Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi?

  • Whatsapp
bolehkah ibu hamil makan cumi
bolehkah ibu hamil makan cumi

Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi? – Cumi adalah hewan laut yang pastinya enak rasanya. karena hewan laut pastinya hidangan yang terbuat dari cumi sering disebut seafood. seafood yang satu ini banyak sekali dijual di rumah makan seafood, yang sering kita jumpai di pantai-pantai atau di restoran seafood.

Rasanya yang enak harganyapun lumayan mahal, namun mahalnya harga tidak terlalu menjadi masalah bagi kalangan yang menyukai seafood tersebut. Cumi bisa diolah berbagai macam masakan dari digoreng, disambel goreng ijo dll.

Nah, hewan yang mengandung kolestrol tersebut menjadi incaran para ibu-ibu, yang menjadi pertanyaanya adalah apa bolehkah ibu hamil makan cumi? ini dia jawabanya.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi?

Artikel terkait:

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Coklat?

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan Indomie? Mie instan

Dikarenakan ini adalah jenis makanan laut, sama halnya dengan ikan laut lainnya. Cumi yang dilarang untuk ibu hamil karena ditakutkan mengandung merkuri yang tinggi. Sebagaimana kita ketahui, konsumsi ikan atau makanan yang mengandung merkuri akan dapat berbahaya untuk tubuh. Selain itu, dampak yang paling menakutkan dari hal ini adalah pengaruhnya terhadap janin yang dikandung.

Selain itu, pada faktanya cumi memiliki kandungan omega-3 yang tiggi. Kandungan ini sangat bermanfaat dalam memicu otak janin sehingga ia lebih cerdas sejak dalam kandungan. Akan tetapi manfaat tersebut tdak sebanding dengan dampak atau pengaruh yang akan diterima oleh ibu hamil dan kesehatan janin dalam kandungannya.

Manfaat yang dikandung dalam cumi:

  • Mengoptimalkan Pertumbuhan Kerangka Bayi

Manfaat pertama dari cumi bagi ibu hami yang pertama adalah bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang terutama pada bagian kerangka bayi bayi yang masih di dalam kandungan. Di dalam cumi terdapat kandungan protein yang cukup tinggi sebesar 17,9 g tiap gramnya pada cumi segar. Cumi juga tidak memiliki tulang belakang sehingga lebih mudah dicerna apalagi ditambah dengan adanya asam amino essential dan mineral penting lainnya yang sangat berguna bagi pertumbuhan tulang kerangka bayi.

  • Mengandung Banyak Vitamin

di dalam cumi juga terdapat berbagai jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil untuk kesehatan dirinya dan juga untuk kesehatan bayi. Di dalam cumi setidaknya terdapat beberapa jenis vitamin diantaranya adalah vitamin B1 (tiamin), B2, B12, manfaat asam folat serta vitamin lainnya yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E.

  • Membentuk Sel Darah Merah

Pada kondisi hamil, ibu harus memiliki kadar tekanan darah yang normal juga pasokan sel darah merah yang cukup. inilah yang membuat ibu hamil juga bisa mengkonsumsi cumi supaya bisa membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Bukan hanya kandungan vitamin, omega 3 dan protein yang dimiliki oleh hewan laut saja, namun menurut penelitian yang dilakukan ternyata cumi juga memiliki kandungan tembaga yang cukup tinggi sehingga bisa membantu produksi sel darah merah yang lebih optimal.

Kandungan cumi yang tidak baik untuk ibu hamil:

Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan bakso?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas?

  • Terdapat Kandungan Merkuri

Alasan pertama kita tentu tahu bahwa merkuri adalah zat yang berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi oleh manusia meski dalam jumlah banyak ataupun sedikit. Merkuri merupakan seuatu zat kimia yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dengan baik.

  • Cumi-Cumi Rentan dengan Bakteri

Jenis makanan yang satu ini amat rentan terhadap paparan bakteri jahat seperti Vibro Parahemolyticus dan bakteri salmonella sehingga tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kesimpulannya adalh boleh-boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan dengan porsi yang sedikit dan tidak terlalu sering dalam mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat terimakasih…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *