dapat menyebabkan dampak buruk pada ibu hamil dan janin Apabila Kopi tersebut diminum secara berlebihan. 

Bolehkah ibu hamil minum kopi setiap hari?

Sebenarnya bukan hanya asupan kopi saja yang harus dibatasi oleh seorang ibu yang sedang hamil, namun juga makanan dan minuman lain yang mengandung kafein. Salah satu contoh makanan atau minuman mengandung kafein, yaitu cokelat, minuman ringan dan teh.

bolehkah ibu hamil minum kopi

Selain itu, kafein juga biasanya ditambahkan ke dalam obat flu dan minuman pembangkit tenaga (energy drink). Perhatikan apa pun yang Anda konsumsi dan baca informasi mengenai kandungan yang tertera pada kemasan.

Risiko Ibu Hamil Minum Kopi

Umumnya, minum terlalu banyak kopi dapat menimbulkan gejala kecemasan, kecanduan, insomnia atau susah tidur, jantung berdetak kencang, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, sering pipis, migrain dan tremor. Selain itu, kafein di dalam kopi dapat menembus plasenta ibu hamil dan bisa berdampak pada janin yang dikandung.

Advertisement

Untuk anda para Ibu hamil yang sampai saat ini punya pertanyaan “Bolehkah ibu hamil minum kopi good day, luwak dan juga mix“, Berikut ini adalah Beberapa risiko minum kopi pada ibu hamil dan janin yang harus bunda ketahui:

  • Ibu hamil mengalami refluks asam lambung
  • Anemia
  • Keguguran
  • Bayi lahir dengan berat badan yang rendah
  • Bayi lahir

Selain itu, Ada beberapa risiko lain apabila seorang Ibu hamil minum kopi berlebihan di saat perut kosong yang antara lain sebagai berikut:

1. Asam Lambung Meningkat
Minum kopi pada saat perut kosong dapat meningkatkan asam lambung. Kadar asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pencernaan sepanjang hari.

Efek lainnya adalah merasa mulas yang bisa mengganggu aktivitas sang ibu. Bahayanya lagi, jika terjadi pada kehamilan trimester kedua atau ketiga, karena bisa menstimulasi kontraksi palsu.
Sebaiknya, Sang Ibu Hamil memilih kopi dengan kandungan zat asam yang rendah seperti kopi Sumatera. Ini lebih aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

asam lambung meningkat saat hamil

2. Menimbulkan Kecemasan
Makanan memberikan efek menenangkan pencernaan, sementara kopi memiliki efek sebaliknya.
Untuk mengatasi masalah ini, seseorang harus makan terlebih dulu sebelum minum kopi. Ini dilakukan sebagai upaya menyeimbangkan kesehatan pencernaan.

Dampak KECEMASAN selama kehamilan

3. Menurunnya Hormon Serotonin
Kopi memang baik untuk tubuh jika diminum sesuai takaran. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Mama minum kopi. Jangan lebih dari dua cangkir dalam satu hari dan makan dulu sebelum minum kopi atau jangan minum kopi dalam keadaan perut kosong.

Konsumsi kafein saat pagi hari menghambat produksi serotonin, yang merupakan neurotransmitter. Padahal, serotonin bisa memberikan dampak perasaan senang dari dalam diri. Penyebab utama dari depresi atau penyakit kejiwaan adalah karena kurang hormon serotonin.

Selain itu, Minum kopi dalam keadaan perut kosong, juga bisa menyebabkan mood swing secara tiba-tiba.

Berapa Takaran Kopi Yang Ideal Untuk Seorang Ibu Hamil?

Batas maksimal konsumsi kafein bagi ibu hamil dalam sehari adalah 200 mg atau sekitar dua cangkir kopi instan. Untuk itu, perhatikan kandungan kafein dalam teh, kopi, cokelat dan makanan lain yang tertera pada label kemasan. Jangan sampai konsumsi kafein melebihi batas toleransi pada ibu hamil.

Berikut jumlah umum kafein dalam makanan dan minuman:

  • 60-200 mg kafein dalam satu cangkir kopi seduh.
  • 140 mg kafein dalam satu cangkir kopi saring.
  • 100 mg kafein dalam satu cangkir kopi instan.
  • 40 mg kafein dalam satu ebotol soda.
  • 75 mg kafein dalam satu cangkir teh.
  • 25-50 mg kafein dalam 50 g cokelat.

Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi lebih dari dua cangkir kopi per hari sebelum hamil, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kopi secara perlahan sejak awal kehamilan.

Untuk menggantikan kebiasaan ibu hamil minum kopi, cobalah untuk mengonsumsi minum sehat yang menyegarkan seperti aneka jus buah, jus sayuran, air kelapa, atau infused water. Jika perlu, tanyakan ke dokter untuk mengetahui takaran minum kopi yang diperbolehkan, sesuai kondisi kehamilan Anda.

Baiklah, semoga dengan adanya sharing artikel kita kali ini terkait Boleh atau Tidak Ibu Hamil minum kopi bisa membantu dan bermanfaat untuk bunda sekalian ya. Apabila merasa artikel ini dapat membantu banyak orang, silahkan bunda share sebanyak-banyaknya artikel ini kepada teman bunda lainnya ya. Terima kasih

Sumber: popmama.com, Alodokter.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*