Makanan

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Tape singkong?

bolehkah ibu hamil 4 bulan makan tape singkong
bolehkah ibu hamil 4 bulan makan tape singkong

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Tape singkong? – Tape singkong sering kita jumapai khususnya diwilayah Jawa Barat. Baik dikota Bandung sebagai ibu kota Jawa Barat itu sendiri, ataupun di pinggir-pinggir jalan mulai dari ciamis sampai garut kita sering menjumpai pajangan-pajangan tape singkong.

Tape singkong sendiri pastinya terbuat dari singkong kalau di Jawa Barat disebut sampeu. Tape dibuat dengan cara merebus atau mengkukus singkong terlebih dahulu, kemudian didinginkan dan di balur dengan ragi kemudian disimpaan d keranjang bambu dan d tutupi oleh daun pisang dan dibiarkan sampai empuk.

Jadi bisa disimpulkan tape adalah olahan makanan yang mengandung kadar alkohol yang terbuat dari singkong dan di permentasi menggunakan ragi.Yang menjadi pertanyaannya adalah bolehkah ibu hamil 4 bulan makan tape singkong? Mari kami coba paparkan penjelasannya.

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Tape singkong?

Artikel terkait:

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Steak?

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Sate?

Berikut ini beberapa penjelasan dari dokter

  • Tape singkong (peuyeum) merupakan hasil fermentasi dari singkong yang mengandung sedikit alkohol. Karena mengandung alkohol inilah maka tape singkong tersebut tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh wanita hamil. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kandungan alkohol dalam tape singkong tersebut sangat sedikit sekali dan jika dikonsumsi sedikit saja tidak akan membahayakan Anda dan janin yang Anda kandung. Namun sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan ini kembali untuk menghindari timbulnya permasalahan pada kehamilan Anda. by (dr. Yusi Caprianti)

Baca juga:

Kenapa Ibu Hamil 4 Bulan Tidak Nafsu Makan?

  • Kandungan alkohol pada tape singkong: Jika lama fermentasi dilakukan selama 24 jam kandungan alkoholnya sebesar 0,844%, 48 jam sebesar 2,182%, 72 jam sebesar 4,904%, 96 jam sebesar 6,334%, sedangkan jika singkong di fermentasi selama 120 jam kandungan alkoholnya bisa mencapai 11,811%.

    Dari kandungan alkoholnya itulah, untuk lebih amannya ibu tidak memakan tape saat hamil, jika ibu masih ingin memakan sebaiknya tidak terlalu banyak. Apabila ibu mengkonsumsi banyak-banyak efeknya kemungkinan tidak jauh berbeda dengan minum minuman beralkohol. by (dr. Kartika Mayasari)

Baca juga:

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Semangka?

  • Sebenarnya tidak ada penelitian sebelumnya mengenai dampak pasti dari tape singkong terhadap kehamilan ataupun janin. Tape adalah fermentasi dari singkong sehingga menghasilkan alkohol. Tape singkong itu sendiri sebenarnya memiliki manfaat dimana mengandung vitamin B1, B12, serta probiotik. Namun tidak sedikit juga risiko atau efek negatif yang dapat ditimbulkan seperti:
  1. Mengandung alkohol dimana dapat berisiko menimbulkan gangguan pada janin.
  2. Meningkatkan kadar gula tubuh bila dikonsumsi berlebih.
  3. Meningkatkan rasa mual dan muntah terutama saat hamil muda.
  4. Berisiko meningkatkan gangguan pencernaan.

Mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit tentunya tidak berbahaya bagi janin ataupun kehamilan, namun sebaiknya tape singkong untuk sementara dihindari saat kehamilan karena memiliki risiko efek samping lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya. by (dr.Yan william)

Nah, itulah beberapa penjelasan dari dokter tentang tape singkong untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat. Terimakasih….

Pengunjung Juga Mencari:

  • bolehkah ibu hamil memakan tape singkong
  • bolehkan hamil 4bulan makan tape
  • dampak makan tape saat hamil 4bulan
  • Ibu hamil di bolehkan atau tidak untuk makan tape
  • usia kandungan 4 bulan kalo makan tape sedikit apa boleh

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Please disable your adblock for read our content.
Refresh