Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Campur?

bolehkah ibu hamil minum es campur

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Campur? Minum air putih yang cukup selama hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil dianjurkan untuk minum 8-12 gelas air setiap harinya. Jika tidak, ibu hamil berisiko mengalami dehidrasi.

Tapi karena bosan dengan air putih biasa, tidak sedikit ibu hamil yang mengonsumsi air es atau minuman dingin lainnya, seperti susu atau jus yang dicampur es. Apalagi ibu hamil memang lebih mudah kegerahan, sehingga minuman dingin dapat sangat menggoda.

bolehkah ibu hamil minum es campur

Apakah ibu hamil boleh minum es campur? untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan bunda simak sharing artikel solusiibuhmil.com kali ini sampai selesai ya!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Campur?

Seorang Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RSUD bernama Prof. Dr. Margono Soekarjo mengatakan bahwa seorang ibu hamil perlu menghindari minuman atau air dingin yang memiliki kandungan gula yang tinggi seperti Es teh manis, Es campur, dll karena dapat memicu diabetes gestasional.

Advertisement

“Misalnya, es teh manis, es jeruk manis, es campur, es teler, es sirup, dan lain sebagainya perlu dibatasi karena asupan gula yang tinggi pada ibu hamil dapat memicu diabetes gestasional atau tipe diabetes yang terjadi pada wanita hamil,” tutur Margono.

Dari perkataan Dr. Margono Soekarjo diatas, sangat jelas sekali bahwa Ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi es campur karena semua itu ditakutkan dapat memicu diabetes gestasional.

“Kalau minum air putih dingin bagaimana? apakah itu diperbolehkan?”

Ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat terkait ibu hamil minum es atau mengonsumsi makanan dingin. Salah satunya adalah minum es dapat menyebabkan bayi sakit, atau lahir dengan ukuran dan berat badan di atas rata-rata. Faktanya, hal tersebut tidaklah benar.

“Kalau memang itu tidak benar? Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan bayi lahir dengan berat badan di atas rata-rata?”

Ukuran dan berat badan bayi itu sebenarnya tidak dipengaruhi suhu minuman atau makanan yang dikonsumsi ibu saat hamil. Bayi dapat terlahir dengan ukuran dan berat badan yang besar jika:

  • Memiliki faktor keturunan atau genetik untuk tubuh yang besar.
  • Ibu hamil memiliki riwayat melahirkan bayi dengan berat badan besar.
  • Ibu hamil menderita diabetes gestasional.
  • Bayi lahir melebihi waktu yang diperkirakan.

Sebaliknya, minum air es saat hamil justru memiliki beberapa manfaat bagi kehamilan, yaitu mencegah tubuh ibu hamil kepanasan, serta membantu merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Teh Tawar atau Manis Tiap Hari?

Jika Bumil khawatir karena tidak merasakan pergerakan Si Kecil seperti biasa, minum es dapat merangsangnya untuk bergerak. Saat minum es, suhu dingin bisa dirasakan oleh bayi sehingga merangsangnya untuk bergerak.

Tips atau Cara Aman Mengonsumsi Es / Air Dingin Saat Hamil

Sebelum minum air dingin, ada baiknya ibu perhatikan dulu tips-tips berikut:

  • Pastikan air dingin atau es yang akan ibu minum steril dan tidak terkontaminasi. Bila es yang ibu minum berasal dari air yang belum matang atau sudah terkontaminasi bakteri, maka ibu berisiko terkena infeksi. Jadi, bila ibu ingin minum air dingin, sebaiknya gunakan es batu yang dibuat sendiri dengan menggunakan air matang. Dan usahakanlah membawa botol minum sendiri saat ibu ingin makan di luar rumah.
  • Saat ingin minum air dingin, daripada mengonsumsi minuman yang ditambahkan es batu ke dalamnya, lebih baik ibu hamil mengonsumsi minuman yang sudah didinginkan terlebih dulu sebelumnya di lemari pendingin.
  • Kalau ibu bosan minum air putih, ibu bisa mengganti asupan cairan dengan minuman lain yang juga menyehatkan, seperti air kelapa, jus buah tanpa gula, dan susu. Namun, hindari minuman bersoda dan minuman berkadar gula tinggi lainnya. Karena sering mengonsumsi minuman manis bisa memicu kenaikan berat badan secara berlebih dan menyebabkan ibu hamil mengalami komplikasi seperti preeklamsia. Selain itu, menurut American Pregnancy Association, minuman yang menggunakan pemanis buatan bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan janin.

Kesimpulan :

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Campur? Tidak diperbolehkan, karena itu bisa memicu diabetes gestasional. Lebih baik bunda minum air putih dingin dari pada mimum es campur!

Kenapa minum air putih dingin boleh tapi es campur tidak boleh??

Jawabannya sudah diterangkan dalam artikel ini. Silahkan bunda bisa baca kembali dari awal kalau memang masih punya pertanyaan demikian.

Baiklah, demikian yang bisa kami share terkait Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Campur Menurut Ahli Kesehatan, semoga bisa bermanfaat untuk bunda sekalian!

Sumber: Alodokter, Ayobandung, Halodoc

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*