Bolehkah Ibu Hamil Makan Tutut?

bolehkah ibu hamil makan tutut
bolehkah ibu hamil makan tutut

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tutut? – Tutut adalah sejenis keong yang hidup di waduk-waduk atau dipersawahan, oleh petani tutut dianggap sebagai hama bagi persawahan mereka. Jadi banyak petani myang membuangnya begitu saja.

Padahal tutu masih bisa di konsumsi oleh manusia asalkan dengan pematangan yang sempurna dan baik, banyak yang mengolahnya menjadi sambal goreng, disate atau hanya dimasak direbus menggunakan bumbu kuning. tergantung selera masing-masing sih. Terus yang menjadi pertanyaan kali ini apakah boleh tutut dikonsumsi oleh ibu hamil? mari saya paparkan penjelasnnya berikut ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tutut?

Ternyata tutut boleh-boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil dengan catatan ditak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya. Namun dalam mengolah tutut juga harus benar. Hal ini dikarenakan dalam tutut juga terdapat bagian yang kurang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk mendapatkan manfaat tutut untuk ibu hamil maka harus dimasak sampai matang dan cangkang luarnya dibuang. Tidak hanya itu, bagian belakang tutut dan lendirnya juga harus dibuang. Selain itu, sebaiknya sebelum diolah tutut direbus dan dibersihkan terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Apabila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan kurang baik bagi janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil itu sendiri.

Setiap makanan pasti banyak mengandung manfaat sekaligus madrat bagi manusia, tergantung dari manusianya itu sendiri, begitupun dengan ibu hamil.

Advertisement

Kandungan Gizi pada tutut

  • Mengandung vitamin A, B3 (niacin) dan B12 (asam folat) serta vitamin E
  • Mengandung lemak essensial yang terdiri atas asam linolenat dan linoleat
  • Mengandung asam omega 3,6 dan 9
  • Mengandung mineral kalsium
  • Mengandung protein berkisar 16 sampai 50 % sesuai dengan kondisi ukuran tubuhnya.
  • Mengandung karbohidrat tetapi rendah kolesterol

Manfaat tutut untuk ibu Hamil dengan catatan tidak berlebihan dlam mengkonsumsinya:

Artikel terkait:

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Timun?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tauge atau kecambah?

  • Membantu memenuhi protein pada saat hamil
Manfaat makan tutut bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat membantu memenuhi protein. Kehamilan adalah masa yang berat dimana ibu harus mengkonsumsi banyak protein untuk perkembangan janinnya. Selain itu, protein juga diperlukan untuk membantu agar ibu selalu dalam keadaan sehat dan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat.
  • Bagus untuk perkebangan otak janin
Masih jarang yang mengetahui bahwa dalam tutut ini mengandung omega 3 dan omega 6 yang sangat tinggi. Omega 3 dan omega 6 merupakan zat yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan otak pada janin. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi tutut maka ibu bisa mendapatkan bayi yang cerdas.
  • Bagus untuk kulit ibu hamil
Pada saat kehamilan terkadang ibu akan mengalami kulit kering karena kekurangan vitamin E. Dengan mengonsumsi tutut, maka kulit ibu hamil bisa tetap cantik dan sehat. Hal ini dikarenakan didalam tutut mengandung vitamin E dan vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan kulit ibu hamil.
  • Menghindari kecacatan pada bayi pertama lahir
Banyak yang mengatakan makan siput saat hamil tidak diperbolehkan, namun tahukah Anda didalam tutut mengandung vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk ibu hamil. Dengan adanya vitamin dan mineral ini maka kebutuhan gizi ibu pada saat hamil bisa terpenuhi dengan baik. Sehingga pada saat melahirkan bayi akan terhindar dari cacat pada tubuhnya.

Bahaya Makan Tutut

  • Menyebabkan cacingan
  • Menyebabkan penyakit Schistosimiasis
  • Reaksi alergi
  • Mual dan muntah
  • Munculnya penyakit meningitis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*