Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim?

0
92
bolehkah ibu hamil makan es krim
bolehkah ibu hamil makan es krim

Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim? – Siapa yang tidak menyukai es krim. Semua orang menyukai es krim, dari yang muda hingga yang tua. Masalahnya adalah es krim buatan pabrik atau pun yang dijual di luar sana belum tentu sehat dan bisa dinikmati.

Es krim sendiri merupakan makanan beku dengan bahan dasar susu. Tidak hanya susu saja, pada produk-produk es krim di toko ditambah pula pemanis, perasa, pengemulsi, serta penstabil, bisa juga ditambah dengan buah-buahan.Seperti yang kita ketahui, es krim dihidangkan sebagai hidangan penutup atau dessert atau bisa juga sebagai camilan.

Dengan berbagai macam campuran dalam membuat es krim tersebut,  bolehkah ibu hamil makan es krim? Ini dia pemaparan kami.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim?

Artikel terkait:

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Coklat?

5 Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 Paling Baik dan Recommended

Sayangnya, es krim berisiko tinggi menyebabkan listeria, yakni infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Listeria monocytogene. Bakteri ini merupakan bakteri patogen yang dapat tumbuh subur di suhu yang dingin dan dapat bertahan hidup pada saluran pencernaan. Jika makanan yang tercemar dikonsumsi dan bisa menembus pada dinding usus kemudian mengikuti aliran darah sampai menembus plasenta maka bisa mengakibatkan keguguran atau bayi meninggal.

Bakteri ini kerap kali ditemukan dalam makanan yang terdapat di toko-toko seperti toko susu, keju, dan daging. Mesin pendingin juga rawan menjadi tempat hidup listeria. Jika mesin pendingin tidak dibersihkan dengan benar, maka listeria dapat berkembang di dalam mesin pendingin dan menjalar ke es krim tersebut. Karena itu disarankan untuk mengonsumsi es krim yang mengandung susu pasteurisasi.

Susu pasteurisasi adalah susu sapi yang diolah dengan proses pemanasan suhunya hingga 75 derajat celcius dalam waktu 15 detik. Proses ini berfungsi untuk mencegah rusaknya kandungan dalam susu sehingga kualitas nutrisi dan aktivitas mikroorganisme dapat terjaga. Karena itulah es krim yang mengandung susu pasteurisasi aman dikonsumsi saat hamil.

Tips Mengonsumsi Es Krim bagi Ibu Hamil

  1. Pastikan Anda membeli es krim dari merek terkenal dari toko terkenal yang mengikuti metode higienis.
  2. Anda juga dapat memeriksa dengan manajemen jika mesin dibersihkan secara teratur.
  3. Meskipun pembekuan menghancurkan berbagai jenis bakteri, tidak demikian halnya untuk listeria. Bakteri masih bisa tumbuh pada es krim di freezer.
  4. Hindari es krim dari warung pinggir jalan dan pameran, karena sangat mungkin bahwa mereka ditak mengikuti langkah-langkah higienis.
  5. Lebih baik membeli es krim scooped. Karena sendok umumnya bersih dan dimaksudkan untuk satu pelanggan.
  6. Anda dapat memilih untuk membeli karton atau es krim dan menikmatinya dalam kelompok atau di rumah.
  7. Jika Anda sadar kesehatan sejauh yang Anda pikirkan sebelum mengonsumsi es krim, cobalah yoghurt dengan buah-buahan segar dan sirup cokelat.

Manfaat es krim apabila dikonsumsi tidak berlebihan:

  1. Menambah berat badan, (bagi ibu hamil yang kekurangan berat badan).
  2. Pembentukan tulang pada janin.
  3. Mengatasi mual.
  4. Mengurangi stress.

Kesimpulannya adalah ibu hami diperbolehkan saja dalam mengkonsumsi es krim dengan catatan tidak boleh berlebihan dan terlalu sering dalam mengkonsumsinya. Es krim tidak sepenuhnya buruk untuk dikonsumsi karena dalam es krim terkandung kalsium yang sangat baik untuk bayi, terutama untuk tulang dan giginya.Semoga bermanfaat, terimakasih…

Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil Makan Emping?

Minuman Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here