Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol Dan Pete? Ini Dia Jawabannya!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol Dan Pete? Seorang ibu hamil pastinya akan banyak sekali pantangan yang terkadang pantangan tersebut bisa hanyalah sebatas mitos. Semisal, Disaat seorang ibu hamil ingin makan jengkol tau pete. Terkadang ada saja yang bilang bahwa seorang ibu yang sedang hamil jangan makan jengkol.

Dari sinilah biasanya akan timbul pertanyaan dalam benak hati seorang bumil mengenai “Apakah Benar Seorang Ibu Hamil Tidak boleh makan Jengkol dan Pete”. Oleh karena itu, Solusi Ibu Hamil memutuskan untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam sharing artikel kita kali ini.

Baiklah, silahkan bunda simak artikel ini sampai selesai dan temukan jawabannya ya 🙂

Bolehkah hamil muda makan jengkol dan pete?

Pada dasarnya sampai saat ini masih belum ada penelitian yang menyatakan bahwa pete tidak aman pada kehamilan. Dengan demikian, Seorang Ibu yang sedang hamil dapat mengonsumsi pete sesekali dan tidak berlebihan. Sebaiknya, Kami sarankan Bunda untuk tidak mengonsumsi pete atau jengkol yang mentah dan pastikan Mama mengonsumsi Jengkol yang sudah matang agar kuman dan kotoran mati.

Advertisement

Manfaat Petai Dan Jengkol Bagi Ibu Hamil

Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa tidak ada larangan untuk ibu hamil dalam mengkonsumsi dua jenis makanan ini. Akan tetapi sebaiknya konsumsi terhadap jengkol dan petai tidak dilakukan secara berlebihan hanya karena anda adalah seorang penikmat makanan ini.

Nah, selain boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, rupanya dua jenis makanan ini pun memiliki kandungan yang baik dan bermanfaat untuk ibu hamil. B Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah Petai Jengkol yang harus kita ketahui:

  1. SUMBER ENERGI YANG BAIK
    Jengkol dan petai merupakan makanan yang memnjadi salah satu sumber energi yang baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan didalam jengkol terdapat kandungan fruktosa, surkrosa dan juga glukosa yang dapat menghasilkan energi dan tenaga yang cukup besar.

    Yang mana untuk ibu hamil energi ini akan bermanfaat dalam menunjang kinerja tubuhnya. Dengan jumlah konsumsi yang cukup maka anda akan dapat merasakan manfaat dari dua jenis makanan ini dan tubuh pun akan terasa lebih sehat dan fit meski tengah mengandung.
  2. TERDAPAT KANDUNGAN PREBIOTIK UNTUK ATASI SEMBELIT
    Hal yang lumrah jika seorang ibu hamil kerap kali menderita perut sembelit sebagai bagian dari kehamilannya. Seperti yang Anda ketahui, perut sembelit akan membuat tubuh tidak nyaman, terlebih jika sedang mengandung.

    Namun, dengan mengonsumsi jengkol dan petai dalam jumlah terentu dapat menjadi solusi yang tepat untuk menangani sembelit pada perut. Hal ini dikarenakan serat yang terkandung dalam jengkol dan petai sangat baik untuk metabolisme tubuh.
  3. BAIK UNTUK TUMBUH KEMBANG JANIN
    Selain manfaat yang akan dirasakan oleh ibu hamil, kebaikan serupa pun akan dirasakan oleh si janin dalam kandungan anda. Mengkonsumsi jengkol dan petai rupanya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi si kecil meski masih dalam rahim.

    Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang tinggi didalamnya akan membuat anda baik mengkonsumsi makanan ini. Selain diketahui memberikan manfaat yang baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Namun bila konsumsi terhadap jenis makanan ini dilakukan terlalu berlebihan, maka dampaknya bisa bahaya. Inilah beberapa bahaya mengkonsumsi jengkol dan petai secara berlebihan sewaktu hamil.
  4. MENJAGA KESEHATAN TULANG
    Petai diketahui bermanfaat bagi ibu hamil karena bisa mencegah risiko osteoporosis. Kandungan kalsiumnya juga baik untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi pada janin. 
  5. MENGATASI ANEMIA
    Jika ibu hamil memiliki riwayat anemia, Moms bisa mengatasinya dengan konsumsi petai. Petai memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi untuk ibu hamil efektif meningkatkan volume darah sehingga mencegah anemia.
  6. MEMPERTAHANKAN TEKANAN DARAH
    Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang sangat sering dialami ibu hamil. Padahal kondisi hipertensi pada kehamilan akan sangat berbahaya, baik untuk kesehatan ibu maupun bagi janin.
  7. BAKTERI DESINFEKTAN
    Ekstrak biji petai terbukti mengandung hexathionine dan trithiolane yang memiliki kemampuan antibakteri. Tentu dengan mengonsumsinya Moms bisa memiliki daya tahan terhadap infeksi yang lebih baik. Menurut penelitian petai paling efektif dalam menangkal bakteri gram negatif.

Efek Samping Petai Dan Jengkol Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Berikut ini adalah beberap efek samping yang bisa berdampak pada ibu hamil ataupun menyusui apabila mengkonsumsi Petai dan Jengkol secara berlebihan :

  1. Sakit Punggung
    Kandungan jengkolat yang terdapat dalam pete dan jengkol akan menimbulkan masalah terhadap kesehatan ibu hamil. Kandungan jengkolat dapat memengaruhi kinerja ginjal didalam tubuh yang apabila dikonsumsi berlebihan akan memicu timbulnya nyeri hebat dibagian sekitaran punggung ibu hamil.

    Untuk itu, sebaiknya perhatikan porsi yang cukup pada saat Mama menikmati jengkol dan pete. Jangan mentang-mentang terasa nikmat Mama lantas melahapnya secara berlebihan.
  2. Meningkatkan Resiko Terkena Asam Urat
    Pete yang mengandung asam amoniak yang cukup tinggi akan menyebabkan tingkat keasaman pada jaringan ikat antara tulang dan juga daging meningkat sehingga memicu asam urat.
  3. Gangguan Pencernaan
    Bila diatas dijelaskan bahwa pete dipercaya dapat membantu pencernaan, namun tidak jika porsinya terlalu berlebihan!
    Mengonsumsi pete dalam jumlah yang banyak justru akan menimbulkan masalah pada pencernaan.

    Kosumsi pete yang terlalu banyak akan dapat menimbulkan sembelit untuk ibu hamil. Pete diketahui dapat menyebabkan serat masuk secara berlebihan pada tubuh ibu hamil dan menimbulkan masalah. Dampak yang lebih serius dari kondisi ini adalah diare atau mencret.
  4. Menyebabkan Pegal-pegal
    Pete mengandung asam amoniak yang relatif tinggi yang dapat memicu sintesis nitrogen pada jaringan ikat. Kondisi tersebut akan memicu pegal-pegal di wilayah persendian dan juga pada jaringan ikat antara tulang dengan daging.
  5. Meningkatkan Kinerja Ginjal
    Kandungan amoniak yang relatif tinggi di dalam pete akan berdampak pada sulitnya proses penyaringan di dalam tubuh sehingga kerja ginjal juga akan meningkat. Dengan kata lain, asupan pete yang terlalu banyak akan meningkatkan risiko terkena gagal ginjal.

Demikian sharing kita kali ini terkait Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol Dan Pete, semoga informasi ini bermanfaat untuk semuanya ya.

Sumber : Popmama.com, bidanku.com, haibunda.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*