Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas?

0
164
bolehkah ibu hamil makan nanas
bolehkah ibu hamil makan nanas

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas? – Nanasnenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan ParaguayTumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Dengan hampir tersebarnya buah nanas di Indonesia, mengakibatkan banyak juga orang yang menyukai buah yang kebanyakan dijadikan selai tersebut. Terus apakan ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi buah yang berbentuk seperti pohon pinus tersebut. Mari kita cob paparkan jawaban tentang pertanyaan tersebut.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas?

Artikel terkait:

Bolehkah Ibu Hamil Makan Anggur?

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Rambutan?

Satu mangkuk nanas, sambung dr Ridwan, mengandung 80-85 mg vitamin C. Nah, jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan vitamin C untuk sehari selama masa kehamilan.

Nanas juga termasuk buah yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi, nanas yang diperbolehkan untuk ibu hamil adalah nanas yang matang. Nanas yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah nanas muda. Alasannya, nanas muda mengandung enzim yang dapat membuat mulut rahim lebih mudah terbuka. “Artinya, keguguran,”

Banyak ibu hamil yang lebih baik tidak makan nanas karena beberapa orang mengatakan jika nanas adalah buah pemicu keguguran. Meskipun sebenarnya nanas juga menjadi sumber vitamim B6 yang bisa bekerja untuk mencegah mual dan muntah pada trimester pertama. Mengenai beberapa hal ini, maka ada beberapa fakta tentang bahaya buah nanas ibu hamil.

Baca juga:

Resep Makanan Ibu Hamil 4 Bulan

Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu Yang Dibutuhkan Para Ibu Hamil

1. Pemicu Kontraksi

Konsumsi buah nanas dalam jumlah yang sangat besar akan menyebabkan kontraksi dan membuat ibu hamil mungkin merasa tidak nyaman. Nanas bisa menyebabkan janin lebih banyak bergerak dan mendesak untuk kontraksi karena memang efek nanas yang panas untuk janin. Tapi tentu ibu hamil harus makan dalam jumlah yang sangat besar untuk mendapatkan efek kontraksi. Tidak diperbolehkan konsumsi nanas untuk ibu hamil yang mendekati tanda tanda melahirkan karena bisa menyebabkan kondisi calon bayi terganggu.

2. Mendorong Kelahiran Prematur

Konsumsi nanas dalam jumlah yang sangat besar juga bisa mendorong kelahiran prematur. Hal ini disebabkan karena nanas mengandung zat bromelain yang bersifat bisa membantu kontraksi leher rahim dan membantu induksi persalinan lebih cepat dari jadwalnya. Namun ibu hamil membutuhkan paling tidak sekitar 6 buah nanas untuk mendapatkan efek ini. Konsumsi rutin dalam jumlah yang besar sangat dilarang karena bisa mengakibatkan resiko ini.

Jadi kesimpulannya boleh boleh saja, asal nanas yang matang dan tidak bolah berlebihan dam mengkonsumsinya. Sekarang tinggang ada yang mengaturnya, semoga bermanfaat. Terimkasih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here