Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Timun?

bolehkah ibu hamil 4 bulan makan timun

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Timun? – Timun atau mentimun adalah sayuran yang gampang kita jumpai baik di pasar, warung atau di mall. Timun berbentuk panjang berwara hijau.

Sebagai ibu hamil seringkali dibingungkan dengan banyaknya larangan makanan untuk dikonsumsi, dikarenakan takut membahayakan pada sang janin yang sedang dikandungnya. Ibu hamil selalu teliti baik atau tidakah setiap apa yang akan dimakannya apa sehat atau tidak.

Setiap ibu hamil menginginkan asupan nutrisi yang cukup untuk sang janin, baik dari makanan yang dikonsumsi, gaya hidup, atau vitamin.

Salah satu dari sekian banyak pertanyaan ibu hamil satu diantaranya adalah apakah ibu hamil 4 bulan boleh mengkonsumsi timun? Mari saya paparkan jawabanya berikut ini.

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Timun?

Mengkonsumsi mentimun pada saat hamil tidak dilarang sama sekali, asalkan porsinya tidak berlebih. Bahkan, mengkonsumsi mentimun ternyata memberikan banyak manfaat bagi Anda yang sedang hamil.Sayuran ini kaya akan beta-karoten, mangan, vitamin C, serta beberapa antioksidan flavonoid yang  dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat mengundang sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, penurunan daya penglihatan, serta penyakit Alzheimer.

Disarankan jangan mengkonsumsi timun secara berlebihan karena akan berdampak tidak baik, diantaranya:

Artikel Terkait:

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tauge atau kecambah?

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Tape singkong?

  1. Konsumsi mentimun dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan penumpukan gas di dalam perut. Akibatnya, perut akan mengalami gangguan pencernaan dan perut akan terasa kembung.
  2. Mengonsumsi mentimun secara berlebihan dapat memicu reaksi alergi, seperti gatal-gatal, pembengkakan, serta reaksi alergi lainnya.
  3. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun akan membuat Anda sering buang air kecil.
  4. Konsumsi mentimun berlebihan dapat menurunkan tekanan darah, di mana hal ini menjadi penyebab ibu hamil cepat lelah dan terkadang menyebabkan pusing.

Dan apabila dikonsumsi sewajarnya banyak manfaat bagi ibu hamil itu sendiri, diantaranya:

Baca juga:

5 Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 Paling Baik dan Recommended

Bolehkah Ibu Hamil 4 Bulan Makan Semangka?

  1. Mentimun memiliki kandungan kalori yang relatif rendah sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini berbanding terbalik dengan ketika ibu hamil mengambil risiko bahaya sate kambing bagi ibu hamil yang mengandung banyak kalori
  2. Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat mencegah tubuh Anda terkena dehidrasi seperti halnya manfaat jambu air untuk ibu hamil.
  3. Ibu hamil sering menderita sembelit. Ternyata kulit mentimun kaya akan kandungan serat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga sembelit dapat dicegah.
  4. Mentimun memiliki kandungan antioksidan alami yang cukup tinggi seperti juga manfaat buah delima bagi ibu hamil, sehingga dapat melindungi tubuh Anda dari serangan infeksi dan berbagai jenis penyakit.
  5. Mentimun mengandung vitamin K yang dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda.
  6. Kandungan vitamin C yang juga terdapat pada manfaat jambu biji bagi ibu hamil, B1. B3, B2, asam folat, seng, kalium, magnesium, dan zat besi yang juga terdapat pada manfaat bayam bagi ibu hamil dalam mentimun dapat membantu perkembangan janin yang ada dalam kandungan Anda.
  7. Kandungan vitamin B dalam buah mentimun berperan menjaga mood Anda tetap dalam kondisi stabil.Kondisi tersebut sekaligus menjaga pertumbuhan janin menjadi lebih optimal
  8. Kandungan kolagen di dalam mentimun juga akan membantu mengurangi selulit pada perut sebagai salah satu dampak dari kehamilan.
  9. Mengkonsumsi mentimun akan membantu menjaga kadar gula darah agar tidak naik. Selain itu, mentimun juga mengandung natrium dan juga mineral yang berguna untuk mengontrol tekanan darah Anda sehingga menjauhkan risiko darah tinggi pada ibu hamil.

Semoga bermanfaat. Terimakasih…

Related posts