Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

0
67
bolehkah ibu hamil makan daging kambing
bolehkah ibu hamil makan daging kambing

Bolehkah Ibu Hamil  Makan Daging Kambing? – Daging kambing memiliki bau yang khas, dan bau ini membedakan dari daging hewan lainya. Daging ini memiliki penggemarnya tersendiiri mungkin anda adalah salah satunya. daging ini banyak sekali parian masakanya dari mulai disate, di sup, sampai dimasak asam kecap manis dll.

Namun bagi ibu hamil adalah pertanyaan yang terbayang-bayang, semasa kehamilanya. Nah mari kita coba jawab pertanya bolehkah ibu hamil makan daging kambing? Berikut pemaparan kami.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Artikel terkait:

Bolehkah Ibu Hamil Makan Cempedak?

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Sate?

Makan daging kambing saat hamil memang memiliki risiko bagi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.Akan tetapi bukan berarti ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan tersebut.Yang perlu dilakukan adalah memberikan kontrol dan kendali dalam mengkonsumsi makanan tersebut sehingga tidak berlebihan.

Daging kambing bagi ibu hamil bisa menyebabkan taksoplasma, sembelit, tekanan darah tinggi dan koleterol.Tapi jika daging kambing dikonsumsi dengan porsi yang tepat maka sangat berguna dan menjadi solusi dalam mencegah penyakit anemia selama kehamilan

Manfaat makan daging kambing untuk ibu hamil apabila dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan:

Tidak diragukan lagi, daging kambing mengandung sumber nutrisi penting yang Anda butuhkan selama masa kehamilan. Berikut keuntungan yang Anda dapatkan ketika makan daging kambing saat hamil.

  • Sumber protein yang sangat baik. Daging kambing memberikan asupan protein yang Anda butuhkan selama kehamilan. Protein ini akan sangat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.
  • Daging kambing sangat kaya akan zat besi yang akan meningkatkan tingkat hemoglobin Anda. Ini membantu dalam pembentukan sel darah merah. Zat besi yang terkandung dalam daging kambing akan diserap oleh tubuh Anda dengan mudah. Sehingga akan membuat Anda terhindar dari anemia.
  • Tingginya kandungan zink pada daging kambing membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh pada janin Anda dan memastikan keseluruhan pertumbuhan bayi Anda sehat.
  • Daging kambing adalah sumber yang kaya akan vitamin B kompleks, termasuk B12. Vitamin B12 membantu untuk membentuk sistem saraf yang sehat, pembentukan sel darah merah, dan mengatasi anemia.

Tips aman makan daging kambing saat hamil

  • Jika Anda makan daging kambing, pastikan Anda minum banyak air putih.
  • Menyertakan banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kalsium dalam hidangan daging kambing Anda untuk meningkatkan gizi bagi bayi Anda. Misalnya brokoli dan bayam.
  • Masaklah daging kambing dengan sempurna sampai matang untuk menghindari bakteri berbahaya. Daging kambing harus dimasak dalam suhu paling tidak 63 derajat Celsius.
  • Hindari masak daging kambing dengan cara digoreng dulu sebelum diolah jadi tongseng dan gulai dengan santan atau dibakar jadi sate kambing. Karena cara memasaknya, olahan daging kambing tersebut jadi tidak sehat karena akan menambah kadar kalori dan lemak jenuh pada daging kambing. Kebanyakan kalori dan lemak jenuh berisiko menyebabkan kelebihan berat badan, yang tentu sangat berisiko buat kehamilan Anda.
  • Anda bisa mengolah daging kambing jadi sop atau tumisan. Cara memasak ini lebih aman karena tidak meningkatkan kalori dan lemak jenuh seperti teknik olahan lainnya.

Semoga bermanfaat, terimakasih….

Baca juga:

Makanan Ibu Hamil 8 Bulan

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan Indomie? Mie instan

Pengunjung Juga Mencari:

  • hamil tua bolehkah makan daging kambing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here