Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Coklat?

0
96
bolehkah ibu hamil mengkonsumsi coklat
bolehkah ibu hamil mengkonsumsi coklat

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Coklat? –  sering kali kita mengetahui banyak sekali pantangan makanan yang tak boleh dimakan oleh ibu hamil, baik itu makanan yang tak boleh dimakan sering-sering bahkan ada juga makanan yang sama sekali tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Namun dari hal tersebut akan muncul pertanyaan-pertanyaan dari ibu hamil tentang makanan yang harus dikurangi atau dihindari selama kehamilannya berlangsung, agar janin yang dikandungnya tetap dalam keadaan sehat.

pertaan ibu hamil pastilah banyak mengenai makan yang dikonsumsinya, diantara banyak pertanyaan salah satunya adalah bolehkah ibu hamil mengkonsumsi coklat? Ini dia penjelasanya.

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Coklat?

Artikel terkait:

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan Indomie? Mie instan

Makanan Yang Pantang dikonsumsi Untuk Ibu Hamil

Coklat aman dikonsumsi oleh Ibu hamil, namun sebaiknya tetap dijaga dalam jumlah yang cukup. Mengkonsumsi cokelat memiliki banyak manfaat saat masa kehamilan. Namun mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan resiko terjadinya suatu gejala penyakit. Oleh karenanya selama dikonsumsi tidak berlabihan, maka Ibu hamil bebas mengkonsusi cokelat setiap hari. Bahkan dianjurkan untuk mengkonsumsi rutin beberapa kali dalam seminggu dalam jumlah yang sedikit-sedkit, dapat memberikan keuntungan sendiri bagi Ibu hamil.

Dalam memilih cokelat, pilihlah yang semakin gelap warnanya. Hal ini ternyata dapat menunjukkan kandungan yang bermanfaat didalamnya jjuga semakin banyak. Pada dark cokelat terdapat ekitar 600 senyawa penting, seperti flavonoid, magnesium, zat besi, theobromine, dan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh.

Hindari cokelat tertentu seperti jenis cokelat mousse, karena mengandung bahan telur mentah yang kurang baik bagi tubuh Ibu hamil karena dapat bisa menjadi sarana bakteri. Selain itu, pilihlah cokelat dengan kandungan gula di dalamnya tidak begitu banyak, terlebih lagi jika cokelat yang mengandung pemanis buatan. Semakin sedikit kagar gula atau pemanisnya, makan semakin baik pula cokelat tersebut dikonsumsi.

Beberapa manfaat coklat untuk ibu hami apabila dikonsumsi tidak berlebihan:

  • Mencegah Preklamsia

Preklamsia adalah sebuah gangguan kehamilan yang menyebabkan ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan dan beresiko untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kondisi ini dapat menyebabkan kelahiran prematur, gangguan fungsi hati dan ginjal, dan membahayakan nyawa ibu hamil.

  • Memberikan Efek Bayi Lebih Bahagia

Berbagai tekanan selama kehamilan akan membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman. Berbagai jenis masalah yang berhubungan dengan gangguan kehamilan, bisa membuat ibu hamil rawan terhadap stres. Hal inilah yang membuat ibu hamil tidak bahagia dan membuat janin juga mengalami perasaan yang sama.

  • Meningkatkan Respon Bayi

Coklat yang dikonsumsi selama kehamilan ternyata memberikan efek yang sangat baik terhadap respon bayi ketika sudah lahir maupun dalam pertumbuhan. Bayi akan menjadi lebih santai dan tenang sehingga memiliki respon yang sangat baik terhadap orang tua dan berbagai kondisi lingkungan. Hal ini disebabkan karena coklat mengandung phenythylamin yang dikonsumsi selama kehamilan juga menjadi nutrisi ibu hamil yang diserap oleh janin.

Bahaya coklat bagi ibu hamil apabila dikonsumsi secara berlebihan:

  • Bahaya kafein bagi janin

Apabila coklat dikonsumsi secara berlebihan maka sangat beresiko terhadap kesehatan janin di dalam kandungan. Hal ini karena coklat mengandung kafein seperti halnya kopi dan teh. Jika kafein terlalu banyak masuk ke dalam tubuh ibu hamil maka akan terserap oleh janin melalui plasenta. Menurut riset menemukan bahwa kafein bisa menjadi pemicu bayi abnormal/cacat.

  • Obesitas

Pada dasarnya coklat mengandung gula dan lemak. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak teratur maka sangat beresiko menyebabkan obesitas pada ibu hamil. Obesitas sangat beresiko terhadap tekanan darah tinggi ataupun kesehatan jantung. Selain itu, obesitas juga akan berdampak terhadap kesehatan janin di dalam kandungan.

Semoga bermanfaat. Terimakasih…

Baca juga:

5 Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 Paling Baik dan Recommended

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Steak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here