Bolehkah Ibu Hamil Makan Emping?

bolehkah ibu hamil makan emping
bolehkah ibu hamil makan emping

Bolehkah Ibu Hamil Makan Emping? – Makanan cemilan yang satu ini mudah dijumpai di warung atau di tempat penjual oleh-oleh, yang terbuat dari melinjo. Mari kenali dulu empingnya itu sendiri.

Siapa yang belum tahu/ kenal dengan tanaman melinjo? Tanaman yang memiliki nama ilmiah Gnetum gnemon Linn. tersebut banyak tersebar di sebagian wilayah di Indonesia, khusunya Pulau Jawa dan Sumatera. Hampir seluruh bagian dari tanaman yang disebut juga dengan istilah Tangkil oleh orang Sunda tersebut bisa diberdayagunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik kayu, daun mudanya, bunga, biji, dan kulit melinjonya.
Kayunya bisa dipakai sebagai bahan papan dan alat rumah tangga sederhana. Daun mudanya (disebut so dalam bahasa Jawa) digunakan sebagai bahan sayuran (misalnya pada sayur asem). Bunga/ uceng dalam bahasa Jawa (jantan maupun betina) dan bijinya yang masih kecil-kecil maupun yang sudah masak dijadikan juga sebagai sayuran. Biji melinjo bisa menjadi bahan baku emping.

Emping bisa dipadu padankan dalam mengkonsumsinya, bisa dijadikan cemilan, teman makan bakso, seblak, atau nasi goreng. Namun apa bolehkah ibu hamil makan emping? Ini dia pemaparan kami tentang pertanyaan tersebut.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Emping?

Artikel terkait:

Advertisement

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Timun?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tauge atau kecambah?

 

kadungan yang terdapat dalam melinjo.

Penelitian terhadap melinjo menyatakan bahwa tanaman ini menghasilkan senyawa antioksidan yang efektif untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Melinjo juga kaya akan protein dan merupakan antimikroba alami yang dapat dipakai sebagai pengawet makanan dan obat untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Melinjo juga kaya akan Vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata dan mencegahnya mata dari berbagai penyakit.

Kandungan Purin dalam melinjo merupakan senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (inti sel) yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering, akan menyebabkan kenaikan kadar asam urat dalam tubuh serta meningkatkan tekanan darah.

Efek Konsumsi Emping Berlebihan bagi ibu hamil:

  1. Tekanan darah dapat menyebabkan kondisi hormon Ibu hamil menjadi tidak stabil. Hormon yang tidak stabil akan mempengaruhi kesehatan saat kehamilan.
  2. Janin yang terpengaruh akan mengalami retardasi dan penurunan perkembangan, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan autisme.
  3. Emping tentu akan membuat tekanan darah semakin meninggi. Keadaan ini sangat berbahaya di masa kehamm.
  4. Jika kristal bergerak akan menyebabkan eksresi yang melukai saluran kemih. Hal ini membuat warna kemerahan pada air seni.
  5. Setelah batu ginjal, gagal ginjal bisa terjadi. Asam urat yang terperangkap membuat sumbatan dalam pengeluaran air seni dan akhirnya akan meracuni tubuh.
  6. Selain berpengaruh pada ginjal ketinggian kadar asam urat bisa mengundang penyakit peradangan sendi.
  7. Dalam kasus yang lebih parah, konsumsi emping dapat menyebabkan kanker. Hal ini bisa terjadi jika produsen mencampurkan bahan pengawet pada melinjo yang menjadi bahan dasar pembuatan emping.
  8. Badan Kesehatan National Inggris menyarankan untuk mengindari makanan dengan kalori tinggi di saat kehamilan, emping termasuk dalam kategori tersebut.
  9. Konsumsi emping boleh-boleh saja namun harus diimbagi dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung purin rendah sehingga memperlancar pengeluaran asam urat dari tubuh.

Nah demikianlah pemaparan kami, tinggal bagaimna anda menerapkanya. Semoga bermanfaat. Terimakasih..

Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan Indomie? Mie instan

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan bakso?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*