Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda Setiap Hari? Cek Fakta Disini!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda Setiap Hari? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, silahkan bunda simak sharing kita kali ini sampai selesai ya bun ūüôā

Saat ini banyak minuman kemasan yang mendompleng manfaat air kelapa. Bahkan, banyak yang mengklaim sebagai minuman hidrasi super. Jika Anda sedang hamil dan ingin mengonsumsi air kelapa, pastikan Anda meminum air kelapa asli, bukan air yang memiliki rasa kelapa.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda Setiap Hari

Beberapa informasi yang simpang siur seputar kehamilan seringkali terjadi dan itu kerap membuat ibu hamil resah.

Salah satunya informasi tentang mengkonsumsi kelapa muda bagi ibu hamil. Ada yang mengatakan nutrisi dalam kelapa akan membantu proses persalinan, ada pula yang sebaliknya.

Advertisement

Ibu hamil justru cemas ketika mengkonsumsi kelapa muda dikarenakan masyarakat setempat di daerahnya mempercayai bahwa kelapa muda dapat memicu keguguran, betulkah demikian?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda

Sebuah riset mengungkapkan bahwa konsumsi air kelapa muda tidak memberikan pengaruh buruk baik untuk ibu hamil atau janin yang tengah dikandungnya. Sebaliknya air dengan rasa manis alami ini memiliki banyak manfaat untuk kehamilan terutama untuk mencukupi kebutuhan air harian dan sebagai penghilang racun dalam tubuh untuk ibu hamil.

Selain itu, konsumsi air kelapa muda selama masa kehamilan juga dapat dilakukan guna mencegah dehidrasi pasca kehamilan. Hal ini dikarenakan pada saat hamil seorang wanita membutuhkan air dalam tubuhnya untuk menghindari kondisi dehidrasi tersebut.

Kapan waktu yang tepat minum air kelapa untuk ibu hamil?

Terkait hal ini, menurut Rebecca Malachi, LMU (Germany)-certified Pregnancy Nutrition dan Lifestyle expert, sebenarnya ibu hamil aman untuk minum air kelapa muda. Namun, jumlahnya tidak berlebihan.

“Air kelapa muda di trimester pertama baik dikonsumsi di pagi hari karena dapat mengurangi dehidrasi akibat mual,” kata Malachi dikutip dari¬†Mom Junction.

Lalu, disarankan juga untuk minum air kelapa muda di trimester ketiga karena tubuh membutuhkan nutrisi penting. Takaran yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah satu gelas per hari. Hal ini untuk mencegah kelebihan dosis natrium atau kalium. Air kelapa juga memiliki efek diuretik, jika dikonsumsi berlebihan, ibu hamil akan terus-menerus merasa ingin buang air kecil.

Dikutip dari Parenting Firstcry, jika Bunda dianjurkan dokter untuk operasi caesar, beberapa ahli bedah mungkin menyarankan Bunda berhenti minum air kelapa dua minggu sebelum operasi. Ini karena dapat mengganggu kontrol tekanan darah sebelum dan sesudah operasi.

Sebaliknya, jika Bunda akan melahirkan normal, menurut Carley Mendes, nutrisionis holistik, air kelapa yang mengandung banyak elektrolit membuat Bunda tetap terhidrasi. Selain itu air kelapa membuat tubuh bekerja secara efisien.

“Sama seperti aktivitas fisik intens lainnya, sangat penting untuk tetap terhidrasi selama persalinan untuk mencegah Anda dari kelelahan, yang dapat memperpanjang persalinan dan menyebabkan lebih sedikit kontraksi yang kurang efektif. Air kelapa menyegarkan dan mengandung gula alami untuk memberi Anda dorongan energi,” tulis Mendes di¬†Oh Baby Nutrition.

Kata Mendes, menjelang persalinan, Bunda bisa mengonsumsi air kelapa muda dalam bentuk cube (dalam cetakan es batu). Air kelapa muda ini baik diisap selama kontraksi, karena mulut dan rahang harus tetap relaks selama mungkin tiap kontraksi. Mulut dan rahang yang sangat tegang, sebenarnya bisa membuat jalan lahir mengencang.

“Air kelapa muda dalam bentuk cube ini menjadi semakin efektif seiring dengan meningkatnya tahap persalinan. Mereka jelas yang paling nyaman digunakan saat melahirkan di rumah, atau sebelum pergi ke rumah sakit,” kata Mendes.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil Muda

Baguskah air kelapa untuk ibu hamil? Selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil bisa mengonsumsi air kelapa karena memiliki sejumlah manfaat bagi ibu dan janin. Manfaat tersebut antara lain:

  • Sumber elektrolit dan antioksidan

Air kelapa mengandung elektrolit, minum air kelapa bisa mengganti asupan elektrolit yang terbuang saat muntah pada ibu hamil yang mengalami morning sickness. Air kelapa pun mengandung antioksidan yang membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah air kelapa segar, bukan air kelapa kemasan.

  • Membantu mengurangi kelelahan

Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti natrium, kalium, dan klorida.

  • Mencegah infeksi saluran kencing

Keluhan yang cukup sering dialami ibu hamil adalah infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih. Air kelapa adalah diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Beberapa wanita terbantu dalam mencegah infeksi saluran kemih dengan mengonsumsi air kelapa.

  • Melancarkan sirkulasi darah

Air kelapa untuk ibu hamil juga berguna untuk mengurangi pegal dan nyeri yang diakibatkan tidak optimalnya sistem sirkulasi darah. Jika sistem sirkulasi darah tidak optimal, maka janin berisiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Kalium dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh dari jantung. Kalium juga membantu gerakan otot, penghantaran sinyal saraf, dan membantu kerja ginjal dalam penyaringan darah.

Mengingat bahwa banyaknya manfaat kelapa bagi kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kelapa di tiap trimester, dari trimester pertama, kedua, hingga ketiga.

  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa mengandung antioksidan. Bersama kandungan vitamin dan mineral, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ibu hamil muda perlu mengonsumsi air kelapa guna melindungi diri dan janin dari risiko berbagai jenis penyakit. Kandungan asam laurat yang tinggi pada air kelapa juga berfungsi menghasilkan monolaurin, yang bertugas sebagai antibakteri dan antivirus dalam tubuh.

Baca Juga :

Jadi Kesimpulannya, Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda Setiap Hari?

Jawabannya :

Tentu saja boleh. Asalkan tidak dilakukan dalam jumlah yang berlebihan. Bahkan konsumsi ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena manfaatnya yang cukup banyak.

Baiklah, demikian sharing kita kali ini terkait Boleh atau tidanya nya Ibu Hamil Minum Air Kelapa Muda Setiap Hari. Semoga informasi ini bermanfaat untuk semuanya ya! Terima kasih

Sumber Referensi :

  • bidanku.com
  • haibunda.com
  • alodokter.com
  • popmama.com
  • jabar.tribunnews.com


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*