Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan Indomie? Mie instan

  • Whatsapp
bolehkah ibu hamil 8 bulan makan indomie
bolehkah ibu hamil 8 bulan makan indomie

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan Indomie? – Makanan instan yang satu ini mengandung karbohidrat, karena berbahan dasar dari tepung terigu dan mempunyai macam-macam rasa. Makanan ini banyak dijumpai di pasar, ataupun warung-warung bahkan ada juga di supermarket dan mini market.

Harga yang terjangkau dan cara pemasakan yang cepat mengakibatkan banyak orang mengkonsumsinya, karena gampang dan cepat dalam memaksaknya dan tidak perlu membutuhkan keahlian khusus.

Nah, tetapi apa bolehkah ibu hamil 8 bulan makan indomie? Mari kita coba paparkan jawabannya.

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan Indomie

Artikel terkait:

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Makan bakso?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Anggur?

Mie instan memiliki rasa yang sangat asin karena mengandung banyak garam dan monosodium glutamat (MSG). Konsumsi garam dalam jumlah tinggi dan berkelanjutan telah diketahui dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi, terutama mereka yang khususnya berisiko tinggi. Tekanan darah tinggi selama kehamilan tidak selalu berbahaya, tapi kadang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan parah. Memiliki faktor risiko hipertensi dan ditambah dengan rutin makan mie instan saat hamil bisa sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi.

Di sisi lain, mie instan membuat Anda cepat lapar. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan karbohdirat olahan dalam mie instan yang mampu menaikkan gula darah dengan cepat, namun membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna.

Lebih lanjut (Dr. Benny) menjelaskan, kandungan penyedap dan pengawet dalam mie instan bisa berbahaya bagi kondisi kehamilan ibu, juga bisa menimbulkan dampak negatif pada bayi. Karena itu sebaiknya hindari konsumsi mie instan selama hamil.

“Jika memang ibu hamil benar-benar ingin makan mie instan, sebaiknya hanya satu bulan sekali,” ujarnya saat ditemui di Penang Bistro, Jakarta Pusat (21/02/2018).

“Akan tetapi tidak ada literatur manapun yang menjelaskan seberapa banyak atau seberapa sering ibu hamil boleh makan mie instan, ” tambahnya.

Tips makan mie instan bagi ibu hamil

Meski tidak disarankan, namun jika ibu hamil benar-benar sangat ingin makan mie instan hingga selalu terbayang, masih bisa diwujudkan, kok. Namun dengan syarat ketat sebagai berikut ya, Bun:

  1. Saat memasak mie instan yang berkuah, buang air rebusan mie dan gunakan air rebusan yang baru atau air panas dari termos.
  2. Jangan gunakan seluruh bumbu mie instan dalam sekali pakai. Gunakan hanya setengah bungkus bumbu, untuk mengurangi kandungan garam yang tinggi.
  3. Tambahkan bahan makanan lain seperti sayuran, telur, atau potongan daging untuk menambah asupan nutrisi dalam satu porsi mie instan
  4. Jangan makan mie instan terlalu sering. Pilih makanan lain seperti, soto atau sup yang dibuat sendiri di rumah.

Semoga bermanfaat, terimakasih,,

Baca juga:

Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu Yang Dibutuhkan Para Ibu Hamil

Pola Makan Ibu Hamil 8 Bulan. Seperti apa yang baik?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *