Makanan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Anggur?

bolehkah ibu hamil makan anggur
bolehkah ibu hamil makan anggur

Bolehkah Ibu Hamil Makan Anggur? – Setiap ibu hamil selalu menjaga kehamilanya terutama tentang asupan makanan yang dikosumsinya. Ibu hamil tidak ingin makanan yang dikonsumsinya menjadi bumerang bagi ibu hamil itu sendiri. Apa yang di jaga dan dibarengi dengan berbagai nutrisi tidak ingin sia-sia dengan hanya salah mengkonsumsi makanan yang tidak baik untuk ibu hamil.

Dengan mitos yang beredar, yakni makan buah anggur untuk ibu hamil tidaklah bagus. Hal itu yang menjadi was-was para ibu hamil yang ingin mengkonsumsi buah anggur.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Anggur?

Artikel terkait:

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Semangka?

Seperti dikutip dari MomJunction, anggur merupakan buah yang memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sejumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti: antioksidan, asam organik, serat, asam folat, dan pektin.

Namun, yang harus Anda waspadai adalah menghindari makan buah anggur di trimester terakhir karena anggur menghasilkan panas. Konsumsi anggur yang berlebihan dapat menjadi racun karena meningkatkan resveratrol, yaitu senyawa yang dihasilkan tanaman sebagai respon terhadap masuknya patogen atau penyakit.

Berikut ini tanggapan dokter mengenai ibu hamil makan anggur:

Tidak ada masalah untuk mengonsumsi buah anggur di saat Anda hamil muda, buah anggur kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuh dan janin yang dikandung. Yang terpenting adalah pastikan kebersihan buah sebelum dikonsumsi dan jangan terlalu berlebihan ketika memakannya.

Seperti yang disampaikan di atas, tidak ada anjuran ataupun larangan sejauh ini mengenai mengonsumsi buah anggur ketika hamil. Jika ingin mengonsumsinya boleh saja namun tetaplah berpatokan pada prinsip dasar, yaitu jangan berlebih-lebihan. by (dr. Muhammad Fadhil)

5 Manfaat buah anggur untuk ibu hamil:

  • Membantu Perkembangan Otak Janin

Kandungan manfaat asam folat yang ada pada anggur, berguna untuk membantu perkembangan otak janin. Manfaat anggur untuk perkembangan otak janin adalah sebagai berikut ini :

  1. Membentuk syaraf di otak janin.
  2. Mengurangi resiko cacat otak saat lahir.
  3. Membantu pembentukan tabung otak bagi janin.

  •  Mengurangi Pembengkakan Pada Ibu Hamil

Ibu hamil akan mudah terkena pembengkakan pada kakinya. Untuk mengurangi pembengkakan pada ibu hamil, ibu hamil harus banyak bergerak, seperti melakukan senam hamil. Selain itu ibu hamil bisa mengkonsumsi anggur untuk mengurangi pembengkakan. Kandungan kalsium dan magnesium yang ada pada anggur efektif untuk mengurangi pembengkakan pada ibu hamil.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Ibu hamil harus pintar-pintar dalam menjaga kesehatannya. Hal itu dikarenakan ibu hamil akan sangat rentan untuk terkena penyakit. Penyakit itu misalnya batuk, demam dan juga pilek. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah buahan untuk ibu hamil, terutama pada anggur hijau bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang meningkat bisa menangkal berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh ibu hamil bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Pembersih Toksin

Kandungan serat yang ada pada buah anggur bisa membuat ibu hamil terbebas dari toksin. Jika sampai ibu hamil memiliki banyak toksin, toksin tersebut bisa berpengaruh pada kesehatan janinnya. Cara kerja anggur untuk membersihkan toksin adalah sebagai berikut ini :

  1. Serat bisa melancarkan sistem pencernaan.
  2. Serat tersebut bisa membersihkan toksin yang menempel pada usus.
  3. Toksin akan dikeluarkan bersamaan dengan BAB dan juga urin.
  4. Setelah toksin dibersihkan, maka usus akan menjadi sehat dan terbebas dari racun berbahaya bagi tubuh
  •  Membantu Sistem Pencernaan

Saat hamil, ibu hamil sering mengalami gangguan kehamilan pada sistem pencernaan. Misalnya saja sembelit dan masih banyak lagi lainnya. Magnesium pada manfaat anggur bagi ibu hamil, terbukti mampu untuk melancarkan dan membantu sistem pencernaan selama kehamilan. Jika pencernaan lancar, maka ibu hamil akan terhindar dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Semoga bermanfaat. Terimakasih…

Baca juga:

Makan Sehat Untuk Ibu Hamil 4 Bulan Yang Berkualitas

Makanan Sehat Ibu Hamil 4 Bulan

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Please disable your adblock for read our content.
Refresh